Mengerti apa itu domain authority dan manfaatnya

Mengerti apa itu domain authority dan manfaatnya - Ketika akan mengunjungi sebuah website, anda perlu memasukkan alamat website yang akan anda tuju, sebagai contoh "www.itsmurf.id". Alamat tersebut yang dikenal dengan sebutan domain. Domain merupakan salah satu hal yang penting dalam suatu website. Harga domain sangat bervariasi dan masih tergolong murah, karena harga domain mulai dari belasan ribu sampai ratusan ribu.

Mengerti apa itu domain authority dan manfaatnya

Dalam domain sendiri, terdapat beberapa aspek penyusun yang penting untuk diperhatikan. Salah satunya ialah domain authority. Mungkin bagi anda yang sudah lama berkecimpung dalam dunia website, anda sudah tidak asing lagi dengan yang namanya domain authority.

Pada kesempatan kali ini IT Smurf akan memberitahu apa itu domain authority beserta manfaatnya. Domain authority atau yang sering disingkat DA, menjadi salah satu hal yang harus diperhatikan dalam konsep SEO. Jika anda penasaran dan ingin mengetahui lebih dalam mengenai apa itu domain authority serta manfaatnya, dan bagaimana cara meningkatkan domain authority,  anda bisa membaca artikel ini hingga akhir.

Mengerti Apa Itu Domain Authority dan Manfaatnya

Apabila anda adalah seorang yang berkecimpung di dunia website, ada baiknya anda mengetahui tentang domain authority. Berikut ini adalah penjelasan apa itu domain authority.

Mengenal Apa Itu Domain Authority

Domain authority adalah besaran ukur, nilai, skor atau tingkat kepercayaan yang dimiliki oleh suatu website di search engine atau mesin pencari. Domain authority sendiri memiliki range 1-100 yang ditentukan oleh software SEO terkenal yaitu MOZ. Semakin tinggi nilai domain authority maka akan semakin besar peluang website muncul pada halaman pertama mesin pencarian.

Domain authority bisa dijadikan pembanding website anda di mesin pencarian dengan website kompetitor. Apabila anda membeli domain yang sudah berumur, harga domain akan semakin tinggi jika nilai DA yang dimiliki tinggi.

Mungkin setelah anda membaca apa itu domain authority, mungkin akan muncul beberapa pertanyaan dalam kepala anda. apakah domain authority sangat penting untuk diperhatikan dan haruskah meningkatkan domain authority website ? Dan apakah nilai domain authority yang tinggi dapat menjadikan website berada di peringkat satu mesin pencari ? 

Apabila dalam pikiran anda muncul pertanyaan-pertanyaan tersebut, berikut ini mungkin bisa menjawab pertanyaan-pertanyaan yang muncul di pikiran anda.

Alasan Memperhatikan Apa Itu Domain Authority

Memang benar nilai DA menjadi salah satu tolak ukur kepercayaan suatu website pada mesin pencari. Namun DA tidak menjadi salah satu penentu peringkat sebuah website pada mesin pencari. Sebagai contoh mesin pencari google yang tidak menggunakan DA sebagai tolak ukur peringkat suatu website.

Namun walaupun kenyataannya demikian, pemilik website harus tetap meperhatikan skor domain authority. Karena domain authority menjadi indikator penting yang dapat membantu website mendapatkan peringkat pertama di mesin pencari. Apabila anda bingung terkait cara meningkatkan domain authority, berikut ini ada beberapa tips yang mungkin akan sangat berguna bagi anda.

Cara Meningkatkan Domain Authority

Apabila ingin website anda dapat bersaing di halaman mesin pencari, ada baiknya anda meningkatkan domain authority website yang anda miliki. Berikut ini adalah beberapa tips untuk meningkatan skor domain authority.

1. Buatlah Konten Berkualitas

Setelah anda mengetahui apa itu domain authority, mulailah mengisi website anda dengan konten yang berkualitas. Banyak orang yang berpikir kualitas konten hanya dinilai dari banyak dan panjangnya tulisan saja, namun sebenarnya masih banyak faktor lain yang mempengaruhi kualitas konten. 

Bagi SEO writer, konten yang berkualitas adalah konten yang mudah dimengerti oleh mesin pencari dan juga menarik perhatian pengunjung sehingga mereka nyaman dan menikmati konten hingga akhir. Dengan demikian pengunjung akan puas dengan apa yang mereka lihat dan mereka baca.

Maka dari itu mulailah membuat tulisan yang informatif, relevan, terstruktur dan mudah dimengerti oleh banyak orang dan mesin pencari (menerapkan konsep SEO). Sebagai contoh penggunaan keyword yang baik dan relevan.

2. Amati Penggunaan Backlink

Backlink atau tautan yang mengarah kepada website anda menjadi salah satu faktor skor domain authority. Semakin banyak backlink yang diterima, maka akan semakin besar kemungkinan nilai domain authority meningkat.

Namun perlu diperhatikan juga darimana backlink tersebut berasal. Karena jika backlink tersebut berasal dari website yang memiliki domain authority rendah, maka akan menjadi boomerang kepada skor domain authority website anda.

3. Perbarui Konten Lama

Salah satu hal penting untuk meningkatkan domain authority ialah memperbarui konten-konten lama. Dengan adanya konten terbaru, tentu saja konten tersebut menjadi lebih relevan dimata mesin pencari. Karena pada dasarnya mesin pencari akan menampilkan website dengan konten terbaru dan relevan dengan keyword yang dicari oleh pengunjung.

4. Identifikasi dan Komparasi Website Dengan Kompetitor

Ada baiknya anda mengidentifikasi dan komparasi website anda dengan kompetitor. Karena dengan menganalisis website kompetitor, anda bisa mencontek strategi dan hal-hal lain yang ada pada website kompetitor. Dengan begitu website anda akan semakin lengkap dan bagus dimata mesin pencari sehingga skor DA akan meningkat.

5. Promosi Konten Website

Salah satu cara yang bagus untuk meningkatkan domain authority ialah mempromosikan konten kepada orang banyak. Sehingga website anda lebih dikenal dan dipercaya oleh banyak orang.

6. Pelajari Backlink Kompetitor

Dengan mempelajari backlink kompetitor, anda akan mendapatkan informasi darimana backlink tersebut didapat dan lain sebagainya. Sehingga anda dapat mencontek dan menggunakan backlink yang sama.

7. Fokus Konten Sesuai Target Audience

Buatlah konten yang relevan dengan terget audience utama anda. Sehingga website anda akan dipercaya dan disukai oleh audience.

Akhir Kata

Setelah anda membaca tentang apa itu domain authority dan manfaatnya, mungkin anda ingin membangun sebuah domain baru. Anda dapat membeli domain dengan harga yang murah namun kualitas tidak murahan di Niagahoster. 

Sekian informasi mengenai apa itu domain authority dan manfaatnya. Semoga artikel ini bermanfaat bagi anda. Bagikan artikel ini kepada teman anda, agar teman anda juga mengetahui apa itu domain authority dan cara meningkatkan domain authority. Thank u and see u next time . . .

Naufal Taufiq Ridwan
Naufal Taufiq Ridwan Menuju tak terbatas dan melampauinya. Ikuti saya di instagram @yaelahfal_

Posting Komentar untuk "Mengerti apa itu domain authority dan manfaatnya"