Cara Merawat Baterai HP dengan Mudah

Cara Merawat Baterai HP dengan Mudah - Sebagai pengguna smartphone, ada baiknya kita merawat dan menjaga kualitas baterai hp. Karena baterai merupakan salah satu komponen penting dalam smartphone. Jika baterai hp rusak, tentu saja akan sangat merepotkan dan mengganggu aktivitas sehari-hari kita yang membutuhkan smartphone. 

Cara Merawat Baterai HP dengan Mudah


Banyak sekali cara merawat dan menjaga kualitas baterai hp. Dan tentu saja sangat mudah untuk dilakukan oleh siapapun termasuk anda salah satunya. 

Pada kesempatan kali ini IT Smurf akan memberitahu beberapa tips untuk menjaga baterai supaya awet dan terhindar dari kerusakan. Mungkin anda akan menyukai beberapa tips yang kami berikan pada artikel ini. Jadi, simak artikel ini hingga akhir yaaa.

Cara Merawat Baterai HP dengan Mudah

Apabila baterai hp anda tidak ingin mengalami kerusakan dan kebocoran, sebaiknya anda menjaga dan merawatnya dengan beberapa tips berikut ini.

1. Pakai HP Seperlunya

Pakai hp jika perlu saja, sehingga baterai hp anda akan awet dan terjaga. Hal tersebut bisa terjadi karena semakin sering anda melakukan pengisian daya, maka kualitas baterai anda semakin berkurang. Dengan menggunakan hp seperlunya saja, maka anda tidak akan melakukan pengisian daya berkali-kali dalam sehari.

2. Tunggu Pengisian Daya Selesai

Jangan gunakan hp ketika sedang di charger. Karena kebanyakan hp yang digunakan saat pengisian daya akan membuat baterai cepat rusak dan bocor. Jika anda sering melakukan hal ini, mungkin anda bisa untuk tidak melakukannya lagi.

3. Jaga Suhu HP

Jika dirasa suhu hp sudah terlalu panas, ada baiknya  untuk diistirahatkan terlebih dahulu. Suhu smartphone yang panas, lama kelamaan akan membuat baterai menjadi rusak. Karena arus kelistrikan yang terganggu. Untuk menjaga kondisi suhu hp, mungkin anda bisa mengurangi aktivitas yang terlalu berat secara terus-menerus. Seperti bermain game, anda bisa istirahatkan smartphone anda beberapa saat agar kondisi suhu kembali normal.

4. Jangan Sampai Baterai Habis

Jangan menunggu baterai hingga benar-benar habis 0% untuk melakukan pengisian daya. Lakukanlah pengisian daya apabila baterai sisa 20%-35%. Apalagi jika anda menggunakan produk dari apple seperti iPhone. Jika anda tidak menggunakan siklus pengisian baterai yang benar, maka battery health iPhone anda akan cepat berkurang.

5. Kurangi Pemakaian Powerbank

Powerbank mungkin sangat membantu ketika kita sedang berpergian. Namun ada baiknya untuk mengurangi penggunaan powerbank jika masih bisa melakukan pengisian daya menggunakan adaptor charger. Karena arus atau output dari powerbank terbilang kecil dan bisa membuat baterai menjadi rusak dan bocor.

6. Kondisi Baterai Bagus

Apabila anda baru membeli hp bekas ataupun baru saja mengganti baterai hp. Pastikan terlebih dahulu bahwa kondisi baterai dalam keadaan baik agar tidak menyesal dikemudian hari. Biasanya ada saja oknum nakal yang memberikan barang cacat. Maka dari itu anda harus lebih cerdas dalam memilih barang.

Akhir Kata

Sekian informasi mengenai beberapa tips menjaga baterai hp agar tidak cepat rusak dan bocor. Semoga artikel ini bermanfaat bagi anda. Apabila anda menyukai artikel ini, anda bisa membagikannya kepada teman-teman anda. Agar teman-teman anda juga mengetahui cara menjaga dan merawat kualitas baterai agar tidak cepat bocor. Thank u and see u next time . . . 
Naufal Taufiq Ridwan
Naufal Taufiq Ridwan Menuju tak terbatas dan melampauinya. Ikuti saya di instagram @yaelahfal_

Posting Komentar untuk "Cara Merawat Baterai HP dengan Mudah"