Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

4 Manfaat HRIS untuk Perkembangan Perusahaan

4 Manfaat HRIS untuk Perkembangan Perusahaan - HRIS dikenal sebagai salah satu sarana untuk memaksimalkan pengelolaan karyawan di suatu perusahaan melalui otomatisasi.  HRIS akan menampung semua informasi terkait karyawan dan akan mengolah, menyimpan, dan memproses informasi tersebut. 

4 Manfaat HRIS untuk Perkembangan Perusahaan

Berkat adanya bantuan dari HRIS, HRD pun dapat meningkatkan kinerja jauh lebih baik. Tugas yang bersifat periodik dan administratif seperti penggajian, rekap absensi, penilaian kinerja, dan lainnya bisa cepat selesai dengan akurat. 

Namun, ada manfaat lain dari HRIS yang akan dirasakan oleh perusahaan. Apa saja manfaat tersebut? 

Produktivitas Kerja Meningkat

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, penggunaan HRIS dapat meningkatkan kinerja HRD. Bagaimana bisa mempengaruhi produktivitas dan kinerja karyawan yang lain? 

Karena otomatisasi tugas yang bersifat administratif, HRD punya waktu lebih untuk menangani tugas lain yang membutuhkan analisis dan fokus mendalam. 

Contohnya adalah pengembangan dan pelatihan karyawan. HRIS mampu memfasilitasi Program pelatihan dan pengembangan yang bagus akan menghasilkan karyawan yang terampil.  HRD dapat memaksimalkan kinerja karyawan yang lain dan akan berpengaruh kepada produktivitas secara keseluruhan. 

Kedisiplinan Terjaga

Secara tidak langsung, adanya HRIS juga akan menjaga kedisiplinan kerja karyawan. Jadi, data kehadiran yang masuk melalui sistem absensi online dapat dipantau secara real time. Maka dari itu, HRD dapat melihat karyawan mana saja yang selalu datang terlambat dan datang tepat waktu. Nantinya HRD dapat menentukan akan menerapkan sanksi seperti apa untuk menindak karyawan yang tidak disiplin tersebut.

Komunikasi Lancar

Kunci dari kerja sama yang baik adalah kelancaran komunikasi. Adanya kehadiran HRIS dalam perusahaan ikut berperan untuk melancarkan komunikasi antar jajaran. Sebab, HRIS mampu memproses data kinerja karyawan menjadi suatu laporan komprehensif dan valid

Laporan tersebut akan dianalisis oleh tiap manajer di jajaran perusahaan. Dari laporan yang ada, manajer dapat mengkomunikasikan bagaimana perkembangan kinerja dan ekspektasi perusahaan kepada karyawan. Maka, akan terbentuk komunikasi dua arah antara karyawan dan perusahaan. 

LinovHR adalah contoh aplikasi HRIS yang mampu memproses dan mengolah laporan otomatis. Tampilan datanya pun dapat disesuaikan dengan kebutuhan user. 

Sense of Belonging Ikut Tumbuh 

Rasa kepemilikan atau sense of belonging adalah pembeda satu karyawan dengan karyawan yang lain. Karyawan dengan sense of belonging yang cukup tinggi memiliki kualitas kinerja yang unggul dibandingkan yang tidak. Karena karyawan tersebut mengerjakannya dengan sepenuh hati. Beda dengan karyawan yang hanya asal bekerja tanpa rasa kepemilikan. Karyawan dengan sense of belonging rendah cenderung bekerja asal-asalan.

HRIS akan meningkatkan sense of belonging melalui pengelolaan karyawan secara maksimal. Sementara HRD bisa memaksimalkan bagaimana cara membina engagement yang tinggi antara karyawan dan perusahaan. Karena pengelolaan karyawan berjalan lancar dan HRD juga dapat meningkatkan engagement karyawan, sense of belonging dari karyawan ikut tumbuh. 

Tidak hanya untuk memaksimalkan pengelolaan karyawan, implementasi HRIS pun pada akhirnya akan meningkatkan perkembangan perusahaan. Tentu saja hal ini merupakan aspek yang menguntungkan, bukan? Semoga ulasan di atas dapat menambah wawasan Anda! 

Posting Komentar untuk "4 Manfaat HRIS untuk Perkembangan Perusahaan"