IT smurf adalah sebuah penyedia informasi terlengkap dalam hal IT,E-business, dan Game.


Rufus merupakan sebuah software yang berfungsi untuk memformat flahdisk menjadi bootable yang bisa digunakan secara gratis. Karena rufus memiliki lisensi GNU GPL versi 3, sehingga dapat digunakan secara gratis tanpa berbayar. Cara menggunakan rufus pun terbilang sangat mudah.

Cara mengubah flashdisk menjadi bootable

Bootable merupakan fasilitas atau layanan yang ada di system operasi. Yang mana layanan tersebut diletakkan pada penyimpanan seperti kartu memori, cd/dvd, flashdisk atau penyimpanan lainnya. Namun penggunaan cd/dvd untuk menginstalasi windows sudah santa jarang digunakan. Karena sudah banyak orang yang lebih memilih untuk menggunakan flashdisk.

Hal tersebut karena optical drive yang sudah sangat jarang ditemui di laptop, notebook, dan perangkat lainnya. Sehingga instalasi menggunakan cd/dvd sudah ditinggalkan di zaman ini. Selain itu, instalasi menggunakan cd/dvd tidaklah praktis jika dibandingkan menggunakan flashdisk ataupun usb flash drive.

Sehingga di zaman ini banyak orang yang lebih memilih menginstalasi menggunakan flashdisk. Karena flashdisk lebih ringkas dan mudah dibawa-bawa kemana saja. Dengan flash disk anda bisa mengintall berbagai system operasi yaitu seperti windows, linux dan os lainnya.

Pada kesempatan kali ini, IT Smurf akan memberitahu cara menggunakan rufus untuk keperluan instalasi yaitu mengubah flash disk menjadi bootable. Karena rufus merupakan aplikasi atau software yang memiliki fungsi untuk memformat dan merubah flashdisk menjadi bootable.

Cara Menggunakan Rufus dengan mudah

Jika anda ingin menggunakan flashdisk untuk keperluan instalasi, maka anda perlu mengubah flashdisk tersebut menjadi bootable. Berikut ini cara mengubah flashdisk menjadi bootable menggunakan rufus.
  1. Pertama anda perlu mendownload rufus terlebih dahulu, lalu menginstalnya di laptop atau computer anda.
  2. Jika rufus sudah terinstal, selanjutnya buka aplikasi rufus tersebut. Kemudian colokkan atau masukkan flashdisk yang akan dijadikan bootable ke laptop atau computer anda.
  3. Jika flashdisk sudah masuk, maka dengan otomatis rufus akan mendeteksi flashdisk tersebut.
  4. Jika flashdisk yang anda masukkan tidak terdeteksi, klik ikon tanda panah yang berada disamping teks format options.
  5. Maka akan muncul beberapa opsi. Centang opsi list fixed (non flash) or unpartitioned USB disk.
  6. Selanjutnya ubah pengaturan aplikasi rufus menjadi, ubah file system yang awalnya FAT 32 menjadi NTFS. Jika flashdisk anda belum menggunakan file NTFS, centang opsi Quick Format, agar proses format berjalan dengan cepat.
  7. Selanjutnya pilih file yang akan digunakan untuk intalasi  dengan cara centang opsi Create bootable disk using.  Kemudian pilih ISO Images pada menu di sampingnya. Lalu pilih file ISO yang akan digunakan untuk instalasi yang sudah anda download sebelumnya.
  8. Selanjutnya klik start untuk memulai pembuatan bootable menggunakan flashdisk. Sebelumnya pastikan bahwa semua file yang ada di dalam flashdisk sudah di backup terlebih dahulu. Karena semua file yang ada di dalam flashdisk tersebut akan hilang.
  9. Setelah itu akan muncul peringatan yang menyatakan bahwa semua file yang ada didalam flashdisk anda akan terhapus seluruhnya. Klik ok  untuk melanjutkan proses pembuatan bootable.
  10. Tunggu proses pembuatan bootable hingga selesai. Biasanya membutuhkan waktu 10 sampai 15 menit. Tergantung dengan kualitas flashdisk yang anda gunakan.
  11. Jika proses duah selesai maka akan muncul tulisan ready. Jika sudah selesai klik tombol close.


Nah setalah mengikuti langkah-langkah diatas, sekarang flashdisk anda sudah berhasil menjadi bootable dan bisa digunakan untuk melakukan instalasi.

Akhir Kata

Sekian informasi mengenai cara mengubah flashdisk menjadibootable menggunakan rufus dengan mudah. Semoga informasi ini bermanfaat bagi anda. Thank you and see u next time.

Related Posts

IT smurf adalah sebuah penyedia informasi terlengkap dalam hal IT,E-business, dan Game.
  • Facebook
  • WhatsApp
  • Instagram
  • Subscribe Our Newsletter

    Belum ada Komentar untuk "Cara mengubah flashdisk menjadi bootable"

    Posting Komentar

    Iklan Atas Artikel

    Iklan Tengah Artikel 1

    Iklan Tengah Artikel 2

    Iklan Bawah Artikel