Apa Saja Sifat-Sifat dari Transaksi Bitcoin ?

Apa Saja Sifat-Sifat dari Transaksi Bitcoin
Apa Saja Sifat-Sifat dari Transaksi Bitcoin - Hai semua para penggemar IT sekalian, sekarang IT smurf akan membahas sebuah artikel yang mungkin berguna bagi kalian yang sering menggunakan transaksi menggunakan mata uang digital terutama bitcoin karena artikel ini membahas Apa Saja Sifat-Sifat dari Transaksi Bitcoin.

Pada awal nya kalian harus tahu dahulu apa itu mata uang digital, mata uang digital ini adalah sebuah mata uang digital yang tidak terikat kepada bank atau pemerintah dan memungkinkan para penggunanya untuk berbelanja tanpa mengungkapkan jati diri mereka. Koin ini diciptakan oleh para pengguna yang “menambang” mata uang mereka dengan meminjamkan kekuatan komputasi untuk memverifikasi transaksi pengguna lainnya.


Untuk kalian yang sering transaksi menggunakan mata uang digital khusus nya bitcoin berikut adalah Apa Saja Sifat-Sifat dari Transaksi Bitcoin.

  • Fast
Urutan pertama dari Sifat-Sifat Transaksi Bitcoin adalah sifat Fast, yang dimaksud dari Fast ini sendiri adalah kecepatan dalam transaksi tanpa harus terkena berbagai masalah seperti hal nya menggunakan Uang asli, Sifat ini ada karena bitcoin sendiri tidak terikat dengan bank atau pemerintah dan dalam urusan pajak pun pasti sangat ringan.


  • Irreversible
Sifat yang kedua adalah Irreversible atau bisa kita sebut adalah tidak bisa di ubah, sifat ini tentu mengacu pada bitcoin itu sendiri yang merupakan mata uang yang bersifat digital dan sifat Irreversible sebutan di dalam dunia Bitcoin, dalam arti transaksi tidak dapat dibatalkan bila sudah diserahkan. Ketika Bitcoin sudah dipindah tangankan ke orang lain, Bitcoin tidak akan bisa diambil kembali kecuali bila memang pihak penerima setuju untuk mengembalikan Bitcoinnya. Sifat Bitcoin ini dapat membantu pihak merchant yang kerap dirugikan oleh pelanggannya dengan adanya fitur ‘chargeback’ yang disediakan oleh sistem pembayaran mereka.


  • Permissionless and borderless
Ketiga dari Apa Saja Sifat-Sifat dari Transaksi Bitcoin adalah Permissionless and borderless yang dimaksud disini adalah tanpa izin dan tanpa batas karena pada dasar nya bitcoin sendiri tidak terikat oleh mata uang dollar atau mana pun dan dalam transaksi nya sendiri pun tidak terikat oleh batasan dan tanpa batas berapa pun ini yang memudahkan si pengguna transaksi bitcoin  karena tidak adanya batasan.
  • Censorship Resistant
Keempat dari Apa Saja Sifat-Sifat dari Transaksi Bitcoin adalah sifat Censorship Resistant sifat ini kekebalan terhadap proses pengawasan, pemeriksaan, penyuntingan. Lebih tepatnya, tidak ada yang dapat menghentikan si pengirim Bitcoin ke siapapun yang dia mau. Karena sifat ini bersifat bebas sensor.
  • Do not require any ID to use
Nah yang terakhir adalah Do not require any ID to use yang artinya memungkinkan si pengguna dalam transaksi tanpa harus menggunakan data si pengguna atau bisa bersifat anonymous sifat ini yang sangat menguntukan karena tanpa harus menggunakan data pribadi kita sendiri kita bisa menggunakan bitcoin bahkan transaksi bitcoin sebagaimana mestinya yang bersifat anonymous.


Demikian artikel tentang Apa Saja Sifat-Sifat dari Transaksi Bitcoin ? semoga bisa menambahkan wawasan kita dalam hal mata uang digital dan tentu saran saya sendiri tetap berhati hati jika kalian melakukan transaksi dalam hal apa pun itu karena kita sendiri tidak tahu itu bersifat aman atau tidak karena di sekita kita masih ada orang jahat yang sangat merugikan bagi kita.
Bayu Dwi Darmawan
Bayu Dwi Darmawan Blogger pemula yang hobi menulis dan suka dunia teknologi.

Posting Komentar untuk "Apa Saja Sifat-Sifat dari Transaksi Bitcoin ?"