Cara Mengatasi Blue Screen of Death


Cara Mengatasi Blue Screen of Death - Salah satu masalah yang paling sering dialami oleh pengguna computer/laptop ialah blue screen of death.Banyak cara yang sebenarnya bisa kita lakukan untuk mengatasi blue screen. Blue Screen Of Death ini juga sering disingkat menjadi BSOD. Pengguna computer dengan os windows pasti sudah tidak asing lagi dengan masalah ini.
 Cara Mengatasi Blue Screen of Death
Masalah blue screen ini tidak hanya terjadi pada os windows 7, tetapi semua versi windows juga bisa terkena masalah ini. Masalah blue screen juga tidak mengenal merk, apapun merk laptop / komputernya juga bisa terkena masalah blue screen of death tersebut.

Pada kesempatan kali ini IT Smurf akan memberitahu cara mengatasi blue screen. Namun sebelum lebih dalam membahas cara mengatasi blue screen, sebelumnya anda juga harus mengetahui apa itu blue screen.

Blue screen of death merupakan kondisi dimana system operasi windows hanya menampilkan warna biru dengan tulisan tertentu di layar monitor. Blue screen of death ini bisa muncul karena disebabkan oleh beberapa faktor. Seperti adanya masalah pada software ataupun hardware si computer.

Penyebab Blue Screen Of Death

Semua masalah yang muncul pada computer atau pun laptop, biasanya disebabkan oleh adanya kerusakan pada software ataupun hardware. Begitu juga dengan masalah blue screen of death ini. Crash ini terjadi karena adanya salah satu proses windows yang mengalami error stop. Sehingga windows akan berhenti bekerja, dari hal tersebutlah awal mula blue screen terjadi.

Jika kita mengalami hal ini, sudah pasti tindakan pertama yang kita lakukan ialah merestart computer ataupun laptop tersebut. Pasti semua hal yang sedang kita lakukan seperti mengerjakan tugas di word, mengerjakan pekerjaan kantor di excel, semua hal tersebut akan hilang apabila kita belum sempat melakukan save.

Blue screen memang sangat menjengkelkan, ketika anda mengalami masalah blue screen, anda jangan panic. Ada banyak cara yang bisa anda lakukan untuk mengatasi masalah blue screen ini.

Cara Mengatasi Blue Screen

Anda bisa menerapkan salah satu cara dari beberapa cara yang ada dibawah ini. Berikut ini beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk mengatasi masalah blue screen :

1. Restart Komputer

Cara ini merupakan cara termudah yang bisa anda lakukan untuk mengatasi blue screen. Anda dapat melakukan restart computer dengan mengklik tombol restart, lalu tunggu hingga computer menyala. Jika tidak ada tombol restart, anda bisa mematikannya dengan paksa dengan menekan tombol power.

Setelah computer booting, computer sudah bisa digunakan secara normal lagi. Namun jika cara ini belum bisa mengatasi masalah blue screen yang anda alami, anda masih bisa mencoba cara dibawah ini.

2. Lakukan System Restore

System restore ini berguna untuk mengembalikan system windows seperti sebelum mengalami kerusakan. Caranya pun sangat mudah, berikut ini langkah-langkah untuk restore system windows :
  • Pertama, matikan computer terlebih dahulu, kemudian hidupkan kembali.
  • Ketika proses booting, tekan f8 pada keyboard, lalu pilih masuk safe mode.
  • Setelah masuk safe mode, lalu buka control panel. Pilih system & security.
  • Kemudian pilih Action Center, lalu klik recovery. Pilih system restore.
  • Didalam system restore, pilih tanggal yang anda inginkan. Kemudian klik next, dan ikuti saja prosedur selanjutnya.


Akhir Kata

Sekian informasi mengenai cara mengatasi blue screen dengan mudah. Semoga informasi ini bermanfaat bagi anda. Thank you and see u next time !

Naufal Taufiq Ridwan
Naufal Taufiq Ridwan Menuju tak terbatas dan melampauinya. Ikuti saya di instagram @yaelahfal_

Posting Komentar untuk "Cara Mengatasi Blue Screen of Death"