Cara menghilangkan virus shortcut dengan mudah


Cara menghilangkan virus shortcut dengan mudah - Untuk menghilangkan virus shortcut yang ada di computer sangatlah mudah. Dan sebenarnya bisa dihilangkan dengan cara yang sangat mudah dan simple. Anda bisa menghapus virus shortcut dengan mudah dan bisa mencegahnya agar tidak dating kembali.
 Cara menghilangkan virus shortcut dengan mudah
Virus shortcut seringkali menyerang komponen perangkat keras yang biasa digunakan pada computer yang memiliki ruang penyimpanan seperti hard disk salah satunya. Virus shortcut bisa dibilang sangatlah mengganggu dan merepotkan kita ketika sedang beraktivitas menggunakan computer ataupun laptop.

Virus shortcut juga sangat mudah menular, biasanya ditularkan ketika menggunakan flashdisk yang sudah terinfeksi virus shortcut tersebut. Pada kesempatan kali ini IT Smurf akan memberitahu cara menghilangkan virus shortcut yang ada di computer ataupun laptop. Namun sebelum membahas cara mengatasi virus shortcut, mari kita bahas sedikit mengenai ciri-ciri computer yang terinfeksi virus shortcut.

Ciri-ciri Komputer yang Terinfeksi Virus Shortcut

Kita dapat mengetahui apakah computer kita terinfeksi virus shortcut atau tidak dengan melihat beberapa hal yang biasanya ditimbulkan oleh virus shortcut. Berikut ini ciri-ciri gejala virus shortcut :
  • Virus shortcut menjalankan wscript.exe pada system.
  • Virus ini akan membuat file inti dengan nama database.mdb pada my documents dan membuat file autorun.inf pada setiap drive.
  • Virus shortcut akan membuat banayak file berformat .ink pada setiap folder dan drive yang ada di computer.


Cara menghilangkan Virus Shortcut

Setelah anda mengetahui beberapa gejala yang ditimbulkan oleh virus shortcut pada computer yang terinfeksi, selanjutanya IT Smurf akan memberitahu cara menghilangkan virus shortcut dengan mudah.

Berikut ini langkah-langkah untuk mengatasi dan menghilangkan virus shortcut dari computer yang terinfeksi :
  • Pertama tekan ikon windows + R pada keyboard, lalu ketikkan msconfig kemudian enter.
  • Selanjutnya klik tab startup, kemudian klik open task manager.
  • Cari dan pilih nkvasyoxww.vbs lalu klik kanan dan pilih disable.


Setelah anda men-disable proses tersebut, maka virus shortcut sudah tidak berjalan lagi. Ada juga cara alternative yang bis aanda lakukan. Berikut ini cara menghapus virus shortcut dengan mudah :
  • Pertama tekan ikon windows + R pada keyboard, lalu ketikkan %temp% kemudian enter.
  • Apabila sudah dialihkan ke file manager, lalu cari file dengan nama nkvasyoxww.vbs, jika sudah ketemu hapus file tersebut. Dengan begitu virus shortcut sudah hilang.


Tips Mencegah Datangnya Virus Shortcut

Setelah anda berhasil menghapus virus shortcut, tentunya anda tidak ingin virus tersebut kembali menginfeksi computer anda. Maka anda bisa menerapkan beberapa tips mencegah virus shortcut versi IT Smurf. Berikut ini beberapa tip untuk mencegah virus shortcut menginfeksi komoputer :
  • Pasang antivirus yang sudah banyak digunakan dan terpercaya.
  • Lakukan update antivirus dan software jika ada versi baru yang tersedia.
  • Lakukan scanning apabila ingin menggunakan penyimpanan external seperti flashdisk.
  • Berhati-hati dalam menggunakan flashdisk.
  • Selalu melakukan backup data – data penting pada penyimpanan lain seperti harddisk external.
  • Lakukan scanning storage menggunakan antivirus secara berkala, minimal 7 hari sekali.
  • Backup data-data ke google drive atau cloud storage lainnya.


Setelah anda menerapkan tips diatas, anda akan terhindar dari virus shortcut pastinya. Mungkin jika anda memiliki tips lainnya, bisa anda cantumkan pada kolom komentar.

Akhir Kata

Sekian informasi mengenai cara menghilangkan virus shortcutdengan mudah. Semoga artikel ini bermanfaat bagi anda. Terimakasih dan sampai jumpa pada artikel berikutnya ! ! !


Naufal Taufiq Ridwan
Naufal Taufiq Ridwan Menuju tak terbatas dan melampauinya. Ikuti saya di instagram @yaelahfal_

Posting Komentar untuk "Cara menghilangkan virus shortcut dengan mudah"