Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara mengatasi penyimpanan penuh akibat whatsapp

Cara mengatasi penyimpanan penuh akibat whatsapp - Whatsapp merupakan salah satu aplikasi chatting yang sudah sangat dikenal dan terkenal di dunia. Diketahui bahwa whatsapp sudah memiliki lebih dari 2 milliar pengguna dan total pesan yang terkirim sekitar lebih dari 100 milliar per hari. Tentu saja hal tersebut sangat keren. Karena dengan banyaknya pengguna dan chat yang terkirim, server whatsapp jarang sekali mengalami down yang menyebabkan pending.

Cara mengatasi penyimpanan penuh akibat whatsapp


Whatsapp mungkin menjadi salah satu aplikasi favorit anak muda. Mereka bisa menghabiskan waktunya di whatsapp ketika menggunakan smartphone. Mungkin hal tersebut karena fitur-fitur yang disediakan seperti chatting, voice call, video call dan story dapat memenuhi kebutuhan mereka. Jika kalian sadar, mungkin kalian akan kaget ketika melihat penyimpanan smartphone yang sedikit menipis akibat penggunaan aplikasi whatsapp secara terus menerus.

Pada kesempatan kali ini IT Smurf akan memberitahu cara mengatasi penyimpanan penuh akibat whatsapp. Mungkin whatsapp akan menggunakan banyak penyimpanan ketika anda memiliki grup dan chat yang sangat banyak. Ditambah lagi anda sangat sering membuka story whatsapp. Maka hal-hal tersebut akan menyebabkan menipisnya ruang penyimpanan. Jika anda ingin mengetahui cara mengatasi penyimpanan penuh akibat whatsapp, anda bisa membaca artikel ini hingga akhir.

Cara Mengatasi Penyimpanan Penuh Karena WhatsApp

Banyak sekali cara yang tersedia dan bisa anda lakukan sesuai dengan kebutuhan anda. Karena anda harus mengorbankan file yang sudah anda dapat dari whatsapp sebelumnya seperti foto, dokumen, video dan lain sebagainya. Berikut ini Beberapa cara mengatasi penyimpanan penuh karena whatsapp.

Menghapus File-File yang didapat dari WhatsApp

Anda bisa menghapus beberapa file yang sekiranya sudah tidak penting dan tidak anda butuhkan lagi. Berikut ini langkah-langkahnya.

  • Pertama buka file manager yang ada di smartphone anda.
  • Kemudian scroll kebawah hingga anda menemukan folder whatsapp. 
  • Setelah ketemu, pilih folder tersebut.
  • Selanjutnya pilih folder Media.
  • Maka anda akan melihat beberapa folder didalamnya seperti whatsapp photo, documents, video dan lain sebagainya.
  • Anda bisa menghapus salah satu aatau semua folder tersebut agar penyimpanan tidak terlalu full.
  • Namun sebelum menghapus folder tersebut, anda bisa membackup beberapa file yang menurut anda penting.


Matikan Auto Download Media

Cara ini berguna agar whtasapp anda otomatis mendownload media yang dikirim kepada anda. Dengan begitu anda bisa menentukan media mana saja yang akan anda download dan akan anda simpan. Berikut ini langkah-langkah mematikan auto download media di whatsapp dengan mudah.

  • Buka aplikasi whatsapp yang ada di smartphone anda.
  • Kemudian tap menu titik tiga yang ada dipojok kanan atas.
  • Pilih menu settings >> Storage and Data.
  • Selanjutnya scroll kebagian bawah hingga anda menemukan opsi untuk mematikan media auto download.
  • Pilih No Medua pada bagian When Using mobile data, When connected on wifi dan when roaming.
  • Maka setelah anda mematikannya, foto, video, dokumen yang dikirimkan kepada anda tidak aka otomatis terdownload.

Akhir Kata

Sekian informasi mengenai cara mengatasi penyimpanan penuh akibat penggunaan aplikasi whatsapp. Semoga artikel ini bermanfaat bagi anda. Thank u and see u next time eysss !

Naufal Taufiq Ridwan
Naufal Taufiq Ridwan Menuju tak terbatas dan melampauinya. Ikuti saya di instagram @yaelahfal_

2 komentar untuk "Cara mengatasi penyimpanan penuh akibat whatsapp"

  1. jangan lupa hapusin jg chat group atau chat personal yang tidak terlalu penting secara keseluruhan. karena history chat jg berpengaruh pada kapasitas memori internal.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tepat sekali , terlebih lagi jika banyak foto atau gambar pada chat tersebut , Terimakasih ya sudah mau berikan tambahan di kolom komentar ��

      Hapus