Pengertian dan Fungsi Web Browser yang Perlu Anda Ketahui


Pengertian dan Fungsi Web Browser yang Perlu Anda Ketahui - Anda pasti sudah tidak asing lagi dengan yang namanya google chrome, Mozilla firefox, safari, opera mini, uc browser dan lainnya, itulah yang dinamai web browser. Kita sangat sering menggunakan web browser dalam aktivitas sehari-hari seperti untuk searching, membuka facebook, twitter dan aktivitas lainnya.

Pengertian dan Fungsi Web Browser yang Perlu Anda Ketahui

Dengan adanya web browser, sangat memudahkan kita dalam mencari dan mendapatkan suatu informasi tertentu. Karena kita bisa mengakses berbagai informasi dengan mudah dan cepat. Namun apakah anda sudah tahu persis apa itu web browser ? hal ini perlu anda ketahui sebagai generasi milenial.

Pada kesempatan kali ini IT Smurf akan memberitahu pengertian serta fungsi dari web browser. Sehingga anda juga mengetahui web browser yang sebenarnya dan bisa menggunakan web browser sesuai dengan fungsinya.

Pengertian Web Browser

Browser adalah sebuah program yang dibuat untuk menjelajah, mengambil dan menyajikan berbagai konten yang berasal dari berbagai sumber yang ada di internet. Web browser berasal dari kata web dan juga browser, web yang berarti website sedangkan browser merupakan media penjelajahnya. Jadi dapat disimpulkan bahwa web browser adalah alat untuk menjelajah halaman website yang ada di internet.

Web browser dapat mengambil berbagai jenis konten seperti tulisan, gambar, video, audio ataupun konten lainnya yang terdapat di internet. Dengan web browser memungkinkan anda untuk mengambil dan menjelajah berbagai konten yang bada di internet.

Fungsi Web Browser

Jika anda sering menggunakan web browser, pasti dalam pikiran anda fungsinya yaitu untuk membuka website. Namun sebenarnya ada fungsi lain dari web browser tersebut. Berikut ini beberapa fungsi dari web browser.

1. Membuka Halaman Website

Fungsi yang pertama ini pasti sering anda gunakan bukan ? ya fungsi pertama dari web browser ialah untuk membuka dan mengakses halaman website yang ada di internet. Dengan adanya browser, anda bisa langsung membuka halaman website yang ingin anda tuju dengan cepat dan mudah.

2. Memastikan Keamanan Suatu Website

Web browser juga berfungsi untuk mengamankan para penggunanya ketika sedang berselancar di internet. Karena hampir semua web browser melakukan verifikasi terhadap semua website yang akan di akses oleh penguna untuk mencegah adanya malware ataupun virus pada website tersebut. Hal ini karena ada banyak website yang terkena malware ataupun sengaja dipasang malware untuk mencuri data pengguna yang mengunjungi website tersebut.

3. Mengumpulkan Data dan Memaksimalkan Tampilan

Web browser juga berfungsi untuk mengumpulkan dan memaksimalkan tampilan dari suatu halaman website. Sehingga anda akan mendapatkan konten yang lengkap dan juga tampilan halaman website yang maksimal dan responsive. Web browser dapat mengumpulkan berbagai konten seperti foto, audio, video, dan konten lainnya.

4. Mendukung Penggunaan Mesin Pencari

Mesin pencari dan web browser merupakan dua hal yang tidak bisa dipisahkan karena keduanya saling membutuhkan. Didalam web browser pasti ada salah satu atau beberapa search engine yang berfungsi sebagi pencari di web browser tersebut. Biasanya anda bisa mengkustomisasi search engine apa yang akan anda gunakan pada web browser yang anda pakai.

Manfaat Web Browser

Dari penjelasan diatas dapat dismpulkan beberapa manfaat yang terdapat di web browser yaitu :
  • Memudahkan para pengguna web browser untuk mengkases informasi di internet.
  • Membantu pengguna untuk menampilkan berbagai macam konten yang ada di internet atau suatu website.
  • Dan masih banyak lainnya.


Akhir Kata

Sekian informasi mengenai pengertian dan juga fungsi web browser. Semoga artikel ini bermanfaat bagi anda. Bagikan artikel ini kepada teman anda, agar teman anda juga mengetahui informasi mengenai pengertian dan fungsi web browser. Thank you and see you next time !

Naufal Taufiq Ridwan
Naufal Taufiq Ridwan Menuju tak terbatas dan melampauinya. Ikuti saya di instagram @yaelahfal_

Posting Komentar untuk "Pengertian dan Fungsi Web Browser yang Perlu Anda Ketahui"