Cara Memperbaiki Mesin Print Offline

Cara Memperbaiki Mesin Print Offline - Printer merupakan salah satu alat yang berfungsi untuk mencetak dokumen digital ataupun gambar pada kertas ataupun media lainnya. Printer sendiri sangat membantu pekerjaan, karena dengan adanya printer kita bisa mencetak dokumen yang sebelumnya sudah kita buat. Dengan begitu kita bisa melihatnya langsung tanpa perlu bantuan komputer ataupun smartphone.

Cara Memperbaiki Mesin Print Offline

Printer memiliki dua status yaitu offline dan juga online. Apabila status printer online, tandanya printer bisa digunakan tanpa ada masalah. Nah apabila status printer offline, maka tandanya anda tidak bisa menggunakan printer tersebut karena kondisi printer sedang tidak bagus dan tidak dapat mencetak. Namun anda tidak perlu khawatir akan hal tersebut.

Pada kesempatan kali ini IT Smurf akan memberitahu cara memperbaiki printer yang offline dengan mudah. Apabila printer milik anda mengalami offline, anda bisa melakukan beberapa cara agar printer tersebut bisa online kembali. Karena terdapat beberapa penyebab printer offline. Jika anda penasaran, anda bisa langsung membaca artikel ini hingga akhir.

Cara Memperbaiki Printer Offline

Sebelumnya anda harus mengetahui beberapa penyebab yang menjadikan status printer menjadi offline. Berikut ini beberapa penyebabnya.
  • Paper Jam
  • Out of Paper
  • Kabel Printer yang terganggu
  • Driver printer corrupt
Nah jika printer anda mengalami status offline, anda bisa melakukan beberapa cara berikut ini.

1. Membersihkan Kertas di Printer

Nah sebelum terlalu jauh untuk memperbaiki printer ke tempat service, sebaiknya anda cek terlebih dahulu apakah ada kertas yang nyangkut atau yang sering disebut paper jam. Karena jika ada kertas yang menyangkut di printer, maka anda tidak akan bisa melakukan print. 

Nah untuk mengambil kertasnya, terdapat dua cara yaitu menarik kertas tersebut atau membongkar printer untuk mengambil kertas yang nyangkut. Apabila kertas masih kondisi bagus tidak terlipat, anda bisa langsung menarik kertas tersebut secara perlahan. Namun apabila kondisi kertas sudah tertekuk tidak beraturan, maka anda harus membongkar printer tersebut untuk mengambil kertas yang menyangkut.

2. Mengecek Kabel Printer

Status offline pada printer bisa saja disebabkan oleh kabel yang tidak terhubung dengan baik. Bisa saja kabel penghubung antara printer dan komputer kondisinya tidak bagus. Sebaiknya jika anda merasa kabel printer sudah rusak, cepatlah mengganti kabel tersebut agar anda bisa melakukan percetakan lagi menggunakan printer.

3. Istirahatkan Printer

Sama seperti orang yang bekerja, mungkin saja printer yang anda gunakan tersebut lelah dan butuh istirahat. Jaga dan rawat printer anda apabila anda memang terlalu sering menggunakannya. Karena adakalanya printer untuk mendapatkan istirahat sejenak. Lakukan print secara bertahap dan jangan secara terus menerus, jika memang anda sering menggunakan printer untuk mencetak, sebaiknya anda memiliki 2 atau leih mesin print. Sehingga anda bisa melakukan print menggunakan beberapa mesin print agar tugas mesin print tidak terlalu berat.

4. Mengisi Ulang Tinta

Pastikan tinta yang dimiliki mesin print cukup dan tidak habis. Karena apabila tinta sudah habis, tentu saja mesin print tidak dapat digunakan atau statusnya offline. Segera isi tinta jika dirasa tinta sudah habis.

Akhir Kata

Sekian informasi mengenai cara memperbaiki mesin print yang offline dengan mudah. Semoga artikel ini bermanfaat bagi anda. Thank u and see u next time . . .

Naufal Taufiq Ridwan
Naufal Taufiq Ridwan Menuju tak terbatas dan melampauinya. Ikuti saya di instagram @yaelahfal_

Posting Komentar untuk "Cara Memperbaiki Mesin Print Offline"