Pengertian dan Fungsi Search Engine


Pengertian dan Fungsi Search Engine - Google merupakan salah satu perusahaan yang sudah terkenal. Salah satu produk google ialah search engine miliknya yang bernama google search engine. Awalnya google hanya memiliki produk yaitu search engine saja. Namun setelah berkembang google menjadi sebuah perusahaan yang maju.

Pengertian dan Fungsi Search Engine

Search engine bukan hanya google saja, namun masih banyak search engine lain yang belum anda ketahui seperti bing, yandex, duck duck go, dan masih banyak search engine lainnya selain google search engine. Pasti kalian sudah sangat sering menggunakan search engine untuk berbagai keperluan terutama searching.

Pada kesempatan kali ini IT Smurf akan memberitahu pengertian dan fungsi search engine. Sehingga kalian juga tahu persis mengenai search engine dan bisa menggunakannya dengan bijak. Bagi anda yang ingin lebih tahu mengenai apa itu search engine, anda harus membaca artikel ini hingga akhir ya.

Pengertian Search Engine

Secara sederhana search engine dapat diartikan sebuah mesin pencari yang dapat mencari sesuatu di internet. Search engine akan mencari informasi yang anda minta sesuai dengan kata kunci yang anda inginkan. Search engine tersebut akan mencocokan kata kunci yang anda masukan dengan semua informasi yang ada di database mereka.

Berbagai algoritma pencarian terus dikembangkan dan diperbarui. Sehingga hasil pencarian akan lebih cocok dan sesuai dengan yang diinginkan oleh pengguna. Semakin baik algoritma yang dipakai oleh search engine, maka semakin baik dan sesuai hasil pencarian dari suatu search engine.

Search engine sebenarnya adalah sebuah mesin pencarian yang digunakan untuk mencari informasi yang ada di dinternet , khususnya yang ada di halaman website yang ditampilkan sebagai ringkasan data yang direkomendasikan yang sesuai dengan kata kunci.

Fungsi Search Engine

Setelah anda mengetahui apa itu search engine, IT Smurf selanjutnya akan memberitahu fungsi atau kegunaan dari search engine. Berikut ini beberapa fungsi search engine yang perlu anda ketahui.

1. Mengindeks Konten Sebuah Website

Search engine akan mengindeks dan mengambil data yang ada di suatu website lalu menyimpannya dalam database mereka. Search engine akan menggunakan bot yang bertugas mengambil dan merayapi semua konten website yang ada di internet. Untuk google sendiri sekarang sudah mengindeks hampir 130 triliun website. Tentu semakin banyak website yang mereka indeks, semakin banyak juga informasi yang bisa mereka tampilkan.

2. Mencari Informasi yang Diminta Pengguna

Setelah memiliki triliunan website dalam database. Search engine bertugas untuk mencarikan informasi yang sesuai dan relevan dengan kata kunci yang dimasukkan oleh pengguna. Sehingga pengguna akan mendaptkan informasi yang di inginkannya.

3. Sebagai Media Pengiklan

Karena banyak yang menggunakan search engine, biasanya search engine juga akan menjadi media iklan. Biasanya para web developer akan mengiklankan website mereka untuk bisa tampil di posisi teratas di halaman pertama pencarian. Dengan begitu bisa dibilang search engine juga bisa digunakan sebagai media pengikklan.

4. Mempermudah Manusia

Dengan adanya search engine, kita akan sangat mudah untuk mencari informasi yang kita mau. Hanya perlu memasukkan kata kunci saja, maka informasi akan muncul. Search engine memang sangat membantu kita dalam menjalankan aktivitas sehari-hari.

Akhir Kata

Sekian informasi mengenai pengertian dan fungsi search engine. Semoga artikel ini bermanfaat bagi anda.bagikan artikel ini kepada teman anda, agar teman anda juga mengetahui pengertian serta fungsi search engine. Thank you and see you next time !

Naufal Taufiq Ridwan
Naufal Taufiq Ridwan Menuju tak terbatas dan melampauinya. Ikuti saya di instagram @yaelahfal_

Posting Komentar untuk "Pengertian dan Fungsi Search Engine"