Pengertian dan Fungsi NFC yang Perlu Diketahui


Pengertian dan Fungsi NFC yang Perlu Diketahui - Semakin berjalannya waktu, teknologi terus mengalami perkembangan yang sangat cepat. Dengan semakin berkembangnya teknologi, aktivitas manusia menjadi semakin mudah karena terbantu oleh teknologi. Kemudahan tersebut bisa kita rasakan seperti pembayaran yang sangat mudah, memesan ojek dengan mudah, berbagi file, dan masih banyak lainnya.

Pengertian dan Fungsi NFC yang Perlu Diketahui

Untuk dapat merasakan kemudahan tersebut tentunya kita harus memiliki teknologi tersebut. Salah satu teknologi yang hamper dimiliki oleh banyak orang yaitu Bluetooth. Hampir semua smartphone memiliki Bluetooth yang biasa kita gunakan untuk mengirim file, menggunakan earphone wireless dan lain sebagainya.

Seiring berkembangnya teknologi, kini telah hadir teknologi yang bisa dibilang lebih canggih daripada Bluetooth yaitu NFC. NFC merupakan salah satu teknologi yang cara kerjanya mirip dengan Bluetooth. Jadi selain menggunakan Bluetooth untuk mentransfer file, anda juga bisa menggunakan NFC untuk mentransfer file. Namun anda juga perlu memiliki teknologi ini yang harusnya sudah dimiliki berbagai macam perangkat seperti smartphone kelas menengah ke atas.

Pada kesempatan kali ini IT Smurf akan memberitahu pengertian serta fungsi NFC. Dengan mengetahui pengertian dan juga fungsi NFC, diharapkan anda bisa menggunakan NFC ini sebagaimana mestinya. Bagi anda yang ingin tahu lebih lanjut mengenai NFC, baca artikel ini hingga akhir ya sob. . .

Pengertian NFC

NFC adalah kependekan dari Near Field Communication. Cara kerja NFC hamper mirip dengan Bluetooth, hanya saja kegunaan NFC lebih banyak jika dibandingkan dengan Bluetooth. Selain untuk mengirim file, NFC juga bisa digunakan untuk alat pembayaran, dan bahkan sudah ada yang mengembangkan untuk alat absen.

NFC memiliki sifat magnetis khusus yang dapat menembus sebuah konduktor dan bisa mengembalikan gelombang yang dihantarkan. Jangkauan NFC sangatlah pendek hanya beberapa cm saja, berbeda dengan Bluetooth yang mampu menjangkau hingga jarak 10 meter jika tidak terhalang apapun.

Fungsi NFC

Seperti yang IT Smurf jelaskan sebelumnya, fungsi NFC ialah hampir sama dengan Bluetooth yaitu untuk mentransfer file. Namun itu hanya salah satu fungsi saja, masih banyak fungsi lain dari NFC itu sendiri. Berikut ini beberapa fungsi NFC yang perlu anda ketahui.

1. Melakukan Pembayaran

Di zaman ini sudah sangat popular dengan yang namanya dompet digital.  Salah satu dompet digital yang paling sering digunakan dan dimilki oleh banyak orang ialah e-money. E-money merupakan salah satu alat pembayaran yang bentuknya mirip dengan atm dan sudah menggunakan NFC. Dengan begitu, anda hanya perlu menempelkan kartu tersebut ke mesin pembayaran saja.

2. Membuka Aplikasi Secara Otomatis

Sudah banyak teknologi yang menggunakan teknologi. NFC juga bisa digunakan ntuk mempermudha kita untuk membuka aplikasi. Hanya perlu menempelkan NFC tag, maka aplikasi akan terbuka. Namun masih sedikit orang yang menggunakannya.

3. Mempermudah Tugas Anda

Dengan NFC, anda bisa memprogram sebuah NFC tag untuk tujuan tertentu. Setelah NFC tag di program, anda hanya perlu tap NFC tag tersebut untuk menjalankan tugasnya. Misalkan saja mengirim email kebanyak orang. Maka anda bisa memprogram NFC tag untuk melakukan tugas tersebut.

4. Memberitahu Posisi Suatu Tempat

Pertama kali NFC diluncurkan, banyak orang yang menggunakan teknologi ini untuk aplikasi checkin tempat dengan menggunakan system Location Based Service.

Akhir Kata

Sekian informasi mengenai pengertian serta fungsi NFC. Semoga informasi ini bermanfaat bagi anda. Bagikan artikel ini jika artikel ini bermanfaat. Thank you and see you next time !

Naufal Taufiq Ridwan
Naufal Taufiq Ridwan Menuju tak terbatas dan melampauinya. Ikuti saya di instagram @yaelahfal_

Posting Komentar untuk "Pengertian dan Fungsi NFC yang Perlu Diketahui"