Cara memperbaiki speaker laptop yang mati


Cara memperbaiki speaker laptop yang mati - IT Smurf merupakan sebuah website yang membahas terkait komputer, laptop dan teknologi. Jadi mungkin anda sudah tidak asing lagi dengan yang namanya laptop ataupun komputer. Sepertinya ditahun 2020 ini laptop ataupun komputer sudah menjadi kebutuhan bagi setiap orang. Karena hampir semua aktivitas di zaman ini memerlukan bantuan teknologi.

Cara memperbaiki speaker laptop yang mati

Sama seperti halnya smartphone, laptop juga memiliki speaker yang berfungsi untuk menghasilkan suara atau bunyi. Sehingga anda bisa menggunakan laptop atau komputer untuk memutar lagu, video atau hal lain yang menghasilkan suara. Namun apa jadinya jika speaker laptop rusak ? tentu saja hal tersebut akan sangat mengganggu anda yang sering menggunakan laptop untuk mendengarkan musik ataupun streaming.

Pada kesempatan kali ini IT Smurf akan memberitahu cara memperbaiki speaker laptop yang rusak. Sebenarnya wajar saja jika speaker pada laptop mengalami kerusakan. Karena yang namanya barang elektronik pasti memiliki kekurangan dan pasti akan mengalami kerusakan. Banyak sekali faktor yang bisa menjadi penyebab speaker laptop mati.

Speaker laptop yang tidak menghasilkan suara, sebenarnya belum tentu speaker tersebut rusak. Bisa saja hanya kesalahan atau kerusakan system pada laptop anda. Sehingga speaker tidak dapat mendeteksi adanya audio. Bagi anda yang mengalami speaker mati pada laptop, anda bisa membaca artikel ini hingga akhir. Karena pada artikel ini kami IT Smurf akan memberitahu bagaimana cara untuk memperbaiki speaker laptop yang tidak mengeluarkan suara.

Cara Memperbaiki Speaker Laptop yang Mati

Pada artikel ini kami akan memberitahu cara untuk memperbaiki system speaker yang rusak pada laptop. Kami tidak akan membahas mengenai hardware atau perangkat keras speaker tersebut, melainkan hanya membahas secara system saja. Berikut ini cara memperbaiki system speaker laptop yang rusak dengan mudah.
  • Pertama, buka pencarian pada laptop atau computer anda dengan cara menekan Ikon Windows + R secara bersamaan.
  • Kemudian ketik devmgmt.msc pada kolom pencarian kemudian klik OK untuk mulai pencarian.
  • Selanjutnya cari menu Sound, video and game controller. Biasanya menu tersebut berada dibagian bawah.
  • Jika anda tidak menemukan menu tersebut, anda bisa klik tab Action  yang berada dipojok kiri atas menu bar.
  • Kemudian klik add legacy hardware. Maka akan muncul form add hardware wizard.
  • Selanjutnya anda hanya perlu menekan tombol next, kemudian pilih Search for and install hardware automatically. Kemudian klik next lagi.
  • Jika muncul notifikasi bahwa tidak mendapatkan hardware baru yang muncul, klik tombol next saja untuk melanjutkan.
  • Maka anda akan melihat menu dari jenis hardware yang tersedia.
  • Scroll kebawah hingga anda menemukan menu Sound, video and game controller.
  • Lalu klik next, kemudian pilih sound card dan klik next lagi.
  • Kemudian klik finish. Selanjutnya klik  menu sound, video and game controllers lagi.
  • Maka akan muncul sub menu dengan nama model sound card yang digunakan.
  • Klik kanan pada sub menu tersebut, klik opsi enable jika ada. Jika tidak ada atau ada disable, maka system sound sudah benar. Silahkan restart pc atau laptop anda.


Setelah melakukan semua langkah diatas, seharusnya system sound pada laptop anda sudah benar. Jika speaker masih belum menghasilkan suara, mungkin speaker laptop anda memang bermasalah pada perangkat keras speakernya.

Akhir Kata

Sekian informasi mengenai cara memperbaiki system speaker laptop yang mati. Semoga artikel ini bermanfaat bagi anda. Thank u and see u next time !

Naufal Taufiq Ridwan
Naufal Taufiq Ridwan Menuju tak terbatas dan melampauinya. Ikuti saya di instagram @yaelahfal_

Posting Komentar untuk "Cara memperbaiki speaker laptop yang mati"