Apa yang Baru di Android Q dan Apa Saja Kelebihannya

Apa yang Baru di Android Q dan Apa Saja Kelebihannya
Apa yang Baru di Android Q dan Apa Saja Kelebihannya - Android Q sudah mulai muncul dan sudah ada pengembanganya, yang pasti nya banyak fitur-fitur baru di Android Q ini dan juga mempunyai banyak kelebihan dari versi sebelumnya, berikut IT smurf akan memberikan informasinya.

Android sudah mulai kita kenal dari versi 0.1 dan pada saat itu pula perkembangan android mulai pesat , mulai dari fitur-fitur dan juga tampilan pada versi-versinya , dan juga android sudah mempunyai sekitar 2 miliar lebih perangkat aktif saat ini yang pasti nya android sudah berada dikehidupan kita sehari-hari.

Yang kita bahas kali ini adalah keluaran versi terbaru dari android yaitu Android Q yang menampilan 3 buah kelebihan dengan tema Keamanan, Privasi, dan juga Kesejahteraan Digital.


Nah berikut Apa yang Baru di Android Q dan Apa Saja Kelebihannya yang IT smurf rangkum dari berbagai sumber terlengkap.

  • Dark theme


Pertama ada Dark theme sudah jelas dari judul nya, ini adalah fitur yang bisa kalian dapat di Android Q dengan ada nya Dark theme ini sudah dipastikan sangat nyaman untuk kita yang sering menatap layar handphone.

Untuk mengaktifkan fitur ini pun sangatlah mudah cukup tarik kebawah Quick Setting Menu dan disitulah ada fitur Dark theme tentu nya fitur ini juga akan menghemat masa baterai kalian dan jika kalian menggunakan fitur hemat daya otomatis fitur Dark theme akan aktif.

  • Gestural Navigation & The Back Button


Untuk fitur yang ini cukup keren menurut saya , fitur nya sendiri adalah Navigasi gerakan dan tombol kembali, yaitu jika kalian ingin berpindah kembali ke home atau ke menu sebelum nya kalian bisa hanya menggunakan gesture kalian bisa mungkin menggunakan tangan tanpa menyentuh layar.

Fitur ini memang sudah ada di operasi apple tetapi ada perbedaan dengan Android Q ini, yaitu perbedaan nya adalah dibagian bottom bar yang hanya menutupi sebagian aplikasi bukan semuanya.

  • Security Updates


Bicara soal keamanan operasi sistem tim Android Q sudah mulai memperbaiki kesalahan mereka pada android versi-versi sebelum nya yang hampir tiap saat pasti ada notifikasi soal pembaruan perangkat, Hal itu lah yang membuat Android Q tampil beda sekali update Android ini mampu memperbaiki sistem kapan saja dan langsung pada pusat permalsalahannya.


Project tersebut dinamakan "Project Mainline" untuk menyebarkan pembaruan keamanan yang lebih kecil ke lebih banyak perangkat dengan mendistribusikannya sendiri melalui infrastruktur Google Play Store tentu nya ini mempersingkat waktu dalam perbaikan.

Proyek ini tidak akan menjadi fitur pada ponsel yang ditingkatkan dari P ke Q tetapi hanya pada ponsel baru yang memiliki android dengan Q secara default.

  • Permissions and Privacy


Google akhirnya memutuskan untuk memperbaiki cara kerja akses lokasi di Android. Sama seperti iPhone, Android sekarang akan memberi Anda opsi untuk membatasi akses aplikasi ke lokasi Anda hanya ketika terbuka dan aktif di layar. 

Ketika aplikasi melakukan itu, itu akan menampilkan sedikit pemberitahuan pada bilah status yang menunjukkan bahwa aplikasi sedang mengakses lokasi Anda.

Disini, Google menambahkan Menu baru di pengaturan Android yang disebut "Privasi". Kalian dapat melihat berbagai pengaturan dan dasbor untuk mengontrol apa yang dapat mengakses data Anda. Ini termasuk beberapa pengaturan Google sendiri.

  • Live Caption


Dan terakhir fitur yang paling keren dari Apa yang Baru di Android Q dan Apa Saja Kelebihannya menurut saya adalah Live Caption, Mengapa Live caption ? fitur ini sangat membantu untuk pada tunarungu atau seseorang yang sulit untuk mendengar , dengan fitur ini mengubah suara menjadi kata-kata dan sebalik nya tanpa menggunakan internet tentu aplikasi ini mempunyai berbagai macam bahasa termasuk bahasa indonesia.


Sekian Artikel dari Apa yang Baru di Android Q dan Apa Saja Kelebihannya semoga bisa menambah wawasan kita semua tentu IT smurf minta maaf jika ada yang kurang, mari kita bangun blog ini bersama agar kita semua bisa mendapat informasi terbaru dan menarik dari duniat teknologi.
Bayu Dwi Darmawan
Bayu Dwi Darmawan Blogger pemula yang hobi menulis dan suka dunia teknologi.

Posting Komentar untuk "Apa yang Baru di Android Q dan Apa Saja Kelebihannya"