Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Operator Logika pada C++ yang harus kamu ketahui

Operator Logika pada C++ yang harus kamu ketahui - Pada kesempatan kali ini IT Smurf akan memberitahu beberapa operator logika pada percabangan beserta fungsinya. Mungkin ini akan bermanfaat bagi anda yang sedang bingung dengan percabangan menggunakan if else. Yuk langsung saja simak dan pahami artikel ini.

 

Operator Logika pada C++ yang harus kamu ketahui

Operator Logika pada C++ untuk Percabangan

Operator logika pada percabangan digunakan untuk mengecek dari satu kondisi ataupun lebih yang menghasilkan nilai boolen yaitu true atau false. Berikut ini beberapa operator logika pada C++ yang perlu anda ketahui.

Operator

Nama

Keterangan

Contoh

&&

And

Menghasilkan true apabila semua operand true

True && false, hasil : false.

True && True, hasil : True.

||

Or

Menghasilkan true apabila jika salah satu operand true

True || false, hasil : True.

True || True, hasil : True.

!

Not

Menghasilkan nilai true apabila operand false

!false, hasil : true.

!true, hasil : false.

 

Nah berikut ini contoh source code penggunaan operator logika paling sederhana untuk menampilkan true atau false pada tipe data Boolean. Contoh program pertama operator logikal And ( && ).

 

Nah pada contoh source code diatas akan bernilai false (0). karena salah satu operand bernilai false. jika ingin menghasilkan output true(1) maka kedua operand harus bernilai true.


Berikut ini contoh program menggunakan operator logika or ( || ).


 Keluaran source code diatas ialah bernilai true. karena salah satu operand bernilai true, walaupun operand lain false akan tetap bernilai true. karena salam operator logika or, syarat untuk mendapatkan nilai true adalah minimal salah satu operand bernilai true.


berikut ini contoh source code menggunakan operator logika not ( ! ).

Nah output dari keluaran diatas adalah false. karena operator not ini merupakan kebalikan. contoh diatas variabel a dengan tipe data boolean dan bernilai true. jika menggunakan operator not, maka akan mengahsilkan false. karena kebalikan dari true ialah false.


Akhir Kata

Sekian informasi mengenai operator logika pada C++ serta contoh penggunaan sederhana. semoga artikel ini bermanfaat bagi anda. thank u and see u next time !

Naufal Taufiq Ridwan
Naufal Taufiq Ridwan Menuju tak terbatas dan melampauinya. Ikuti saya di instagram @yaelahfal_

1 komentar untuk "Operator Logika pada C++ yang harus kamu ketahui"