IT smurf adalah sebuah penyedia informasi terlengkap dalam hal IT,E-business, dan Game.


ciri-ciri motherboard mengalami kerusakan - Motherboard atau bisa juga disebut mainboard merupakan komponen utama computer. Semua komponen computer akan terhubung ke motherboard. Hal tersebutlah yang menjadikan komponen yang satu ini sebagai komponen utama computer.

ciri-ciri motherboard mengalami kerusakan - IT smurf - Penyedia Informasi Terlengkap

Semua komponen yang ada di computer terhubung dengan motherboard, komponen-komponen tersebut sangatlah bergantu kepada motherboard. Jika motherboard mengalami kerusakan atau error, maka komponen lain akan terganggu bahkan kinerja computer pun akan terganggu.

Jika motherboard mengalami kerusakan maka komponen yang terhubung dengannya juga akan terganggu. Seperti cpu, harddisk tidak akan dapat berjalan semestinya. Apabila anda memiliki dat-data penting yang ada di hard disk tersebut, maka anda tidak akan bisa mengakses file tersebut. Kecuali hard disk yang ada di mother board tersebut dipindah ke computer lain.

Pada kesempatan kali ini IT Smurf akan memberitahu ciri-ciri motherboard rusak. Dengan begitu anda tidak akan cemas atau kebingungan akan motherboard computer anda.

Ciri-ciri Motherboard Rusak

Jika anda khawatir dengan motherboard yang anda pakai sekarang rusak atau tidak, anda bisa mengetahui hal tersebut dengan mengetahui ciri-cirinya. Berikut ini beberapa ciri-ciri motherboard rusak.

1. Tampilan Layar Mengalami Stuck di Blue Screen

Jika anda mengalami hal ini, bisa saja hal ini disebabkan oleh motherboard atau komponen yang terhubung dengan motherboard. Berikut ini cara mengatasi permasalahan layar stuck di blue screen.

Coba periksa Chipset MotherBoard. Mengapa anda perlu memeriksa chipset ? jika chipset rusak maka semua koneksi anatr komponen yang ada di motherboard tidak akan berjalan dengan baik. Jika chipset benar-benar rusak, maka layar computer anda tidak hanya stuck di blue screen tetapi mengalami Black of Death.

2. Komputer Sering Not Responding

Jika computer anda sering not responding hal tersebut biasanya di sebabkan oleh ram yang terhubung di motherboard. Slot memori ram yang tersdia di motherboard biasnya 2 s sampai 6 slot ram.

Jika anda mengalami hal ini, coba pindahkan ram anda ke slot ram yang lain. Jika computer and amasih not responding, coba beli dang anti dengan ram yang baru dengan kapasitas ram yang lebih besar. Bisa saja ram yang anda miliki tersebut sudah rusak atau disebabkan oleh faktor lain seperti memori ram yang sudah kotor dan kapasitas yang kurang memadai.

3. Komputer susah untuk dinyalakan

BIasanya hal ini disebabkan karena computer tersebut jarang digunakan atau hibernate dengan waktu yang cukup lama. Namun bisa juga hal ini disebabkan oleh motherboard yang rusak.

Anda harus melakukan pengecekkan pada komponen-komponen yang terhubung di motherboard. Seperti hard disk, atau juga ram. Jika hard disk yang anda gunakan rusak, maka computer anda tidak akan bisa menyala karena tidaka da system operasi yang akan dijalankan. Atau bisa juga ram yang rusak atau pemasangannya yang tidak benar. Coba pastikan ram anda dipasang dengan benar dan pas dengan slot ram yang ada.

4. Komputer sering mati

Hal ini biasanya disebabkan oleh suhu cpu yang tinggi atau overheat. Jika keadaan motherboard panas maka system akan otomatis mati dengan sendirinya. Amnda perlu mengecek bagian pendingin yang ada di computer anda.

Jika computer anda mengalami overheat karena system pendingin yang tidak baik, maka semua komponen yang ada didalamnya pun akan rusak karena terkena suhu yang tidak wajar juga.

Akhir Kata

Sekian informasi mengenai ciri-ciri motherboard rusak. Semoga informasi diatas bermanfaat bagi anda. Thank you and See u next time !

Related Posts

IT smurf adalah sebuah penyedia informasi terlengkap dalam hal IT,E-business, dan Game.
  • Facebook
  • WhatsApp
  • Instagram
  • Subscribe Our Newsletter

    0 Response to "Ciri-ciri motherboard mengalami kerusakan"

    Post a Comment

    Iklan Atas Artikel

    Iklan Tengah Artikel 1

    Iklan Tengah Artikel 2

    Iklan Bawah Artikel