5 Contoh Usaha Sampingan di Bogor yang Mudah Dilakukan

5 Contoh Usaha Sampingan di Bogor yang Mudah Dilakukan
5 Contoh Usaha Sampingan di Bogor yang Mudah Dilakukan - Fakta di lapangan menyatakan bahwa sebagian besar tenaga kerja, banyak yang mengeluhkan masalah gaji yang kecil yang dapat ia terima setiap bulannya. Hal ini memang benar saja terjadi meskipun untuk ukuran kota besar seperti Bogor. Bekerja dengan jatah waktu mulai dari jam 8 pagi hingga jam 4 sore dihargai setiap bulan sesuai dengan UMR sebenarnya bukan lah jumlah yang kecil. 

Lantaran dari 8 jam maksimal waktu bekerja tersebut, mungkin beberapa jam diantaranya tidak digunakan secara maksimal. Artinya, masih ada waktu terbuang yang mungkin anda rasakan sebagai waktu yang terbuang. Belum lagi ketika pulang dari kerja, setidaknya ada waktu hingga 5 jam yang terbuang sia-sia. 

Dari banyaknya waktu luang tersebut, mungkin tidak sepantasnya seorang karyawan protes atas gaji yang ia terima, kecuali jika memang sudah terlalu jauh di bawah UMR kota Bogor.

Mulai Usaha Sampingan yang Tidak Mengganggu Pekerjaan Primer Anda

Daripada waktu anda terbuang untuk mengeluh, akan lebih baik jika anda mulai merintis sebuah usaha yang mungkin dapat menolong kondisi perekonomian anda. Waktu senggang anda tersebut, jadikan sebuah peluang untuk mendapatkan tambahan rupiah yang dapat anda nikmati setiap harinya. Mungkin anda akan merasa kesulitan untuk mengatur waktu di awal anda merintis usaha tersebut, namun jika sudah berjalan, lama kelamaan anda akan tahu di mana celah anda bisa mengerjakan pekerjaan sampingan anda agar tidak mengorbankan pekerjaan dari pekerjaan utama anda. Siapa tahu suatu hari nanti usaha yang anda rintis tersebut justru akan memberikan pendapatan yang jauh lebih banyak ketimbang pekerjaan utama anda. 

Maka dari itu, untuk mengawali usaha anda, anda dapat menyimak 5 Contoh Usaha Sampingan di Bogor yang Mudah Dilakukan berikut ini yang mungkin dapat anda kerjakan di waktu senggang tanpa harus mengganggu pekerjaan utama anda. Usaha-usaha tersebut dapat anda kerjakan di setiap waktu luang anda karena cukup mudah untuk dilaksanakan sebagai bentuk usaha sampingan. Kuncinya adalah dengan membuang kemalasan yang selalui menghantui anda.

1.    Jasa Cuci Kendaraan

Usaha yang satu ini memiliki potensi yang cukup bagus di Indonesia, terutama di kota Bogor. Karena curah hujan yang tinggi memiliki korelasi yang sejalan dengan tingkat kekotoran kendaraan. Mungkin anda pun mengalaminya, meskipun Bogor bukan daerah yang rawan banjir, tetap saja air hujan yang sudah terkena polusi akan dalapat membuat kendaraan anda cepat kotor, apakah itu mobil ataupun motor. Untuk itu, peluang usaha pencucian mobil dan motor adalah salah satu alternatif yang dapat anda coba. Dalam menjalankan usaha ini pun anda tidak perlu khawatir akan mengganggu pekerjaan utama anda, karena yang berperan menjalankan usaha tersebut bukan anda, melainkan orang lain. Justru di sini anda akan berperan sebagai bos, dan berjasa mengurangi pengangguran di Bogor.

2.    Guru Les Privat

Jenis usaha sampingan ini bisa dilakukan meskipun anda bukan praktisi pendidikan. Anda dapat membuka usaha ini dengan menyewa beberapa guru muda yang profesional yang dapat anda jadikan sebagai sumber belajar untuk klien anda. Selain untuk membantu para guru honorer dan wiyata yang belum memiliki gaji besar, anda juga dapat memperkerjakan mahasiswa yang memiliki kompetensi khusus sebagai salah satu guru dalam lembaga bimbingan belajar anda. Dan lagi-lagi, dalam usaha ini tidak akan mengganggu pekerjaan utama anda, karena di sini anda akan berperan sebagai manajemen perusahaan lembaga bimbingan belajar tersebut.

3.    Makelar

Menjadi seorang makelar properti juga tidak mengharuskan anda memiliki banyak waktu luang. Bahkan justru semakin sibuk anda, dan semakin sering anda bertemu dengan orang-orang, akan semakin mudah anda dalam mendapatkan klien. Dalam merintis usaha ini pun anda tidak perlu repot-repot mempersiapkan tempat kerja, karena saat ini anda bisa memanfaatkan ponsel pintar anda sebagai media promosi. Dalam usaha ini, setidaknya anda harus memiliki keahlian promosi yang baik sehingga akan lebih mudah untuk mendapatkan konsumen.

4.    Jasa Titip Beli

Jika anda adalah tipe pekerja yang banyak berurusan ke luar kota atau bahkan luar negeri, anda dapat memanfaatkan jenis usaha mudah yang satu ini. Anda bisa menawarkan pada kontak Whatsapp, BBM, Facebook, dan berbagai media yang anda pakai lainnya untuk membelikan suatu produk tertentu yang hanya ada di kota tempat tujuan anda. Di sini anda dapat mendapatkan keuntungan dari biaya ongkos kirim untuk konsumen. Tentu usaha ini akan sangat efisien karena anda bisa memanfaatkan waktu luang anda ketika berada di luar negeri untuk bisa dijadikan rupiah.

5.    Buka Konter Pulsa Rumahan

Membuka usaha konter pulsa di rumah lebih tidak menyita waktu dan minim resiko. Ini dikarenakan tidak membutuhkan modal besar dan tidak perlu menyewa tempat. Bisa dijadikan sebagai penghasilan sampingan ibu rumah tangga atau keluarga di rumah. Saldo all operator nya pun bisa digunakan juga untuk kebutuhan token listrik dan pulsa keluarga di rumah. Untuk berjualan pulsa elektrik all operator, kuota, token listrik, bayar tagihan telkom, pln, anda harus mendaftar di server pulsa seperti di TimiPulsa.com. Setelah mendaftar baru top up (beli saldo) saldo, bisa dilakukan via transfer bank atau datang langsung ke outlet konter Timi Pulsa di Bogor Timur. Singkatnya, langkah-langkah menjadi agen pulsa elektrik sebagai berikut :

-    Daftar di TimiPulsa.com (silahkan hubungi CS nya)
-    Setelah terdaftar (mendapat id member dan pin), lalu Deposit Saldo (membeli saldo)
-    Bila sudah memiliki saldo bisa langsung transaksi pulsa elektrik melalui whatsapp, sms atau aplikasi android Timi Pulsa di playstore
-    Saldo yang anda miliki bisa digunakan untuk transaksi pulsa elektrik semua operaotr, kuota, token listrik, paket sms dsb yang ada di daftar produk di TimiPulsa.com atau aplikasi Timi Pulsa

Jiwa Entrepreneur sebagai Modal Penting Mendirikan Usaha

Dalam merintis sebuah usaha sampingan memang tidaklah mudah. Berbagai rintangan akan terus menerpa anda sebagai bentuk ujian sebelum anda bisa berdiri kokoh. Yang terpenting adalah, kembangkan terus kreativitas anda dalam menjalankan usaha, jangan sampai mengganggu usaha primer anda, dan tumbuhkembangkan jiwa entrepreneur dari hati anda yang terdalam agar anda tidak mudah bosan ketika sedang menghadapi rintangan.

Untuk menghindari kegagalan dalam usaha sampingan, anda harus memahami terlebih dahulu penyebab kegagalan yang sering terjadi pada para pengusaha sampingan. Rintangan yang mungkin akan anda hadapi ketika mendirikan sebuah usaha sampingan antara lain adalah salah menentukan prioritas. Jangan pernah menanamkan pikiran untuk mengejar kesuksesan untuk usaha sampingan anda. Karena hal tersebut dapat mengakibatkan anda menyamakan porsi dalam pekerjaan sampingan dan utama, bahkan mungkin bisa lebih besar dari pekerjaan utama. Tentu saja ini adalah cara yang salah, karena bagaimana pun pekerjaan primer adalah yang utama. Jika hal ini sampai terjadi pada anda, sebaiknya mulai anda perbaiki karena hal ini dapat merugikan tempat anda bekerja.

Itulah beberapa pembahasan mengenai 5 Contoh Usaha Sampingan di Bogor yang Mudah Dilakukan yang mungkin dapat anda coba serta kemungkinan kendala yang akan anda hadapi. Pastikan anda memberikan porsi yang tepat untuk pekerjaan utama dan pekerjaan sampingan anda.

Bayu Dwi Darmawan
Bayu Dwi Darmawan Blogger pemula yang hobi menulis dan suka dunia teknologi.

Posting Komentar untuk "5 Contoh Usaha Sampingan di Bogor yang Mudah Dilakukan"