IT smurf adalah sebuah penyedia informasi terlengkap dalam hal IT,E-business, dan Game.


Pengertian dan fungsi virtual private server - Jika anda merupakan orang IT, maka anda perlu mengetahui apaitu vps. Secara umum vps atau vitual private server  merupakan suatu computer yang digunakan sebagai server untuk menjalankan atau menyimpan dat yang hanya digunakan oleh satu user saja.

pengertian dan fungsi virtual private server

VPS menggunakan teknologi virtualisasi hardware yang dibagi menjadi beberapa bagian yang berbeda. VPS juga bisa ditambahkan suatu operating system yang dibutuhkan oleh user sesuai dengan kebutuhan user tersebut.

Biasanya VPS ini digunakan sebagai server suatu website. Dengan menggunakan VPS yang memiliki space besar, maka website tersebut akan memiliki performa yang lebih optimal dalam kecepatan loading dan lainnya. Namun fungsi vps bukan hanya itu, masih banyak fungsi vps yang perlu anda ketahui.

Pada kesempatan kali ini, IT Smurf akan memberitahu beberapa fungsi Virtual Private Server beserta penjelasannya. Yuk simak gaesss . . .

Fungsi-fungsi Virtual Private Server

Banyak fungsi-fungsi dari virtual private server, namun It Smurf hanya akan membahas beberapa fungsi dari vps yang perlu anda ketahui saja. Berikut ini fubgsi-fungsi dari Virtual Private Server :

1. Sebagai Server Website

Nah, pada umumnya orang menggunakan vps untuk server website. Atau sering disebut dengan web hosting. VPS ini cocok untuk dijadikan server suatu server website yang besar. Karena dengan VPS, tentunya space atau disk yang tersedia lebih banyak. Sehingga menjadikan website tersebut memiliki loadaing yang cepat dan nyaman untuk digunakan.

2. Sebagai Penyimpanan File

VPS juga bisa digunakan untuk menyimpan file-file yang besar seperti gambar, video dan file lainnya. Dengan begitu anda bisa mengakses file tersebut dimanapun dan kapanpun.

3. Sebagai Host Server

Anda juga bisa menggunakan VPS sebagai server VPN (virtual private network). Anda sapat membuat koneksi pribadi yang hanya bisa dipakai oleh pengguna yang terdaftar saja.

4. Application Hosting

VPS juga bisa digunakan untuk membangun dan mengembangkan aplikasi dengan biaya yang terjangkau, jika dibandingkan harus membuat server sendiri.


Kelebihan VPS dibandingkan dengan Shared Hosting

Pada dasarnya VPS dengan shared hosting sama saja, yaitu untuk menjalankan dan menyimpan database suatu website. Namun vps lebih unggul karena vps memiliki disk yang lebih besar jika dibandingkan dengan shared hosting. Dengan disk yang lebih besar, tentunya website akan memiliki pperforma yang lebih optimal salahsatunya loading yang cepat.

Ketika website mendapatkan trafik yang tinggi, dengan menggunakan vps pengunjung tentunya akan lebih nyaman dengan loading website yang cepat dan nyaman ketika digunakan. Berbeda dengan shared hosting, ketika trafik pengunjung banyak, maka website akan terasa lambat dan tidak nyaman untuk digunakan. Hal tersebut dikarenakan disk atau source yang diberikan vps lebih banyak daripada shared hosting.

Berikut ini beberapa kelebihan vps disbanding shared hosting :
  1. Pengguna VPS memiliki control penuh terhadap hosting yang disewa, seperti akses root.
  2. VPS memiliki Ip Publik tersendiri yang khusus.
  3. VPS memiliki sumber daya resource, disk bandwith yang lebih besar.
  4. VPS dapat diinstall software atau aplikasi tertentu yang dibutuhkan oleh user.
  5. VPS dapat membuat database, DNS, SSH, FTP, Email dan lainnya tanpa ada batasan dalam satu vps


Nah itulah beberapa kelebihan VPS dibandingkan shared hosting.

Akhir Kata

Sekian informasi mengenai pengertian, fungsi dan kelebihanvps. Semoga informasi ini bermanfaat bagi anda. Bagikan artikel ini ke teman anda. Thank you and see u next time !

Related Posts

IT smurf adalah sebuah penyedia informasi terlengkap dalam hal IT,E-business, dan Game.
  • Facebook
  • WhatsApp
  • Instagram
  • Subscribe Our Newsletter

    0 Response to "Pengertian dan fungsi virtual private server"

    Post a Comment

    Iklan Atas Artikel

    Iklan Tengah Artikel 1

    Iklan Tengah Artikel 2

    Iklan Bawah Artikel