Cara Menyembunyikan Aplikasi di Iphone


Cara Menyembunyikan Aplikasi di Iphone - Menyembunyikan aplikasi dari layar smartphone merupakan salah satu pilihan untuk menjaga privasi anda. Bagi anda pengguna iphone, anda juga bisa menyembunyikan aplikasi dari layar utama iphone. Sehingga aplikasi tersebut tidak bisa dilihat oleh sembarang orang. Dengan begitu privasi anda akan lebih terjaga.

Cara Menyembunyikan Aplikasi di Iphone

Biasanya orang akan menyembunyikan aplikasi dari layar utama seperti aplikasi chatting, keuangan, game dan lainnya. Karena mereka tidak mau orang jahil atau orang lain membukanya. Bersyukur di zaman sekarang hamper semua smartphone dapat menyembunyikan aplikasi dari layar utama. Salah satunya smartphone iphone.

Pada kesempatan kali ini IT Smurf akan memberitahu cara menyembunyikan aplikasi iphone dengan mudah. Terdapat dua cara yang bisa anda lakukan untuk menyembunyikan aplikasi dari layar utama iphone. Karena iphone sendiri sudah memberikan fitur yang bernama fitur restrictions dan juga Dock Iphone. Kedua fitur tersebut merupakan upaya untuk menyembunyikan aplikasi dari layar utama iphone.

Jika anda ingin menyembunyikan aplikasi di iphone, anda bisa memnyimak artikel ini hingga akhir. Sehingga anda tidak akan kebingungan lagi. Jika ada pertanyaan mengenai cara dibawah, anda bisa tanyakan di kolom komentar.

Cara Menyembunyikan Aplikasi di Iphone

Seperti yang sudah IT Smurf bilang sebelumnya, bahwa terdapat dua cara berbeda yang dapat anda lakukan untuk menyembunyikanaplikasi di iphone yaitu menggunakan fitur restrictions dan memindahkan aplikasi ke dock iphone. Berikut ini penjelasan beserta langkah-langkah dari kedua langkah tersebut.

1. Menggunakan Fitur Restrictions

Fitur ini merupakan fitur bawaan iphone sendiri. Dengan fitur ini anda bisa melakukan proteksi dan pembatasan pada aplikasi yang anda inginkan. Berikut ini langkah-langkah untuk menyembunyikan aplikasi di iphone dengan mudah :
  • Pertama, buka aplikasi pengaturan  atau setings.
  • Kemudian pilih menu umum atau general.
  • Selanjutnya cari dan tap menu pembatasan.
  • Kemudian aktifkan opsi pembatasan dengan cara mengkliknya.
  • Jika anda pertama kali mengaktifkan fitur ini, maka anda akan diminta untuk mengisi password ataupun pin. Isiskan password yang anda inginkan.
  • Jika berhasil maka akan tampil beberapa aplikasi yang bisa anda sembunyikan.
  • Lalu nonaktifkan aplikasi tersebut dengan cara menekan toogle hingga berubah menjadi berwarna abu-abu yang menandakan sudah nonaktif.


Perlu diketahui, aplikasi yang anda sembunyikan tidak akan tampil sebelum anda mematikan fitur restrictions tersebut. Maka dari itu, jika anda ingin menggunakan aplikasi yang sudah disembunyikan, maka anda harus menonaktifkan future restrictions terlebih dahulu.

2. Memindahkan Aplikasi ke bagian Dock Iphone

Cara kedua ini sangat mudah untuk dilakukan dan bisa dibilang cara yang paling efektif untuk diterapkan. Berikut ini langkah-langkah untuk memindahkan aplikasi ke bagian dock iphone :
  • Pertama, pastikan layar utama anda sudah penuh dengan aplikasi-aplikasi yang anda miliki. Pada bagian dock bawah juga pastikan penuh dan tidak area kosong lagi.
  • Untuk aplikasi yang ingin anda sembunyikan, bisa anda taruh dilayar yang berbeda jangan di layar utama.
  • Kemudian tekan lama pada aplikasi yang ingin anda sembunyikan lalu Tarik ke layar utama layaknya membuat grup folder baru.
  • Tekan aplikasi tersebut dan jangan dilepas hingga beberapa detik.
  • Kemudian Tarik kebagian bawah dock iphone. Dengan begitu aplikasi akan menghilang dari layar.


Untuk membukanya anda hanya perlu membuka bagian Tab Pencarian Spotlight dengan cara swipe ke bagian home screen. Kemudian ketikkan nama aplikasi yang sudah disembunyikan yang ingin anda gunakan.

Akhir Kata

Sekian informasi mengenai cara menyembunyikan aplikasi diiphone dengan mudah. Semoga artikel ini bermanfaat. Thank u and see u next time !

Naufal Taufiq Ridwan
Naufal Taufiq Ridwan Menuju tak terbatas dan melampauinya. Ikuti saya di instagram @yaelahfal_

Posting Komentar untuk "Cara Menyembunyikan Aplikasi di Iphone"