Pengenalan Virus RUMBA Serta Cara Menghilangkannya

Pengenalan Virus RUMBA Serta Cara Menghilangkannya
Pengenalan Virus RUMBA Serta Cara Menghilangkannya - Kalian tau virus rumba ? atau bahkan kalian baru baru ini saja mendengar virus ini, kali ini IT Smurf akan membahas tentang Pengenalan Virus RUMBA Serta Cara Menghilangkannya, tentu saja dengan penjelasan yang rinci dan mudah dimengerti.
  • Pengenalan Virus Rumba
Pengenalan Virus RUMBA Serta Cara Menghilangkannya-Virus Rumba adalah termasuk dalam jenis Ransomware yang artinya virus ini bisa mengencrypt semua file file yang ada di komputer kalian, termasuk jika ada file yang sangat berharga atau mungkin file atau suatu dokumen yang penting akan ikut terkunci atau tidak bisa dibuka sama sekali, dan yang lebih parah nya lagi jika kalian ingin file kalian kembali, si pengguna virus ini akan meminta bayaran  untuk mengembalikan file file yang terkunci fi komputer kalian.
 
Terkadang ada banyak diantara kasus komputer yang terjangkit virus sejenis Ransomware ini, misal nya saja komputer kalian terjangkit virus sejenis ransomware ini dan kalian membayar dengan harapan si pelaku ini memberikan alat untuk mengdecryptkan file kalian akan tetapi si pelaku tidak memberikannya, dari situlah si pelaku mendapatkan keuntungan dari kasus ini.

Pengenalan Virus RUMBA Serta Cara Menghilangkannya

 
Gambar di atas adalah contoh dari file yang terkena virus rumba, bisa kalian cirikan file yang terinfeksi tersebut terlihat sesudah ext dari file tersebut terdapat tulisan .rumba, dan jika kalian ingin membuka file tersebut tentu nya tidak akan bisa.

Virus Rumba biasanya menjangkit komputer komputer yang biasa mendownload software-software bajakan yang pasti di dalam software tersebut sudah di sisipi virus Rumba ini. Untuk itu kalian semua harus lebih berhati-hati dalam mendownload sesuatu dari internet karena kita tidak tau pasti apa yang ada di dalamnya saat kita mendownload.
  • Cara Mengembalikan File Yang Terkena Virus Rumba

Jika kalian berpikir Virus Rumba tidak bisa di sembuhkan kalian salah besar atau kalian mungkin jika terkena virus ini akan menghapus windows kalian dan meresetnya ulang, jangan sampai seperti itu karena virus rumba sendiri pun masih bisa di atasi dengan cara yang simple dan mudah, cara yang saya bagikan ini adalah cara untuk mengembalikan atau me restore semua file yang terjangkit virus Rumba ini dengan begitu file kalian "mungkin" masih bisa di selamatkan. Cara ini pun suda tersebar di Facebook dan saya akan share disini.
  •  Langkah yang pertama Virus RUMBA Serta Cara Menghilangkannya adalah masuk ke Safe mode with command prompt, kalo cmd sudah keluar, ketik cd restore, lalu masuk dir restore, ketik rstrui.exe
Pengenalan Virus RUMBA Serta Cara Menghilangkannya
  • Lalu langkah kedua yaitu nanti muncul "Restore system files and settings" lalu klik Next.
  •  Langkah ketiga yaitu nanti muncul "Automatic Restore Point" lalu klik next
Pengenalan Virus RUMBA Serta Cara Menghilangkannya
  •  Dan yang terakhir adalah jika muncul notifikasi seperti ini kalian langsung saja klik "yes"
Pengenalan Virus RUMBA Serta Cara Menghilangkannya
Nanti komputer kalian ada merestart dan jika sudah selesai kalian bisa langsung mendownload sebuah pendeteksi virus atau Malware Removal dan kalian bisa langsung mendownload nya disini
 

Selanjutnya untuk mengembalikan file individual yang dienkripsi oleh ransomware ini, coba gunakan fitur Windows Previous Version. Metode ini hanya efektif jika fungsi System Restore diaktifkan pada sistem operasi yang terinfeksi.

Perhatikan bahwa beberapa varian dari Rumba ransomware ini dikenal untuk menghapus Shadow Volume Copies, jadi metode ini mungkin tidak berfungsi di semua komputer.
 
Pengenalan Virus RUMBA Serta Cara Menghilangkannya
Untuk me"restore" file, klik kanan, masuk ke Properties, dan pilih tab Previous Versions. Jika file yang relevan memiliki Restore Point, pilih dan klik tombol "Restore"

Sekian dalam pembahasan Pengenalan Virus RUMBA Serta Cara Menghilangkannya semoga artikel ini membantu dan kalian semua bisa mendapatkan ilmu baru dan tentu saja di artikel ini juga di kutip dari berbagai sumber dan tidak 100% hasil pemikiran si penulis. Selamat Mencoba 

Bayu Dwi Darmawan
Bayu Dwi Darmawan Blogger pemula yang hobi menulis dan suka dunia teknologi.

Posting Komentar untuk "Pengenalan Virus RUMBA Serta Cara Menghilangkannya"