Cara menghidupkan hotspot di laptop


Cara menghidupkan hotspot di laptop - Sebenarnya laptop juga bisa menyalakan hotspot. Namun masih banyak orang yang belum mengetahui cara menyalakan hotspot di laptop windows. Semua versi windows sebenarnya mendukung untuk tathering hotspot. Namun beberapa laptop atau computer tidak memiliki wifi card, hal tersebutlah yang menjadikan laptop atau computer tersebut tidak bisa menggunakan wifi atau menyalakan tathering hotspot.

Cara menghidupkan hotspot di laptop - IT smurf - Penyedia Informasi Terlengkap

Karena di zaman digital hamper semua kegiatan menggunakan internet. Bisa dibilang internet bukan hanya keinginan saj tetapi sudah menjadi kebutuhan. Berbicara mengenai hotspot,  hotspot merupakan jaringan dibuat secara sengaja dan bisa dijangkau hanya dalam jarak tertentu menggunakan wifi.

Hotspot juga sudah banyak tersedia ketika anda mengunjungi kafe, mall, sekolah dan wifi area lainnya. Anda bias menggunakan hotspot tersebut jika anda mengathui password dari hotspot tersebut. Atau anda juga bisa menggunakan hotspot tanpa harus memasukkan password jika hotspot tersebut tidak memakai keamanan.

Pada kesempatan kali ini, IT Smurf akan memberi tahu cara menghidupkan hotspot di windows dengan mudah. Tentu hal ini mungkin akan berguna bagi anda yang ingin membagikan koneksi internet anda ke perangkat lain. Atau anda juga bisa menggunakan ini untuk transfer file ke perangkat lain.

Cara menghidupkan hotspot di laptop atau computer

Terdapat berbagai cara untuk menghidupkan hotspot di laptop atau computer windows anda. Berikut ini beberapa cara yang bisa anda gunakan untuk menghidupkan hotspot di laptop atau computer.

1. Menggunakan Command Prompt (CMD)

Seperti yang kita ketahui command prompt merupakan terminal windows yang memiliki banyak fungsi, salah satunya menghidupkan hotspot, anda bisa mengaktifkan hotspot menggunakan cmd. Berikut ini langkah-langkah cara mengaktifkan hotspot mengunakan cmd :
  1. Pertama, buka sommand prompt dengan cara tekan ikon windows + R lalu ketikkan cmd kemudian enter.
  2. Jika command prompt sudah terbuka, lalu masukkan perintah netsh wlan set hostednetwork mode=allow ssid=namahotspotanda key=passwordhotspotanda anda bisa mengisi ssid menggunakan nama wifi yang anda buat dan key diisi dengan password hotspot anda, jika sudah tekan enter.
  3. Kemudian masukkan perintah netsh wlan start hostednetwork lalu enter untuk mengaktifkan hotspot di laptop atau computer anda.


2. Mobile hotspot di windows 10

Jika anda menggunakan windows 10, maka di system operasi ini anda bisa mengaktifkan menggunakan fitur yang telah mereka sediakan yaitu mobile hotspot. Berikut ini langkah-langkah mengaktifkan hotspot menggunakan fitur hotspot mobile windows 10 :
Pertama buka settings lalu buka menu Network & Internet.
Selanjutnya klik menu mobile hotspot lalu klik pada opsi Wifi.
Anda bisa merubah ssid dan password hotspot dengan cara klik edit. Kemudian isi ssid dan password sesuai dengan keinginan anda.

3. Aplikasi Baidu Hotspot Wifi

Setelah anda mengetaui cara mengaktifkan hotspot tanpa software tambahan, kali ini kita akan menggunakan software tambahan untuk mengaktifkan hotspot di laptop. Berikut ini langkah-langkahnya :
  1. Pertama download dan install software baidu hotspot wifi
  2. Jika sudah selesai di install, buka aplikasi tersebut. Kemudian klik ikon wifi untuk menyalakan hotspot.
  3. Tunggu hingga proses selesai.


Ternya dengan aplikasi baidu hotspot wifi, anda juga bisa memblacklist daftar perangkat yang tidak boleh terhubung dengan hotspot yang anda buat. Sangat keren bukan ?

Akhir Kata

Sekian informasi mengenai cara mengaktifkan hotspot laptopatau computer dengan mudah. Anda bisa mengaktifkan hotspot menggunakan software ataupun tanpa software. Semoga artikel ini bermanfaat bagi anda. Thank You and see u next time !

Naufal Taufiq Ridwan
Naufal Taufiq Ridwan Menuju tak terbatas dan melampauinya. Ikuti saya di instagram @yaelahfal_

Posting Komentar untuk "Cara menghidupkan hotspot di laptop"