Ancaman Yang Terdapat Pada Jaringan Komputer

Hai kembali lagi bersama saya para penggemar IT sekalian, kali ini saya akan membahas sebuah artikel dengan pembahasan Ancaman Yang Terdapat Pada Jaringan Komputer tentu saja saya akan membahas secara lengkan dan terperinci oke langsung saja tidak usah banyak basa basi lagi.

Apa itu Keamanan Jaringan ?

Keamanan Jaringan adalah proses untuk mencegah dan mengidentifikasi penggunaan yang tidak sah dari jaringan komputer itu sendiri.

Tujuan Dari Keamanan Jaringan 

Tujuan dari keamanan jaringan komputer adalah untuk mengantisipasi risiko jaringan komputer berupa bentuk ancaman fisik maupun logik baik langsung ataupun tidak langsung yang mengganggu aktivitas yang sedang berlangsung dalam jaringan komputer.

Baca juga News: Heboh! Youtube Diretas Lagu Despacito Hilang Dari Youtube !


Tentu saja dengan adanya Keamanan Jaringan ini semua dapat terkendali dari penggunaan yang tidak sah atau sebuah resiko yang dapat menggangu Jaringan Komputer itu sendiri.

Tetapi tidak semua Keamanan Jaringan dapat dikatakan aman, ada saja Ancaman Yang Terdapat Pada Jaringan Komputer karena pada dasar nya semua nya itu tidak ada yang tidak aman.

Berikut Ancaman Yang Terdapat Pada Jaringan Komputer bisa dibilang ini ada dua jenis Ancaman yaitu Fisik dan Logik :

Fisik meliputi :
  • Pencurian Hardware Komputer / Perangkat Jaringan
Seseorang yang mencoba merusak, mencuri, dan juga mecoba melakukan hal yang tidak baik atau negatif terhadap perangkat jaringan.
  • Kerusakan pada Komputer dan Perangkat Komunikasi Jaringan 
Kerusakan yang disebabkan oleh perangkat yang rusak yang mengakibatkan kerusakan jaringan, Perangkat komunikasi dan Perangkat komputer lainya.
  • Wiretapping
Kegiatan menyadap pembicaraan melalui telepon maupun melalui internet,yang dilakukan oleh orang lain untuk menggangu atau menyadap dan mendapatkan informasi yang dibutuhkan.
  • Bencana Alam
  • Back-up data

Logik meliputi :
  • Kerusakan pada Sistem Operasi atau Aplikasi
Kerusakan yang timbul karena adanya error pada sistem operasi yang mengakibatkan hilangnya keamanan jaringamn yang bisa menyebabkan kebocoran data.
  • Virus
Adanya kerentanan terhadap virus membuat mudahnya data bocor, atau mudah nya virus tersebar dan mendapatkan data penting si pengguna.
  • Sniffing
Tindakan penyadapan yang dilakukan dalam jaringan dengan tujuan untuk dapat mencuri data-data pribadi ataupun account lain yang bersifat pribadi.
  • Phising 
Phising merupakan salah satu metode mendapatkan data pribadi sipengguna dengan cara memancing korban dengan menipu nya atau dengan pengelabuan.
  • Spamming
Penggunaan perangkat elektronik untuk mengirimkan pesan secara bertubi-tubi tanpa dikehendaki oleh penerimanya.

Baca juga Apa Itu Acunetix Vulnerability Scanner Dan Bagaimana Menggunakannya ?

Dengan demikian keamanan jaringan tidak lah selalu aman karena banyak ancaman ancaman yang membuat rentannya data informasi bocor tentu nya bisa diperbaiki dengan mencegah Ancaman Yang Terdapat Pada Jaringan Komputer tersebut.

Demikian Artikel tentang pembahasan Ancaman Yang Terdapat Pada Jaringan Komputer kalian bisa mencegah ancaman tersebut dengan mencegah ancamannya, tentu saja tidak ada yang tidak aman di dalam dunia teknologi ini karena sistem yang terkuat pun masih bisa di tembus dengan cara mudah.

Semoga Artikel ini bisa membantu kalian semua dan bisa menambah wawasan dan ilmu kita dalam dunia teknologi khususnya Ancaman pada Jaringan Komputer.
Bayu Dwi Darmawan
Bayu Dwi Darmawan Blogger pemula yang hobi menulis dan suka dunia teknologi.

1 komentar untuk "Ancaman Yang Terdapat Pada Jaringan Komputer"

  1. Blognya bagus.. Makasih banget ya dari sini we belajar banyak bgt soal deface ataupun yang lainnya.. Pokoknya ok deh.. Maju terus ya admin :)

    BalasHapus