IT smurf adalah sebuah penyedia informasi terlengkap dalam hal IT,E-business, dan Game.


Cara mempercepat kinerja laptop yang lemot - Laptop memang sudah menjadi salah satu perangkat yang perlu digunakan untuk membantu aktivitas sehari-hari. Namun anda pasti merasa tidak nyaman ketika menggunakan laptop yang terasa sangat lemot. Tentu saja laptop yang lemot akan mengganggu produktivitas anda dalam menjalani aktivitas.

Cara mempercepat kinerja laptop yang lemot

Laptop yang lemot dapat disebabkan oleh banyak hal seperti spesifikasi yang sudah jadul, virus, kepasitas penyimpanan yang penuh, kapasitas RAM yang sedikit dan masih banyak hal lain yang bisa saja menjadikan laptop menjadi lemot.

Pada kesempatan kali ini IT Smurf akan memberitahu cara memepercepat laptop sehingga tidak lemot lagi. Anda perlu membaca artikel ini hingga akhir jika anda menginginkan laptop anda menjadi tidak lemot atau nge-lagh. Yuk simak dan baca hingga akhir ya guys. . .

Cara Mempercepat Kinerja Laptop

Seperti yang sudah disebutkan diatas, beberapa penyebab yang menjadikan laptop menjadi lemot yaitu spesifikasi yang sudah jadul, kapasitas penyimpanan yang sudah penuh, RAM yang tidak mencukupi, dan masih banyak lainnya. Maka berikut ini beberapa upaya mengatasi laptop yang lemot dengan mudah.

1. Menghapus File di Recycle Bin

Ketika anda menghapus suatu file, sebenarnya file tersebut belum benar-benar terhapus. File yang anda hapus akan dipindahkan ke recycle bin dan akan baru dihapus nanti setelah beberapa hari sejak anda menghapusnya. Bisa dibilang file sampah yang ada di recycle bin itulah yang memnuhi penyimpanan pada laptop. Sehingga menjadikan laptop menjadi lemot. Anda harus mengecek recycle bin secara berkala dan menghapus file sampah yang ada di recycle bin secara rutin.

2. Upgrade RAM

Ketika RAM anda memiliki kapasitas yang kecil, anda sudah seharusnya mengupgrade kapsitas RAM di tahun 2020 ini. Karena makin hari, banyak software yang terus diperbaharui sehingga menjadi berat untuk dijalankan oleh ram yang berkapasitas kecil. Segera update kapasitas ram laptop anda yaaaa.

3. Uninstall Program yang Tidak Digunakan

Untuk mencegah penyimpanan yang terlalu penuh dan meminimalkan proses yang berjalan pada laptop, anda harus memilah program yang tidak anda gunakan untuk di uninstall. Sehingga program yang berjalan akan sangat minimal dan disk penyimpanan laptop tidak terlalu penuh.

4. Beralih ke SSD

Ditahun 2020 ini HDD atau hard disk sudah tidak terlalu worth it untuk digunakan. Pasanglah ssd pada laptop anda untuk menjalankan system pada laptop. Karena ssd memiliki speed write dan read yang lebih kencang dibandingkan hard disk. Sehingga memungkinkan untuk laptop menjalankan sistemnya lebih cepat dan baik.

5. Install Antivirus

Laptop yang lemot bisa saja dibebabkan oleh virus yang ada di laptop tersebut. Maka dari itu antivirus ini sangat perlu anda install, sehingga meminimalisir masuknya virus untuk menginfeksi laptop anda.

6. Upgrade Spesifikasi

Spesifikasi yang jadul sangat tidak bagus untuk digunakan, misal saja anda membeli laptop di tahun 2012, dan masih anda gunakan hingga sekarang 2020. Nah sudah terbayang bukan berapa lama dan seberapa jadulnya spesifikasi yang dimiliki. Karena hampir setiap tahun ada inovasi dan teknologi baru yang dipakai. Maka dari itu anda juga harus memperhatikan spesifikasi yang anda gunakan, apakah terlalu jadul atau tidak.

Akhir Kata

Sekian informasi mengenai cara mempercepat kinerja laptop dengan mudah. Semoga artikel ini bermanfaat bagi anda. Thank you and see you next time ! ! !

Related Posts

IT smurf adalah sebuah penyedia informasi terlengkap dalam hal IT,E-business, dan Game.
  • Facebook
  • WhatsApp
  • Instagram
  • Subscribe Our Newsletter

    Belum ada Komentar untuk "Cara mempercepat kinerja laptop yang lemot"

    Posting Komentar

    Iklan Atas Artikel

    Iklan Tengah Artikel 1

    Iklan Tengah Artikel 2

    Iklan Bawah Artikel