Cara Mengganti IP Address dengan Mudah


Cara Mengganti IP Address dengan Mudah - IP Address atau alamat ip merupakan deretan angka yang menjadi identitas suatu komputer dalam sebuah jaringan. Dengan adanya ip adderess, maka server dapat mengenali alamat computer yang kita gunakan untuk berselancar di jaringan tersebut.

Cara Mengganti IP Address dengan Mudah

Ip address yang diperoleh secara manual dan tidak dapat berubah-ubah merupakan jenis ip statis. Sedangkan ip yang didapat secara otomatis dan dapat berubah-ubah disebut dengan ip dinamis. Nah berbicara mengenai ip, ada kalanya anda harus mengganti ip suatu computer ataupun android. Dengan tujuan agar dapat terkoneksi dengan suatu jaringan atau tujuan lainnya.

Pada kesempatan kali ini IT Smurf akan memberitahu cara untuk mengganti ip address dengan mudah pastinya. Bagi anda yang ingin mengetahui cara mengganti ip address, baca dan simak baik-baik artikel ini hingga akhir ya guys. . . .

Cara Mengganti IP Address dengan Mudah

Banyak cara yang bisa anda lakukan untuk mengganti ip address suatu computer dan juga android. Nah berikut ini beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk mengganti alamat ip computer dan android anda. Yuk simak guysss . .

1. Mengganti IP Address Komputer Windows

Berikut ini langkah-langkah untuk mengganti alamat ip komputer windows dengan mudah :
  • Pertama klik kanan ikon jaringan yang terdapat dibagian kanan bawah desktop lalu klik Open Network and Sharing Center. Atau anda juga bisa membukanya dengan cara menekan ikon windows + R pada keyboard lalu ketikkan control.exe /name Microsoft.NetworkAndSharingCenter lalu enter.
  • Jika sudah terbuka, lalu pilih change Adapter settings.
  • Kemudian pilih adapter yang akan anda ganti alamat IP nya. Lalu klik kanan pada adapter yang akan anda ganti alamat ip nya.
  • Setelah klik kanan, pilih properties. Lalu klik 2 kali pada internet protocol version 4 (TCP/IPv4)
  • Selanjutnya pilih Use the Following IP Address. Isikan alamat ip sesuai keinginan anda. Jika perlu isi semua informasi yang dibutuhkan seperti DNS server dan lain sebagainya.
  • Jika sudah, pilih ok untuk menyimpan perubahan tersebut.


2. Mengganti Alamat IP Android

Setelah anda mengetahui cara merubah ip address komputer, di cara yang kedua ini IT Smurf akan memberitahu cara mengganti ip address di android. Berikut ini langkah-langkah untuk mengganti alamat ip di android dengan mudah :
  • Pertama download aplikasi VPN gratis ataupun berbayar. Jika anda menginginkan aplikasi vpn yang gratis, and abisa mendownload Turbo vpn di playstore.
  • Jika aplikasi vpn sudah terpasang atau terinstall di android anda, selanjutnya buka aplikasi vpn tersebut.
  • Kemudian aktifkan vpn tersebut. Maka alamat ip address android anda akan berubah sesuai dengan ip Negara yang ada di aplikasi vpn tersebut.


Jika anda menggunakan aplikasi vpn gartisan, maka pilihan ip address yang tersedia sangatlah sedikit. Namun jika anda menggunakan aplikasi vpn berbayar seperti HMA VPN, Nord VPN atau Turbo VPN versi berbayarnya, maka anda akan mendaptkan pilihan alamat ip yang lebih banyak.

Akhir Kata

Sekian informasi mengenai cara mengganti alamat ip denganmudah. Bagikan artikel ini kepada teman anda, agar teman anda juga mengetahui cara untuk menggnati alamat ip komputer ataupun android dengan mudah. Semoga artikel ini bermanfaat bagi anda. Thank u and see u next time !

Naufal Taufiq Ridwan
Naufal Taufiq Ridwan Menuju tak terbatas dan melampauinya. Ikuti saya di instagram @yaelahfal_

2 komentar untuk "Cara Mengganti IP Address dengan Mudah"