Faktor besarnya ukuran video


Faktor besarnya ukuran video - Video merupakan salah satu jenis file yang memiliki ukuran yang sangat besar jika dibandingkan dengan jenis file lainnya. Satu file video ukurannya hingga bergiga-giga byte. ukuran file video ini dipengaruhi oleh durasi dan juga kualitas resolusi pada video. Semakin lama durasi video, maka semakin besar juga ukuran yang dimilikinya. Apalagi jika ditambah dengan resolusi video yang berkualitas seperti full hd 1080p atau bahkan 4k.

Faktor besarnya ukuran video

Ukuran file yang besar tentu saja akan menjadi masalah bagi orang-orang yang memiliki ruang penyimpanan yang sedikit. Maka dari itu banyak sekali orang yang mencari cara untuk mengatasi permasalahan ini. Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi masalah ini ialah dengan mengkompress file video tersebut. Dengan mengkompress file video, maka ukuran file tersebut akan lebih kecil djika dibandingkan dengan ukuran sebelum file tersebut dikompress.

Pada kesempatan kali ini IT Smurf akan memberitahu faktor-faktor penyebab besarnya ukuran file video. Banyak sekali hal yang menjadi faktor-faktor membengkaknya ukuran suatu file video. Jika anda ingin mengetahui apa saja faktor yang mempengaruhi ukuran file video, anda bisa membaca artikel ini hingga akhir. Yuk simak brooooo . . .

Faktor Besarnya Ukuran Video

Jika anda seorang video editor ataupun seorang kameramen atau hanya sebatas suka membuat video, anda harus mempelajari dan mengetahui hal apa saja yang mempengaruhi kualitas dan ukuran dari suatu video. Berikut ini beberapa hal yang mempengaruhi ukuran dan kualitas video yang perlu anda ketahui.

Frame Size

Frame size merupakan ukuran lebar dan tinggi dari suatu video. Biasanya satuan yang digunakan untuk menyatakan lebar dan tinggi frame suatu video ialah satuan pixel. Dari lebar dan tinggi frame size muncul lagi sebuahistilah yaitu aspect ratio. Aspect ratio adalah perbandingan antara lebar dan tinggi frame video.

Misalnya suatu video memiliki ukuran lebar 300 pixel dan memiliki tinggi 100 pixel. Maka frame sizenya ialah 300x100. Dan memiliki aspect ratio 3:1 yang merupakan hasil penyederhanaan 300:100. Begitulah cara menghitung frame size dan aspect ratio.

Dalam suatu video, frame size sangat mempengaruhi ketajaman dan kejernihan pada suatu video. Semakin besar framenya, maka akan semakin tajam dan jernih videonya. Biasanya frame size ini sering disebut juga resolusi.

Frame Rate

Video juga bisa dibilang merupakan kumpulan foto yang diambil secara urut. Nah, frame rate merupakan banyaknya gambar yang diambil dalam setiap detiknya. Semakin banyak gambar yang diambil, maka video tersebut akan terlihat lebih smooth.Frame rate memiliki satu fps atau frame per second. Pada umumnya terdapat 5 jenis fps yaitu 24, 25, 30, 50 dan 60. Semakin tinggi fps, maka ukuran file yang dimiliki suatu video akan semakin besar juga.

Codec

Codec merupakan singkatan dari compressor dan decompressor. Bisa dibilang codec inilah yang menjadi inti utama dalam suatu video. Tanpa adanya codec, video tidak akan bisa disimpan kedalam sebuah file. Codec ini sangat mempengaruhi ukuran dari suatu file video.

Bit Rate

Bit Rate juga sangat mempengaruhi ukuran suatu file video. Semakin tinggi bitrate, maka akan semakin besar juga ukuran video yang dimiliki. Bitrate merupakan ukuran kemampuan video untuk dapat diputar secara halus dan real time tanpa mengalami patah-patah atau lag.

Akhir Kata

Sekian informasi mengenai faktor-faktor yang mempengaruhi ukuran file video. Semoga artikel ini bermanfaat bagi anda. Thank u and see u next time broo!

Naufal Taufiq Ridwan
Naufal Taufiq Ridwan Menuju tak terbatas dan melampauinya. Ikuti saya di instagram @yaelahfal_

Posting Komentar untuk "Faktor besarnya ukuran video"