Cara mengoptimalkan antivirus dengan mudah


Cara konfigurasi antivirus agar lebih optimal - Antivirus merupakan softwar yang sudah sangat penting bagi suatu computer. Karena di zaman digital ini banyak sekali orang yang menyisipkan virus ke dalam file, software dan lain sebagainya. Maka dari itu, penggunaan antivirus harus di optimalkan semaksimal mungkin agar computer anda terlindung dari virus.

Cara konfigurasi antivirus agar lebih optimal

Walaupun antivirus ini bersifat opsiaonal, namun tidak dapat dipungkiri lagi bahwa computer sangat memerlukan antivirus agar system tidak terinfeksi virus. Virus sangatlah berbahaya, mulai dari mengenkripsi file, menghapus file, menyisipkan iklan dan lain sebagainya.

Performa antivirus akan semakin optimal jiika anda tahu cara mengkonfigurasikannya. Salah satu antivirus yang bisa anda andalkan adalah MalwareBytes. MAlwarebytes ini pertama kali diluncurkan pada tahun 2006 dan masih ada dan bisa diandalkan sampai sekarang. Antivirus ini bisa anda gunakan untuk windows, mac os, bahkan smartphone android dan juga IOS.

Pada artikel ini, IT Smurf akan memberitahu cara mengkonfigurasikan antivirus ini agar lebih optimal lagi. Eksistensinya selama 14 tahun ini sudah terbukti dalam mengatasi malware ataupun virus.

Cara Mengkonfigurasikan MalwareBytes

Sebelumnya anda harus menginstall software malwarebytes terlebih dahulu, anda bisa mencarinya di google lalu menginstallnya. Berikut ini beberapa cara untuk mengoptimalkan antivirus dari malwarebytes ini :

1. Aktifkan proteksi Real-time

Dengan fitur yang diberikan malwarebytes ini, anda kana mengetahui kondisi computer anda. Cara kerja malwarebyte juga lebih cepat dibandingkan dengan antivirus lainnya. Anda juga dapat memutus program yang tidak ingin diawasi secara realtime, agar malwarebyte ini tidak terlalu berat untuk dijalani.

2. Atur Jadwal untuk Pemindaian atau Scan

Anda perlu mengatur jadwal scan secara rutin. Dengan begitu antivirus ini akan memeriksan semua file yang ada bahkan semua data hingga registry computer anda akan diperiksa oleh antivirus ini secara rutin. Dengan begitu anda dapat memastikan kondisi computer anda baik-baik saja.

3. Ambil tindakan cepat ketika mendapat notifikasi

Malwarebytes akan memberikan notifikasi secara instan ketika ia menemukan atau mencurigai file yang dianggap mengandung virus didalamnya. Anda perlu menanggapi notifikasi tersebut dengan cepat, agar anda bisa langsung menghapus file tersebut sebelum virus yang ada didalmnya menginfeksi computer anda.

4. Memeriksa riwayat Pemindaian

Setiap kali malwarebytes melakukan pemindaian pada computer anda, maka secara otomatis anti virus ini akan melaporkan hasil pemindaiannya. Anda bisa melihat dan mengecek apakah ada file yang mengandung virus, jika ada anda bisa langsung menghapus file tersebut.

Dengan riwayat pemindaian ini juga anda bisa mengetahui file mana saja yang sudah di periksa, jadi anda tidak perlu melakukan pemindaian ulang untuk file yang sudah diperiksa sebelumnya.

5. Antivirus akan aktif walaupun computer tidak digunakan

Salah satu hal yang biasa orang lupakan yaitu membiarkan antivirus tidak aktif ketika computer tidak digunakan. Padahal bisa saja ketika computer tidak sedang digunakan, virus akan mulai menginfeksi computer tersebut.

Nah, anda perlu memastikan bahwa malwarebytes ini dalam kondisi aktif. Malwarebyte memiliki fitur yang berfungsi untuk melakukan proteksi walaupun computer tidak sedang digunakan. Keren bukan ? mantaplah pokoknya malwarebytes ini.

Akhir Kata

Sebelum anda menginstall antivirus, pastikan antivirus yang akan anda install sudah terpercaya dan sudah banyak dipakai oleh banyak orang, salah satunya malwarebytes ini. Malwarebytes sudah dikenal dan digunakan selama hamper 14 tahun dan kami sangat merekomendasikan software antivirus ini.

Sekian informasi mengenai cara mengkonfigurasi antivirusagar perlindungan computer maksimal. Bagkan artikel ini ke teman anda. Thank you and see you next time !

Naufal Taufiq Ridwan
Naufal Taufiq Ridwan Menuju tak terbatas dan melampauinya. Ikuti saya di instagram @yaelahfal_

Posting Komentar untuk "Cara mengoptimalkan antivirus dengan mudah"