Cara Memperbaiki Laptop yang Tidak Bisa Connect Wifi

Cara Memperbaiki Laptop yang Tidak Bisa Connect Wifi - Wifi sudah menjadi salah satu akses internet yang paling sering digunakan oleh banyak orang. Karena dengan wifi, kita bisa menggunakan koneksi secar bersamaan bahkan wifi juga bisa digunakan untuk mentransfer file kepada sesame pengguna wifi tersebut.

Cara Memperbaiki Laptop yang Tidak Bisa Connect Wifi

Wifi juga digunakan sebagai akses internet, karena wifi memiliki harga yang lebih murah jika dibandingkan menggunakan internet yang disediakan oleh provider simcard. Wifi biasanya bisa anda temukan di banyak tempat umum seperti café, mall, sekolah, kampus dan tempat umum lainnya. Karena biasanya orang-orang yang datang ke tempat tersebut membutuhkan akses internet dalam jumlah besar seperti untuk mendonwload, bekerja dan lain sebagainya.

Jika anda sering menggunakan wifi, anda pasti harus melakukan koneksi terlebih dahulu bukan ? lalu bagaimana dengan laptop yang tidak bisa connect dengan wifi ? tenang saja, sebenarnya anda bisa melakukan beberapa cara untuk mengkoneksikan laptop atau komputer anda dengan wifi tersebut.

Pada artikel kali ini IT Smurf akan memberitahu cara memperbaiki laptop yang tidak bisa connect wifi dengan mudah. Baca artikel ini hingga akhir supaya anda mengetahui cara memperbaiki laptop yang tidak bisa connect wifi.

Cara Memperbaiki Laptop yang Tidak Bisa Connect Wifi

Jika tiba-tiba laptop anda tidak bisa terhubung dengan wifi, maka anda harus melakukan pengaturan jaringan internet terlebih dahulu. Berikut ini beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk mengatasi laptop yang tidak bisa connect wifi.

1. Lakukan Pengaturan Jaringan

Biasanya masalah inin disebabkan oleh settingan internet yang salah. Maka dari itu anda harus melakukan pengaturan ulang agar laptop anda bisa connect wifi. Berikut ini langkah-langkahnya :
  • Pertama, klik kanan pada icon wifi yang berada dibagian kanan bawah. Lalu pilih open network and sharing center.
  • Selanjutnya pilih change adapter settings yang berada dibagian kiri atas.
  • Lalu pilih adapter wifi yang anda gunakan, lalu klik kanan dan pilih properties.
  • Klik 2x pada bagian internet protocol (TCP/IPv4) untuk masuk ke pengaturan.
  • Lalu pilih opsi Obtain and IP Address automatically dan Obtain DNS Server Automatically. Opsi ini akan membuat adapter wifi menemukan ip secara otomatis.
  • Lalu klik ok untuk menyimpan pengaturan tersebut.


2. Mengatasi Limited Access pada Wifi

Jika anda melihat pesan limited access pada wifi kompurter atau laptop anda,maka anda tidak bisa melakukan aktivitas internet apapun karena anda dibatasi. Untuk mengatasi masalah wifi limited access, anda bisa melakukan langkah – langkah berikut ini :
Pertama masuk ke Control Panel dengan cara menekan ikon windows + R lalu ketik control panel kemudian enter.
Lalu piilih menu Network and Sharing Center, kemudian pilih manage wireless network.
Kemudian hapus semau cache yang ada dengan cara mengklik tombol remove. Dengan begitu masalah limited access akan terselesaikan.

3. Mengatasi Unidentified pada Wifi

Selain limted acces, ada juga pesan lain yang biasanya muncul pada wifi yaitu unidentified. Biasanya hal ini disebabkan oleh jaringan yang tidak memiliki ip atau dns server. Maka anda hanya perlu melakukan connect dan disconnect saja pada wifi tersebut hingga pesan unidentified tersebut hilang. Jika sudah melakukan reconnect dan pesan unidentified hilang, selanjutnya coba melakukan aktivitas internet untuk memastikan anda sudah benar-benar terhubung.

Akhir Kata

Sekian nformasi mengenai cara mengatasi Laptop yang tidakbisa connect wifi. Bagikan artikel ini kepada teman anda agar teman anda juga mengetahui cara mengatasi laptop yang tidak bisa connect wifi. Thank u and see u next time !

Naufal Taufiq Ridwan
Naufal Taufiq Ridwan Menuju tak terbatas dan melampauinya. Ikuti saya di instagram @yaelahfal_

Posting Komentar untuk "Cara Memperbaiki Laptop yang Tidak Bisa Connect Wifi"