Cara screenshot pada laptop dan komputer dengan mudah


Cara screenshot pada laptop dan komputer dengan mudah - Screenshot atau screen capture merupakan sebuah cara untuk mengambil suatu  gambar yang ditampilkan oleh layar laptop atau komputer. Banyak orang yang belum mengetahui cara melakukan screenshot pada laptop, kebanyakan orang hanya mengetahui cara screenshot di hp saja.

Cara screenshot pada laptop dan komputer dengan mudah

Sebenarnya untuk melakukan screenshot d laptop atau komputer sangat mudah. Anda dapat menggunakan tombol yang sudah disediakan untuk screenshot atau juga bisa menggunakan bantuan aplikasi untuk melakukan screenshot. Jika anda ingin mengetahui cara melakukan screenshot pada laptop, anda tepat sekali membaca artikel ini.

Pada kesempatan kali ini IT Smurf akan memberitahu cara melakukan screenshot pada laptop atau komputer dengan mudah. Banyak sekali cara yang bisa anda lakukan untuk mengambil screenshot pada laptop dan komputer ini. Pada artikel ini IT Smurf akan menjelaskan cara mengambil screenshot  pada laptop menggunakan aplikasi atau tanpa aplikasi.

Cara Melakukan Screenshot di Laptop atau Komputer

Pada artikel ini kami IT Smurf akan menjelaskan secara lengkap cara screenshot pada laptop dengan cara menggunakan bantuan aplikasi atau tanpa aplikasi. Berikut ini beberapa acara yang bisa anda lakukan untuk mengambil screenshot di laptop atau komputer.

1. Menggunakan Tombol Printscreen

Cara ini tergolong sangat mudah, berikut ini langkah-langkah melakukan screenshot menggunakan tombol print screen :
  • Pertama, buka halaman layar yang akan anda screenshot.
  • Jika sudah, tekan tombol Printscreen atau PrtSc SysRq yang biasanya ada di dekat tombol backspace atau delete dibagian pojok kanan atas keyboard. Memang anda tidak akan melihat respon apa-apa, namun sebenarnya komputer sudah mengambil screenshot.
  • Kemudian buka aplikasi pengolah gambar bawaan windows yaitu paint.
  • Jika sudah terbuka, paste hasil screenshot tadi denagn cara menekan tombol ctrl + V.
  • Maka anda akan melihat gambar hasil screenshot, jika benar itu gambar yang anda inginkan silahkan simpan gambar tersebut.


Selain menekan tombol Print screen saja, terdapat beberapa laptop atau komputer yang mengharuskan anda menggunakan kombinasi tombol untuk mengambil screenshot seperti alt + Printscreen, ctrl + Print screen dan juga Windows + Printscreen. Namun jika anda menggunakan kombinasi tombol windows + printscreen, anda tidak perlu lagi melakukan paste hasil screenshot, karena ketika anda mneggunakan kombinasi tombol tersebut, layar komputer atau laptop anda akan berkedip dan hasil screenshot akan otomasti disimpan di Folder Pictures > Screenshot.

2. Menggunakan Aplikasi

Banyak sekali aplikasi yang dapat membantu anda untuk mengambil screenshot di laptop atau komputer, namun kami IT Smurf akan memberitahu salah satu aplikasi saja yaitu lightshot. Aplikasi lighshot ini sangat mudah untuk digunakan. Berikut ini langkah-langkah untuk mengambil screenshot menggunakan aplikasi bantuan lightshot dengan mudah :
  • Pertama download dan install terlebih dahulu aplikasi lightshot. Anda bisa mendownload aplikasi lightshot disini.
  • Jika sudah terinstall, maka aplikasi ini sudah otomatis berjalan dengan otomatis.
  • Jika anda ingin melakukan screenshot, anda hanya perlu menekan tombol Printscreen, lalu seleksi area yang ingin anda screenshot.
  • Lalu pilih tools sesuai dengan kebutuhan yang anda perlukan.


Sebenarnya masih banyak aplikasi yang bisa anda gunakan untuk membantu pengambilan screenshot pada laptop atau komputer. Namun aplikasi tersebutlah yang IT Smurf rekomendasikan untuk anda.

Akhir Kata

Sekian informasi mengenai cara melakukan screenshot dilaptop atau komputer menggunakan aplikasi dan tanpa aplikasi dengan mudah. Semoga artikel ini bermanfaat bagi anda. Thank u and see u next time !

Naufal Taufiq Ridwan
Naufal Taufiq Ridwan Menuju tak terbatas dan melampauinya. Ikuti saya di instagram @yaelahfal_

Posting Komentar untuk "Cara screenshot pada laptop dan komputer dengan mudah"