IT smurf adalah sebuah penyedia informasi terlengkap dalam hal IT,E-business, dan Game.


Cara mengatasi windows 10 yang lemot - Performa computer atau laptop dengan os windows 10, akan semakin terasa lambat seiring waktu berjalan. Banyak faktor yang dapat menjadi penyebab performa windows menurun. Seperti cara penggunaan yang salah, atau mungkin dari system windows yang memang mengalami error. Lalu bagaimana cara mengatasi windows yang lemot ?
 
Memang banyak hal yang dapat mempengaruhi turunnya performa suatu computer windows. Baik itu dari system operasinya yang bermasalah, hardware yang kurang mencukupi atau cara penggunaan yang kurang baik.

Pada kesempatan kali ini IT Smurf akan memberitahu cara mempercepat windows 10. Sebelum kita membahas cara mempercepat windows, ada baiknya kita mengetahui beberapa hal mengenai windows 10 terlebih dahulu. Berikut ini penjelasannya.

Memenuhi Standard Kebutuhan System

Sebelum menggunakan os windows 10 pada computer atau laptop, anda perlu mengetahui spesifikasi minimal yang harus dimiliki oleh si computer tersebut. Adapun standard hardware yang harus anda penuhi untuk bisa menggunakan windows 10 dengan lancer ialah sebagai berikut :
  • Minimal processor 1 GHz
  • Minimal memiliki space penyimpanan sebanyak 16 GB untuk OS 32-Bit dan 20 GB untuk OS 64 Bit.
  • Memiliki RAM minimal 2GB
  • Dan masih banyak lainnya.


Jadi sebelum anda menggunakan os windows, pertimbangkan terlebih dahulu spesifikasi yang digunakan. Setelah anda memastikan bahwa spesifikasi yang anda gunakan sudah sesuai dengan standard atau mungkin melebihi standard, anda pasti akan mendapatkan performa yang baik.

Cara Mempercepat Windows 10

Jika anda merasakan lemot pada computer yang memakai os windows 10, anda bisa, mengatasinya dengan beberapa cara berikut.

1. Upgrade Hardware

Untuk menggunakan windows 10, anda harus memenuhi standard system requirements windows 10. Namun walaupun anda sudah menggunakan spesifiksi yang memenuhi standar tersebut, anda perlu melakukan upgrade hardware dengan hardware yang memiliki kinerja yang lebih baik.

Windows 10 akan terus mengupdate sistemnya, begitu juga anda. Anda juga harus melakukan upgrade hardware yang digunakan agar tetap mendapatkan kinerja yang baik.

2. Mematikan Visual Effect

Jika anda lebih mementingkan performa dari pada tampilan yang baik, anda bisa melakukan hal ini untuk mendapatkan performa windows yang baik. Anda dapat mematikan visual effect windows. Dengan begitu akan menjadikan system lebih ringan dalam menjalankan tugasnya.
  • Untuk mematikan visual effect, anda hanya perlu mengikuti langkah-langkah dibawah ini :
  • Pertama tekan ikon windows + R secara bersamaan.
  • Lalu ketikkan systempropertiesadvanced.
  • Jika sudah, klik menu performances, lalu klik settings.


3. Mematikan Background Apps

Aplikasi yang berjalan di latar belakang sudah pasti akan menggunakan dan menghabiskan RAM. Sehingga ketika anda menggunakan computer akan terasa lemot. Karena terlalu banyak ram yang dipakai. Anda bisa mematikan nya melalui settings. Karena aplikasi yang digunakan windows 10 biasanya akan menghabiskan bandwith secara perlahan.

4.  Uninstall Aplikasi

Untuk menghemat ruang, anda bisa menguninstall aplikasi yang sudah tidak digunakan. Dengan begitu akan lebih banyak tersedia ruang kosong. Sehingga system akan lebih ringan dalam menjalankan tugasnya.

5. Update Windows secara Berkala

Jika terdapat update di windows anda, segera lakukan update. Karena windows akan memperbaiki bug yang ada di versi windows 10 sebelumnya. Setelah anda melakukan update, biasanya bug di versi sebelumnya akan hilang dan mungkin bisa saja mendapatkan fitur baru.

Akhir Kata

Sekian informasi mengenai cara mempercepat kinerja windows10. Semoga artikel ini bermanfaat bagi anda. Thank you and see u next time !

Related Posts

IT smurf adalah sebuah penyedia informasi terlengkap dalam hal IT,E-business, dan Game.
  • Facebook
  • WhatsApp
  • Instagram
  • Subscribe Our Newsletter

    0 Response to "Cara mengatasi windows 10 yang lemot"

    Post a Comment

    Iklan Atas Artikel

    Iklan Tengah Artikel 1

    Iklan Tengah Artikel 2

    Iklan Bawah Artikel