Cara compress video dengan Mudah


Cara compress video dengan Mudah - Memiliki dan mengoleksi video memang menjadi hal yang keren. Karena kita bisa menonton video-video yang sudah dikoleksi pada waktu kosong. Apalagi kalu menonton video secara ramai-ramai bersama teman. Tentunya dengan menonton video bisa menghilangkan rasa bosan yang kita rasakan.

Cara compress video dengan Mudah

Mengoleksi film di laptop atauu komputer bisa saja menjadi suatu hobi. Namun ketika anda mengoleksi banyak film pada laptop atau komputer, anda akan merasakan masalah yaitu kapasitas penyimpanan yang kurang. Karena menyimpan banyak video sangat membutuhkan kapasitas penyimpanan memori yang banyak.

Pada kesempatan kali ini IT Smurf akan memberitahu cara mengkompres video dengan mudah. Video sendiri merupakan file yang memiliki format .mp4, .3gp, .mkv dan format lainnnya. Video termasuk salah satu jenis file yang memiliki ukuran besar. Ukuran video bisa sampai bergiga-giga byte yang tentunya akan menjadi masalah dalam penyimpanan.

Namun tenang saja, IT Smurf akan memberitahu cara mengkompres video dengan mudah. Banyak orang mencari cara untuk menyelesaikan masalah penyimpanan yang mereka alami. Salah satu cara yang bisa dilakukan ialah dengan mengkompres video tersebut. Dengan mengkompresnya, video tersebut akan memiliki ukuran yang lebih kecil dengan kualitas video yang sama.

Cara Mengecilkan Ukuran Video Tanpa Mengurangi Kualitas

Nah terdapat dua cara yang bisa anda lakukan untuk mengecilkan ukuran video yang biasa disebut kompres video yaitu dengan cara online dan juga dengan cara offline. Bagi anda yang ingin mengkompres video, anda harus membaca artikel ini hingga akhir ya sob . . .

1. Mengkompres Video Secara Offline di PC

Banyak sekali software yang bisa anda gunakan untuk mengkompres video. Salah satu software yang IT Smurf rekomendasikan ialah software handbrake. Software Handbrake ini support di berbagai system operasi seperti windows, linux dan juga mac os. Berikut ini langkah-langkah untuk mengkompres video menggunakan software Handbrake dengan mudah :
  • Pertama download dan install software Handbrake terlebih dahulu menggunakan link berikut https://handbrake.fr/downloads.php.
  • Jika software tersebut sudah di download dan sudah terinstall, buka aplikasi tersebut kemudian masukan video yang akan anda kompres dengan cara klik source yang ada dibagian pojok kiri atas, lalu pilih file.
  • Lalu klik browser kemudian cari video yang akan anda kompres.
  • Setelah video berhasil ditambahkan, selanjutnya atur settingan output sesuai dengan yang anda inginkan. Settingan output akan sangat mempengaruhi video yang dihasilkan.
  • Jika sudah selesai mengatur output, klik tombol start untuk mulai mengkompress video. Tunggu hingga proses selesai.
  •  

2. Mengkompres Video Secara Online

Cara kedua ini memerlukan konektivitas internet karena bersifat online. Anda bisa menggunakan web browser seperti google chrome atau Mozilla firefox untuk melakukan cara ini. Berikut ini cara mengkompres video secara online dengan mudah :
  • Pertama, buka https://www.youcompress.com/ pada web browser yang anda miliki.
  • Lalu masukkan video yang akan anda kompres dengan cara mengklik atau drag pada kolom yang sudah disediakan.
  • Kemudian klik upload file & compress.
  • Tunggu hingga proses selesai. Jika sudah selesai, klik tombol download untuk menyimpan video yang telah di kompres.


Akhir Kata

Sekian cara mengkompres video dengan mudah. Kami menyarankan anda menggunakan cara yang pertama jika anda tidak menggunakan wifi. Karena dengan menggunakan cara kedua sangatlah boros kuota. Semoga artikel ini bermanfaat bagi anda. Thank you and see you next time !


Naufal Taufiq Ridwan
Naufal Taufiq Ridwan Menuju tak terbatas dan melampauinya. Ikuti saya di instagram @yaelahfal_

Posting Komentar untuk "Cara compress video dengan Mudah"