Cara Mengatasi Windows Script Disable pada komputer


Cara Mengatasi Windows Script Disable - Ketika anda sedang menggunakan komputer, pastinya anda pernah mengelami beberapa masalah. Salah satu masalah yang biasanya sering ditemui oleh banyak orang ialah Windows script access is disabled. Masalah tersebut merupakan salah satu masalah yang paling sering dialami orang dan msalah tersebut berkaitan dengan Windows Script Host.

Cara Mengatasi Windows Script Disable

Windows Script Host merupakan salah satu fitur bawaan Microsoft yang berfungsi menjalankan script vb maupun java yang ada di komputer anda. Jika windows script host ini aktif, maka akan memungkinkan bagi system untuk menjalankan sejumlah proses pada windows melalui script seperti jaringan drive dan lain sebagainya.

Pada kesempatam kali ini IT Smurf akan memberitahu cara mengatasi windows script access is disabled on this machine. Ketika anda mengalami masalah windows script access disable, mungkin windows script host anda dalam keadaan disable atau mati. Nah untuk mengatasi masalah tersebut sangatlah mudah dan bisa dilakukan oleh siapa saja.

Error message windows script access disabled menandakan bahwa wndows script host komputer anda dalam keadaan disable atau keadaan mati. Windows script host menjadi keadaan disabled biasanya dikarenakan penggunaan antivirus ataupun disebabkan oleh hal lainnya. Jika anda ingin menyelesaikan windows script access disable, anda bisa membaca artikel ini hingga akhir. Sehingga anda akan menegtahui cara untuk mengatasi windows script host error.

Cara Mengatasi Windows Script Access Disable pada Komputer

Windows script host sendiri merupakan salah satu teknologi yang mampu melakukan scripting seperti file batch, namun windows script host lebih memiliki banyak fitur. Untuk mengatasi masalah ini anda bisa melakukan beberapa cara yaitu melalui regedit ataupun melalui antivirus smadav jika anda menggunakan antivirus smadav. Berikut ini langkah beserta penjelasa untuk mengatasi windows script access disable.

1. Melalui Regedit

Anda bisa mengatasi permasalah ini melalui regedit. Berikut ini langkah-langkah untuk mengatasi windows script access disable melalui regedit :
  • Pertama, buka regedit etrlebih dahulu dengan cara menekan ikon windows + R pada keyboard. Lalu ketik regedit kemudian enter.
  • Setelah regedit terbuka, selanjutnya buka alamat berikut ini HKEY_LOCAL-MACHINE/SOFTWARE/Microsoft/Windows Script Host/Settings.
  • Klik kanan pada menu settings, lalu pilih new.
  • Kemudian pilih dword(32) bit value.
  • Selanjutnya beri nama enabled.
  • Lalu klik kanan pada nama enabled tersebut, lalu klik modify.
  • Pada value data, ganti 0 menjadi 1. Setelah semua selesai di atur, restart komputer anda.


2. Melalui Smadav

Jika anda pengguna smadav, anda bisa mengikuti langkah-langkah berikut ini untuk mengatasi windows script access disable :
  • Klik tanda panah yang berada di pojok kanan taskbar.
  • Lalu klik kanan pada ikon smadav, maka akan muncul beberapa pilihan.
  • Selanjutnya pilih allow windows script & Macro forever.
  • Jika muncul notifikasi, klik saja ok.
  • Terakhir, anda bisa merestart komputer milik anda.


Jika anda tidak menggunakan smadav, anda bisa melakukan cara yang pertama yaiatu melalui regedit. Walaupun cara yang pertama agak sedikit rumit, namun cara tersebut sangatlah ampuh.

Akhir Kata

Sekian informasi mengenai cara mengatasi windows script accessdisabled pada komputer. Bagikan artikel ini kepada teman anda, agar teman anda juga mengetahui cara mengatasi windows script host error. Thank u and see u next time !

Naufal Taufiq Ridwan
Naufal Taufiq Ridwan Menuju tak terbatas dan melampauinya. Ikuti saya di instagram @yaelahfal_

Posting Komentar untuk "Cara Mengatasi Windows Script Disable pada komputer"