IT smurf adalah sebuah penyedia informasi terlengkap dalam hal IT,E-business, dan Game.


Cara mengatasi laptop mati sendiri - Kejadian laptop mati dengan sendirinya biasanya terjadi ketika kita sedang bermain game atau bahkan sedang browsing hal itu juga bisa terjadi. Biasanya laptop yang sudah sering mengalami hal seperti itu tidak bisa diketahui pasti apa penyebabnya. Karena banyak sekali penyebab yang bisa saja menjadikan laptop mati sendiri, seperti masalah hardware, kelistrikannya atau bahkan memang disebabkan oleh layarnya yang sudah tidak dapat berfungsi dengan baik.

Cara mengatasi laptop mati sendiri

Biasanya laptop tiba-tiba mati bisa terjadi ketika laptop tersebut baru dinyalakan beberapa menit. Walaupun baterai full dan dalam keadaan charger, hal tersebut masih memungkinkan laptop mati secara tiba-tiba. Nah kalau laptop sudah sering mengalami mati secara tiba-tiba, mungklin saja memang sudah seharusnya anda mengantinya dengan laptop yang baru.

Pada kesempatan kali ini IT Smurf akan memberitahu cara mengatasi laptop yang mati secara tiba-tiba. IT Smurf juga akan memberitahu beberapa penyebab laptop mati sendiri. Bagi anda yang ingin mengetahuinya, yuk simak artikel ini hingga akhir.

Penyebab Laptop Mati Sendiri

Banyak sekali hal yang bisa menjadi penyebab laptop mati dengan sendirinya. Berikut ini beberapa penyebab yang menjadikan laptop mati secara tiba-tiba.

1. Overheat

Overheat atau panas berlebihan pada laptop dapat memicu laptop untuk mengistirahatkan dirinya secara otomatis. Beberapa komponen hardware yang digunakan laptop memang sudah di program sedemikian rupa, contohnya saja cpu. Jika cpu overheat, maka secara otomatis cpu memerintahkan untuk melakukan shutdown.

2. RAM Rusak

RAM yang sudah rusak menjadikan sebuah laptop tidak dapat menjalankan proses dengan baik. Sehingga memungkinkan laptop untuk melakukan shutdown dengan sendirinya. Maka dari itu pastikan RAM yang anda gunakan cukup dan dalam kondisi baik.

3. Main Board Rusak

Main Board merupakan komponen yang paling berpengaruh pada sebuah laptop. Karena semua komponen terhubung langsung pada main board. Jika main board rusak, maka akan mengakibatkan ke semua komponen yang terhubung dengannya. Sehingga beberapa komponen yang terhubung tidak dapat berfungsi dengan baik.

Sebenarnya masih banyak sekali hal yang bisa menjadi penyebab laptop mati sendiri. Namun itu beberapa masalah yang bisa menyebabkan laptop mati sendiri secara tiba-tiba.

Cara Mengatasi Laptop Mati Sendiri

Setelah anda mengetahui beberapa penyebab yang menjadikan laptop mati sendiri, kali ini IT Smurf akan memberitahu beberapa cara untuk mengatasi laptop mati sendiri.

1. Memperbaiki Sistem Pendingin Pada Laptop

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, salah satu hal yang menyebabkan laptop mati sendiri ialah suhu laptop yang terlalu panas atau overheat. Maka dari itu, salah satu upaya yang bisa anda lakukan untuk mencegah overheat pada laptop ialah memperbaiki system pendingin pada laptop.

2. Mengganti Komponen yang Rusak

Jika masalah ini disebabkan oleh komponen yang memang sudah rusak, anda harus segera mengganti komponen-komponen yang sudah rusak itu. Tidak ada cara lain selain mengganti atau memperbaiki komponen hardware secara langsung. Jadi pastikan terlebih dahulu, apakah komponen laptop anda ada yang rusak atau tidak.

3. Memperbaiki Sumber Daya

Baterai merupakan sumber daya yang dipakai laptop. Periksalah baterai laptop anda dan pastikan kondisi baterai laptop anda dalam keadaan baik. Karena sumber daya sangatlah penting untuk menjalankan semua system yang ada pada laptop.

Akhir Kata

Sekian informasi mmengenai cara mengatasi laptop mat isendiri. Semoga artikel ini bermanfaat bagi anda. Thank you and see you next time !

Related Posts

IT smurf adalah sebuah penyedia informasi terlengkap dalam hal IT,E-business, dan Game.
  • Facebook
  • WhatsApp
  • Instagram
  • Subscribe Our Newsletter

    Belum ada Komentar untuk "Cara mengatasi laptop mati sendiri"

    Posting Komentar

    Iklan Atas Artikel

    Iklan Tengah Artikel 1

    Iklan Tengah Artikel 2

    Iklan Bawah Artikel