Cara Merefesh RAM agar Tidak Lag


Cara Merefesh RAM agar Tidak Lag - RAM merupakan singkatan dari Random Access Memory yaitu sebuah perangkat keras yang ada dan digunakan pada komputer ataupun laptop yang digunakan untuk penyimpanan sementara ketika komputer atau laptop sedang digunakan dan dapat digunakan secara random. RAM sebenarnya berfungsi untuk mempercepat proses data pada sebuah komputer atau laptop. Semakin besar kapasitas ram, maka akan semakin bagus juga kinerjanya.

Cara Merefesh RAM agar Tidak Lag

Jika RAM yang anda gunakan terlalu sedikit seperti 2GB atau 4GB pada tahun 2020, maka proses yang berjalan pada komputer anda akan terasa lambat. Karena pada tahun 2020 ini software yang digunakan semakin bagus dan memiliki kapasitas yang besar juga. Jika anda sudah sering mengalami hal tersbeut, maka anda harus mengupgrade RAM komputer atau laptop tersebut.

Pada kesempatan kali ini IT Smurf akan memberitahu cara refresh ram komputer ataupun laptop agar lancar dan cepat. Semua program yang berjalan pada komputer akan tersimpan di memory RAM, baik program yang sedang digunakan atau program yang tidak digunakan. Nah yang menjadi masalah ialah program yang tidak sedang digunakan, namun tetap menggunakan RAM. Maka RAM akan menjadi lag karena terlalu banyak menyimpan data.

Solusi dari masalah ram yang lag ialah dengan cara menyegarkannya atau merefresh ram tersebut secara rutin dan benar. Biasanya RAM akan refresh ketika anda merestart atau melakukan refresh. Bagi anda yang ingin mengetahui cara untuk refresh RAM, baca artikel ini hingga akhir yaaaa.

Cara Refresh RAM Komputer atau Laptop

Terdapat beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk merefresh ram. Agar anda tidak kesulitan dalam melakukannya, baca dan simak dengan baik ya guys.

1. Menggunakan Script VBS

Berikut ini adalah langkah-langkah untuk membuat script refresh RAM dengan mudah :
  • Pertama, buka notepada terlebih dahulu dengan cara tekan ikon windows + R kemudian ketik notepad lalu enter.
  • Selanjutnya ketik script berikut ini.
FreeMem=(1280000000)
FreeMem=(2560000000)
FreeMem=(5120000000)
FreeMem=(10240000000)
  • Kemudian save script tersebut dengan nama refreshram.vbs
  • lalu buka lokasi file refreshram.vbs, lalu jalankan dengan cara mengklik file tersebut.

2. Menggunakan Shortcut

Cara ini lebih mudah dan simple dari cara pertama. Berikut ini langkah-langkah untuk membuat shortcut untuk merefreh ram :
  • Pertama, klik kanan pada mouse.
  • Kemudian pilih opsi new, lalu klik shortcut.
%windir%system32rundll32.exe
advapi32.dll, ProcessIdleTasks
  • Masukan script diatas pada kolom yang disediakan, kemudian klik next atau enter.
  • Biarkan saja nama rundll32, kemudian klik finisih.


Untuk menggunakan cara refresh ini, anda hanya perlu membuka file tersebut saja. Maka dengan script yang tadi sudah dibuat akan berjalan dan merefresh ram milik anda. Sehingga ram anda akan bersih dari program-program yang tidak digunakan lagi dan menjadikan ram anda akan menjadi lancar tanpa lag.

jika laptop atau komputer anda masih terasa lag, maka solusinya ialah menambah kapasitas ram. Karena lag tersebut disebabkan kapasitas ram yang kurang. Dan pastikan anda masih memiliki slot ram yang kosong, sehingga anda bisa menambahnya dengan ram yang baru. Dengan harapan system komputer atau laptop anda akan berjalan dengan lancar tanpa lag.

Akhir Kata

Sekian informasi mengenai cara mengatasi komputer yang lag. Bagikan artikel ini kepada teman anda, agar teman anda juga tahu cara merefresh ram. Semoga artikel ini bermanfaat bagi anda. Thank you and see u next time !

Naufal Taufiq Ridwan
Naufal Taufiq Ridwan Menuju tak terbatas dan melampauinya. Ikuti saya di instagram @yaelahfal_

Posting Komentar untuk "Cara Merefesh RAM agar Tidak Lag"