Cara Mengatasi Aplikasi Not Responding dengan Mudah

Cara Mengatasi Aplikasi Not Responding dengan Mudah - Aplikasi sering menjadi tidak responsif menjadikan Android melambat. Ini sebenarnya salah satu masalah yang sering kita hadapi. Bukan tanpa alasan, tetapi hal ini terjadi karena adanya aplikasi yang tidak benar-benar terbuka. Jadi, anda perlu tahu cara mudah menangani aplikasi yang tidak merespon di hp Android anda sebelum atau setelah masalah ini terjadi.

Cara Mengatasi Aplikasi Not Responding dengan Mudah

Tetapi sebelum melakukannya, Anda harus terlebih dahulu menentukan apa penyebabnya, untuk mengetahui cara memecahkan masalah dengan benar langsung dari akar masalahnya. Jika Anda mengenali masalahnya, Anda dapat mengambil langkah pencegahan dan perbaikan tambahan untuk membuka aplikasi dan menjalankannya secara normal.

Pada kesempatan kali ini IT Smurf akan memberitahu cara mengatasi aplikasi not responding pada hp android dengan mudah. Beberapa penyebab yang paling sering mengakibatkan aplikasi not responding ialah kapasitas ram yang tidak memadai. Jadi terdapat beberapa masalah yaitu spesifikasi hardware yang tidak kompatibel atau masalah lainnya. Jika anda penasaran, yuk simak artikel ini hingga akhir.

Cara Mengatasi Aplikasi Not Responding di HP Android dengan Mudah

Bagi anda yang sudah mengalami hal ini, pasti anda merasa kesal. Tentu saja dengan permasalahan ini akan sangat mengganggu kita dalam menggunakan smartphone. Apalagi aplikasi yang anda butuhkanlah yang mengalami not responding. Nah, anda tidak perlu khawatir berikut ini beberapa cara mengatasi mengatasi aplikasi not responding di HP Android dengan mudah.

1. Spesifikasi HP Android

Sebelum anda menginstall suatu aplikasi, pastikan spesifikasi hp android yang anda miliki memadai dan mampu menjalankan aplikasi tersebut dengan baik. Karena tips-tips berikutnya tidak akan berpengaruh jika memang pada dasarnya spesifikasi hp android anda yang tidak mencukupi.

2. Menghapus Cache dan Data Aplikasi

Jangan lupa untuk bersihkan cache aplikasi jika dirasa sudah terlalu sering dipakai. Karena pada dasarnya cache merupakan data sampah yang disimpan dan akan diakses lagi apabila dibutuhkan. Namun apabila cache yang disimpan terlalu banyak, smartphone anda akan menjadi lemot.

3. Update Aplikasi

Melakukan pembaruan aplikasi mungkin diperlukan. Karena tidak semua aplikasi yang sudah diperbarui oleh developernya masih bisa dijalankan. Tidak sedikit aplikasi yang apabila sudah diupdate oleh developernya, menjadikan aplikasi versi lama menjadi tidak bisa dijalankan.

4. Hapus dan Install Ulang Aplikasi

Aplikasi not responding bisa saja terjadi karena adanya file asset yang terhapus. Maka dari itu anda bisa mencoba menghapus dan melakukan install ulang aplikasi tersebut.

5. Restart HP Android

Apabila aplikasi masih mengalami not responding, coba mulai ulang hp android milik anda. Biasanya aplikasi yang not responding bisa terjadi karena adanya beberapa aplikasi yang terus berjalan di latar belakang. Sehingga resource sistem digunakan oleh aplikasi tersebut yang menjadikan tidak ada lagi proses yang dapat dijalankan. Cara untuk menghapus proses-proses yang terjadi di latar belakang ialah dengan memulai ulang hp.

Akhir Kata

Sekian informasi mengenai cara mengatasi aplikasi not responding pada hp android. Semoga artikel ini bermanfaat bagi anda. Bagikan artikel ini kepada teman anda agar teman anda juga mengetahui cara mengatasi aplikasi yang tidak merespon. Thank u and see u next time. . .
Naufal Taufiq Ridwan
Naufal Taufiq Ridwan Menuju tak terbatas dan melampauinya. Ikuti saya di instagram @yaelahfal_

Posting Komentar untuk "Cara Mengatasi Aplikasi Not Responding dengan Mudah"