Cara mengembalikan file menggunakan recuva


Cara mengembalikan file menggunakan recuva - Jika anda tidak sengaja menghapus sebuah file pada laptop atau komputer, tenang saja dan jangan panic. Karena file yang anda hapus tersebut masih bisa dikembalikan lagi menggunakan bantuan software yang bernama recuva. Menggunakan software recuva untuk mengembalikan file yang telah terhapus merupakan pilihan yang bagus dan tepat.

Cara mengembalikan file menggunakan recuva

Jadi ketika anda tidak sengaja atau sengaja menghapus file, lalu anda ingin mengembalikannya lagi, tentu saja bisa dan sangat mudah. Dengan bantuan software yang bernama recuva yang berfungsi memulihkan file seperti dokumen, musik, gambar, video dan file lain yang sudah terhapus.

Pada kesempatan kali ini IT Smurf akan memberitahu cara mengembalikan file yang sudah terhapus menggunakan recuva. Tentu saja cara ini akan sangat berfungsi dan bisa anda gunakan ketika anda ingin mengembalikan file yang sudah di hapus di laptop ataupun komputer. Bagi anda yang penasaran dan belum mengetahui bagaiman cara mengembalikan file menggunakan recuva, silahkan baca artikel ini hingga akhir.

Cara Mengembalikan File yang Terhapus Menggunakan Recuva

Recuva merupakan sebuah software yang berfungsi untuk mengembalikan file yang sudah terhapus sebelumnya. Berbagai file bisa dikembalikan seperti file music, foto, video dan lainnya. Baik itu belum terhapus di recycle bin ataupun sudah terhapus dari recycle bin recuva tetap bisa mengembalikannya. Berikut ini langkah-langkah menggunakan recuva untuk mengembalikan file yang sudah dihapus :

  • Pertama pastikan anda sudah mendownload recuva pada komputer atau laptop anda. Jika belum, anda bisa menguduh recuva melalui website http://ccleaner.com/recuva
  • Setelah recuva sudah terunduh, selanjutnya buka aplikasi recuva untuk melakukan proses penginstalan.
  • Klik tombol next, lalu pilih jenis file apa saja yang akan anda recovery. IT Smurf menyarankan untuk memilih opsi all files, lalu klik next untuk melanjutkan.
  • Lalu pilih lokasi penyimpanan yang akan digunakan untuk menyimpan file hasil recovery, silahkan pilih sesuai keinginan anda dan pastikan mudah dicari,. Lalu klik next untuk melanjutkan.
  • Lalu aktifkan enable deep scan yang berfungsi untuk mengoptimalkan pencarian file yang hilang. Jika sudah anda bisa langsung menjalankan pencarian file yang hilang dengan cara klik tombol start yang ada dibagian pojok kanan bawah.
  • Tunggu hingga proses pencarian selesai. Cepat atau lambatnya pencarian tergantung pada banyaknya file yang dicari dan kecepatan hard disk/ssd laptop anda.
  • Jika proses pencarian sudah selesai, maka akan muncul file-file yang sudah berhasil ditemukan. Anda dapat melihat nama file dan juga status file tersebut.
  • Pada table tersebut anda akan melihat nama file dan juga ikon lingkaran berwarna. Setiap warna memiliki arti sepert berikut : warna merah artinya tidak dapat di recovery, warna kuning memiliki kemungkinan untuk di recovery, dan warna hijau kemungkinan besar dapat di recovery.
  • Untuk mencari file yang anda inginkan, anda bisa menggunakan advanced mode yang ada di bagian pojok kanan atas. Anda dapat memilih jenis file berformat apa yang ingin anda lihat.
  • Lalu pilihlah file-file yang ingin anda recovery dengan mencentang file tersebut di kolom yang sudah disediakan.
  • Jika anda sudah memilih filenya, klik tombol recovery, lalu pilih tempat yang ingin anda gunakan untuk menyimpan file hasil recovery, Lalu klik ok.


Akhir Kata

Sekian informasi mengenai cara mengembalikan file yang sudah di hapus menggunakan recuva dengan mudah. Semoga artikel ini bermanfaat. Thank you and see you next time !

Naufal Taufiq Ridwan
Naufal Taufiq Ridwan Menuju tak terbatas dan melampauinya. Ikuti saya di instagram @yaelahfal_

Posting Komentar untuk "Cara mengembalikan file menggunakan recuva"