Tolak RUU Keamanan dan Ketahanan SIBER Serta Apakah Efektif ?

Tolak RUU Keamanan dan Ketahanan SIBER Serta Apakah Efektif ?
Tolak RUU Keamanan dan Ketahanan SIBER Serta Apakah Efektif ?
Tolak RUU Keamanan dan Ketahanan SIBER Serta Apakah Efektif ? - RUU yang di kembangkan BSSN(Badan Siber dan Sandi Negara) adalah tentang Keamanan dan Ketahanan SIBER, lalu bagaimana respon masyarakat yang paham soal tekologi khusus nya berbagai macam bidang pekerjaan yang menyangkut soal cyber security.

Banyak yang tidak menyangkan BSSN akan membuat RUU Keamanan dan Ketahanan SIBER dengan alasan tanpa kesadaran siber , tidak mungkin bisa mewujudkan ketahanan siber sehingga keberadaan RUU Keamanan dan Ketahanan SIBER sangat di perlukan, kata kepala BSSN.


Lalu banyak yang pro dan kontra dengan ada nya RUU ini, bisa dilihat dari efek negatif dari kegiatan siber yang dapat menggangu kedaulatan nonfisik serta dapat menggangu sektor-sektor strategis nasional.

Tetapi kalau IT smurf lihat banyak orang yang dirugikan bahkan bisa menghambat perkembangan sumber daya manusia dalam bidang teknologi, suatu pekerjaan yang berhubungan dengan Cyber security akan terhenti untuk contoh nya soal Bug Hunter dan semacam nya.

Dilihat dari RUU nya juga terdapat sebuah larangan yang memungkinkan orang atau kelompok melakukan sebuah workshop dengan pembelajaran tentang sebuah perangkat atau tools OWASP akan kena RUU ini, bisa dibilang ini akan menyulitkan orang-orang atau kelompok yang berhubungan dengan Cyber Security.

Apakah Riset Kemanan siber bisa di lakukan oleh orang banyak ?

Jawabannya dalam RUU ini adalah orang yang melakukan sebuah Riset atau pentester harus mempunyai IJIN dahulu dari BSSN, jadi bisa dipastikan untuk yang tidak mempunyai IJIN tersebut akan kena pasal dalam RUU ini, sangat disayangkan kita tahu banyak orang yang giat dengan teknologi khusus nya tentang keamanan siber.


Munurut IT smurf sendiri RUU ini perlu di ulas dan di bahas lagi karena masih rancu atau tidak sesuai dengan zaman sekarang yang semua orang sudah hampir kenal dengan teknologi, jangan hanya karena alasan kemanan negara lalu membuat keratifitas seseorang hilang.

Sekian Berita Update Tolak RUU Keamanan dan Ketahanan SIBER Serta Apakah Efektif ? dari IT smurf semoga bisa menambah wawasan kalian dibidang teknologi 
Bayu Dwi Darmawan
Bayu Dwi Darmawan Blogger pemula yang hobi menulis dan suka dunia teknologi.

Posting Komentar untuk "Tolak RUU Keamanan dan Ketahanan SIBER Serta Apakah Efektif ?"