Cara Memformat Micro SD melalui Komputer


Micro sd merupakan salah satu penyimpanan eksternal yang biasa digunakan di smartphone untuk menambah kapasitas penyimpanan di smartphone tersebut. Biasanya micro sd akan digunakan di hp yang memiliki kapasitas memori yang kecil atau sedikit. Sehingga dengan adanya micro sd akan dapat menambah ruang penyimpanan di smartphone tersebut.
 Cara Memformat Micro SD melalui Komputer
Jika micro sd sudah terlalu lama digunakan, pastinya akan memiliki banyak sekali data-data yang masih digunakan atau yang sudah tidak digunakan lagi. Tentu saja data-data tersebut akan menumpuk dan terus menumpuk. Namun anda bisa melakukan format pada micro sd untuk membersihkan dan menghapus semua file yang ada didalamnya.

Melakukan format pada kartu memori dapat dilakukan di hp mana saja dan kapan saja dalam kondisi apapun. Namun terkadang ada beberapa masalah yang bisa saja muncul ketika anda sedang melakukan proses format kartu memori tersebut. Salah satu masalah yang sering muncul ialah Windows was unable to complete the format. Maslaah tersebut menjadikan anda gagal dan tidak bisa melakukan format.

Pada kesempatan kali ini IT Smurf akan memberitahu cara mengatasi micro sd yang tidak bisa di format. Hal ini ditujukan untuk anda yang mendapati masalah saat melakukan format micro sd. Nah, bagi anda yang kebingungan silahkan baca artikel ini hingga akhir. Agar anda dapat mengatasi masalah saat melakukan format kartu memori.

Cara Mengatasi Micro SD yang Tidak Bisa di Format

Untuk memformat kartu memori, anda dapat dapat melakukannya langsung di hp yang sedang terpasang kartu memori tersebut. Namun beberapa smartphone tidak memberikan fitur untuk memformat kartu memori, sehingga anda harus memformat kartu memori tersebut dengan cara menghubungkannya ke computer.

Namun ketika anda melakukan format memori melalui computer, seringkali akan muncul masalah yang tidak diinginkan oleh anda. Namun tenang saja, banyak cara yang bisa anda lakukan untuk mengatasi hal tersebut. Berikut ini beberapa cara yang bisa anda gunakan untuk memformat kartu memori melalui computer.

1. Format Melalui Computer Management

Nah cara pertama ini merupakan sebuah solusi jika anda mengalami masalah ketika melakukan format kartu memori secara langsung di windows explorer namun gagal. Anda bisa melakukan cara ini, berikut ini langkah-langkah untuk memformat kartu memori melalui computer management :
  • Pertama hubungkan terlebih dahulu kartu memori yang akan di format ke computer atau laptop.
  • Setelah itu masuk ke my computer lalu klik kanan pada menu my computer tersebut.
  • Lalu pilih manage, kemudian klik menu disk Management yang biasanya ada di menu storage.
  • Maka anda akan melihat beberapa disk yang terhubung dengan computer tersebut.
  • Lalu klik kanan pada micro sd kemudian pilih format.
  • Tunggu hingga proses format selesai.


2. Format Melalui Disk Management

Cara selanjutnya yang bisa anda coba lakukan untuk memformat kartu memori melalui computer ialah melalui disk management. Berikut ini langkah-langkah untuk melakukan format micro sd melalui disk management :
  • Pertama hubungkan micro sd ke computer.
  • Lalu tekan ikon windows + R pada keyboard.
  • Lalu ketikkan diskmgmt.msc kemudian enter.
  • Maka akan muncul beberapa disk yang terhubung.
  • Kemudian pilih micro sd lalu klik format untuk melakukan proses memformat.


Akhir Kata

Sekian informasi mengenai cara mengatasi kartu memori yang tidak bisa di format. Semoga artikel ini bermanfaat bagi anda. Thank you and see u next time !

Naufal Taufiq Ridwan
Naufal Taufiq Ridwan Menuju tak terbatas dan melampauinya. Ikuti saya di instagram @yaelahfal_

Posting Komentar untuk "Cara Memformat Micro SD melalui Komputer"