Pengertian, jenis serta kelebihan dan kekurangan enkripsi


pengertian, jenis serta kelebihan dan kekurangan enkripsi - Jika anda memiliki file-file penting dan sangat privasi yang tidak boleh dilihat oleh sembarang orang maka anda perlu melakukan enkripsi. Jika anda pernah melihat suatu file yang sangat sulit untuk dibuka dan ketika berhasil dibuka, isi file tersebut terliahta seperti tulisan acak yang tidak karuan. Maka itulah yang dinamakan enkripsi.

pengertian, jenis serta kelebihan dan kekurangan enkripsi - IT smurf - Penyedia Informasi Terlengkap

Enkripsi merupakan salah satu cara menagmankan data yang cukup mudah dan banyak diminati oleh orang banyak. Jika ada enskirpsi maka ada juga deskripsi. Jika enkripsi melakukan pengacakan atau membuat file tidak bisa dibuka, maka deskripsi ini lah yang akan membuat file atau data tersebut seperti semula.

Pada Artikel ini It Smurf akan memberitahu pengertian, jenis dan kelebihan serta kekurangan enkripsi. Berikut ini penjelasan lebih lanjut mengenai enkripsi.

Pengertian Enkripsi

Diawal sudah sedikit anda mengetahui apaitu enkripsi. Secara umum enkripsi merupakan sebuah istilah untuk mengamankan data dengan cara mengubah informasi menggunakan algoritma tertentu. Data yang sudah ter-enkripsi akan sangat berbeda dengan awal sebelum di enkripsi. Hanya orang tertentu yang bisa mengembalikan atau mendeskripsikannya.

Pengertian Deskripsi

Setelah anda mengetahui enkripsi, maka anda juga perlu mengetahui deskripsi. Karena apabila ada enkripsi sudah pasti ada deskripsi. Deskripsi merupakan kebalikan dari enkripsi. Jika encrypt digunakan untuk mengunci sebuah data, maka decrypyt digunakan untuk membukan kunci data tersebut. Untuk melakukan deskripsi, diperlukan algoritma dan kunci yang cocok dengan algoritma dan kunci enkripsi.

Jika algoritma atau kunci berbeda, maka data tersebut tidkaa akan behasil di deskripsi atau diubah seperti semula lagi.

Jenis-Jenis Enkripsi

Terdapat beberapa macam jenis penguncian yang bisa anda gunakan untuk mengenkripsi suatu data. Berikut ini beberapa jenis penguncian enkripsi.

1. Kunci Enkripsi Rahasia

Pertama yaitu jenis penguncian rahasia. Jenis penguncian ini menggunakan sebuah kunci atau algoritma untuk mengenkripsi maupun mendeskripsikan suatu data. Biasanya algoritma tersebut dibuat secara khusus dan tidak dimiliki oleh sembarang orang. Setiap orang yang membuat algoritma akan menggunakan gaya mereka sendiri, sehingga sedikit kemungkinan algoritma yang dibuat akan memiliki kesamaan dengan algoritma yang lain.

2. Kunci Enkripsi Publik

Pada jenis ini terdapat 2 kunci yang memiliki fungsinya masing-masing dan tidak dapat ditukar. Yang pertama digunakan untuk enkripsi dna kunci yang kedua untuk melakukan deskripsi. Ingat 2 kunci tersebut tidak bisa ditukar fungsinya.

3. Fungsi One-Way

Jenis ini merupakan fungsi yang bersifat one-way. Tujuannya adalah untuk memberi tanda bahwa data tersebut asli dan hanya bisa dibukan oleh penerima.

Kelebihan dan Kekurangan Enkripsi

Enkripsi memang ebrfungsi untuk mengamankan suatu data, hal tersebut mungkin dinilai  positif. Namun enkripsi juga memiliki kekurangannya sendiri. Berikut ini kelebihan dan kekurangan enkripsi.

Kelebihan Enkripsi

Sebuah data akan menjadi aman dan tidak bisa diakses oleh sembarang orang.
Sebagai tanda bahwa data tersebut asli dan tidak dimanipulasi.
Mencegah bocornya data ketika dilakukannya pencurian data oleh orang tidak bertanggung jawab.

Kekurangan Enkripsi

Bisa digunakan untuk hal yang tidak  baik seperti menyembunyikan data teroris.
Bisa digunakan untuk komunikasi antar penjahat.
Jika si pengguna kehilangan atau lupa kunci enkripsinya, maka data tersebut tidak akan dikembalikan seperti semula lagi.

Akhir Kata

Sekian informasi mengenai pengertian, jenis serta kelebihandan kekurangan enkripsi. Semoga informasi diatas bermanfaat dan sesuai dengan apa yang anda inginkan. Thank you and see u next time !

Naufal Taufiq Ridwan
Naufal Taufiq Ridwan Menuju tak terbatas dan melampauinya. Ikuti saya di instagram @yaelahfal_

Posting Komentar untuk "Pengertian, jenis serta kelebihan dan kekurangan enkripsi"