Tips Mencari Pekerjaan Untuk Lulusan TI atau Teknik Informatika

Tips Memilih Pekerjaan Untuk Lulusan TI atau Teknik Informatika
Tips Memilih Pekerjaan Untuk Lulusan TI atau Teknik Informatika - Pekerjaan yang sesuai dengan jurusan memang banyak bahkan ada dimana mana, sebagai contoh untuk memilih pekerjaan untuk lulusan TI atau Teknik informatika yang akan kita bahas kali ini.

Pasti ada di antara kalian yang mungkin bingung dengan masa depan atau pekerjaan yang sesuai dengan skill atau keahlian kalian , tapi sebelum kalian melangkah lebih jauh pastikan kalian memikirkan matang-matang dengan apa yang kalian pilih nanti.

Salah satu kegagalan dalam karir seseorang adalah ke tidak mampu an dalam memilih pekerjaan, mungkin tidak semua tetapi dalam kebanyakan kasus banyak sekali yang sulit mencari pekerjaan dengan apa yang kita inginkan.

Berikut adalah Tips Memilih Pekerjaan Untuk Lulusan TI atau Teknik Informatika yang mungkin berguna tidak hanya untuk Teknik informatika tetapi tips ini untuk membuka pikiran kalian dengan melihat kemampuan kalian sendiri.

1. Mengetahui potensi dalam diri

     Untuk membahas Tips Memilih Pekerjaan Untuk Lulusan TI atau Teknik Informatika hal yang pertama harus kalian lakukan adalah mengetahui potensi dalam diri kalian dan tentu kalian harus mempunyai skill dalam bidang Teknik Informatika.

Pastikan kalian bisa dan mampu agar pihak peusahaan yang ingin kalian lamar bisa percaya dengan apa yang kalian miliki yang dimaksud adalah kita menjual diri kita dengan apa yang kita punya.

Salah satu contoh jika kalian melihat ada sebuah lowongan pekerjaan dengan kriteria seseorang harus bisa menguasai 3 sampai 5 bahasa pemrograman pasti tidak mungkin kalian mengajukan diri untuk mendaftar yang hanya bisa 1 bahasa pemrograman saja bukan ?.

2. Memahami perkembangan Teknologi

     Ada yang terpenting dalam mencari pekerjaan adalah memahami perkembangan, salah satunya jika kalian lulusan Teknik Informatika kalian harus tau apa dan bagaimana perkembangan teknologi dalam perusahaan atau apa yang sedang ramai dalam teknologi zaman sekarang.

Untuk mempermudahkan kalian dalam mencari pekerjaan dalam bidang IT kalian harus memahami apa yang dimaksud dengan Industri 4.0 yang zaman sekarang mulai tren nya , Industri 4.0 itu sendiri adalah nama tren otomasi dan pertukaran data terkini dalam teknologi pabrik. Istilah ini mencakup sistem siber-fisik, internet untuk segala, komputasi awan, dan komputasi kognitif.

Memang dalam dunia Teknologi pasti terus berkembang dan tidak akan behenti salah satu contoh nya Industri 4.0 yang memungkin kan semua pekerjaan menggunakan internet sebagai landasan nya dan juga mempermudah pekerjaan bisa disebut juga "Pabrik Cerdas".

3. Mempunyai banyak jaringan atau circle

Kalian tahu apa yang dimaksud jaringan disini ?, jaringan disini adalah orang orang yang merupakan mempunyai peluang untuk kita mencari pekerjaan dan circle pun merupakan sebuah perkumpulan atau bisa dibilang suatu komunitas. 

Apa penting nya memiliki banyak jaringan dan circle ? kalian mungkin bisa bercecita satu sama lain atau bertukar informasi tentang lowongan pekerjaan yang sesuai dengan skill kalian, dan banyak sekali komunitas Teknik informatika dalam dan luar negeri pun kalian bisa bergabung disana.

4. Percaya diri

Terakhir yang terpenting adalah Percaya diri, disinilah kalian bisa menunjukan bahwa kalian bisa jika kalian dalam situasi wawancar dengan pihak perusahaan dan membahas tentang Teknologi kalian harus bisa menjawab dan sebisa mungkin kalian paham apa yang di bicarakan.
Pihak perusahaan juga menilai calon karyawan dengan sikap dan karakter kita sendiri, maka dari itu Attitude dan kepercayaan diri sangat lah penting.

Mungkin itu saja yang bisa kita bahas dalam artikel Tips Mencari Pekerjaan Untuk Lulusan TI atau Teknik Informatika dan untuk kalian yang mungkin baru saja lulus tetap semangat jangan pernah menyerah mungkin ada saat nya kita di bawah dan mungkin juga ke esokan hari nya kita diatas

Bayu Dwi Darmawan
Bayu Dwi Darmawan Blogger pemula yang hobi menulis dan suka dunia teknologi.

Posting Komentar untuk "Tips Mencari Pekerjaan Untuk Lulusan TI atau Teknik Informatika"