IT smurf adalah sebuah penyedia informasi terlengkap dalam hal IT,E-business, dan Game.


Cara menghapus cache di laptop - Cache merupakan sekumpulan data yang sifatnya sementara atau tidak permanen. Data tersebut dibuat agar system operasi windows ini tidak lag. Karena jika system memerlukan data tersebut, sudah ada dan hanya tinggal menjalankan saja.

Cara menghapus cache di laptop

Sebenarnya cache ini sangat berguna untuk meningkatkan performa kecepatan suatu aplikasi ketika akan dijalankan. Tetapi, jika cache yang ada di laptop anda sudah terlalu banyak, maka akan berakibat seblaiknya yaitu hanya akan membuat laptop menjadi lemot.

Pada artikel ini It Smurf akan memberitahu cara menghapus cache dengan mudah di laptop windows. Cache ini tidak terlihat, biasanya cache akan tersembunyi di berbagai tempat yang mungkin tidak semua orang mengerti dan mengetahuinya.

Jika laptop yang anda gunakan semakin lemot, bisa saja hal tersebut disebabkan oleh cache yang berlebihan. Karena itu anda perlu melakukan pembersihan cache secara rutin agar cache tidak terlalu banyak. Dengan begitu computer atau laptop anda akan berjalan tanpa lemot lagi.

Cara Menghapus Cache di Windows

Nah, banyak cara yang bisa anda lakukan untuk menghapus cache yang ada di laptop anda. Namun untuk bisa menerapkan cara ini, laptop anda harus menggunakan windows sebagai system operasinya. Berikut ini beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk membersihkan cache di laptop anda :

1. Menggunakan Fitur Run

Sistem operasi windows memiliki suatu folder yang isinya memang khusus untuk file-file semenatra seperti cache salah satunya. Cara pertama yang bisa anda terapkan yaitu menggunakan fitur run. Berikut ini langkah-langkah untuk menghapus cache menggunakan fitur run :
Pertama tekan ikon windows + R di keyboard, lalu ketikkan RUN kemudian enter.
Kemudain masukkan perintah %temp% lalu tekan enter.
Maka akan muncul folder tempat file sementara windows. Anda hanya perlu mengahpus semua file yang ada di dalam folder tersebut untuk menghapus cache dan file sementara lainnya.

2. Windows Disk Clean Up

Cara kedua yaitu menggunakan fitur dari windows disk cleanup. Berikut ini langkah-langkah untuk menghapus cache pada computer atau laptop anda menggunakan windows disk clean up :
Pertama klik menu Start.
Lalu klik menu Programs > Accessories > System Tool > disk cleanup.
Maka anda akan melihat beberapa partisi yang bisa anda bersihkan. Pilih paryisi yang akan anda hapus cachenya kemudian klik ok untuk mulai menghapus.
Tunggu hingga proses penghapusan cache selesai. Semakin banyak cache yang ada, maka akan semakin lama juga waktu yang diperlukan.

3. Menggunakan aplikasi CCleaner

Cara ketiga ini anda memrlukan aplikasi tambahan yaitu CCleaner. Dengan aplikasi ini anda juga bisa menghapus cache dengan lebih mudah. Aplikasi ini sangatlah ringan untuk digunakan dan bisa menghapus berbagai cache yang ada di laptop atau computer anda. Berikut ini langkah-langkah untuk menggunakan CCleaner :
Pertama, download dan install aplikasi CCleaner terlebih dahulu.
Jika sudah terinstall, buka aplikasi tersebut dan tunggu hingga proses pemindaian selesai.
Kemudain  pilih file apa saja yang ingin anda bersihkan. Lalu klik tombol jalankan ccleaner untuk mulai mengahpus cache.
Tunggu proses hingga proses penghapusan cache selesai. Semakin banyak cache yang ada, maka semakin lama juga proses penghapusn tersebut.

Akhir Kata

Untuk mendapatkan hasil yang lebih optimal, kami IT Smurf sangat merekomendasikan untuk menggunakan cara ketiga yaitu menggunakan aplikasi CCleaner.

Sekian informasi mengenai cara menghapus cache di laptopdengan mudah. Semoga artikel ini bermanfaat bagi anda. Thank you and see u next time !

Related Posts

IT smurf adalah sebuah penyedia informasi terlengkap dalam hal IT,E-business, dan Game.
  • Facebook
  • WhatsApp
  • Instagram
  • Subscribe Our Newsletter

    0 Response to "Cara menghapus cache di laptop"

    Post a Comment

    Iklan Atas Artikel

    Iklan Tengah Artikel 1

    Iklan Tengah Artikel 2

    Iklan Bawah Artikel