Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Menggunakan Fitur Mail Merge di Microsoft Word

Cara Menggunakan Fitur Mail Merge di Microsoft Word - Jika membahas mengenai software pengolah kata tentunya sudah banyak perusahaan yang merilis software tersebut tentunya juga berfungsi mengolah kata kata namun dengan beberapa perbedaan di fitur-fiturnya sudah sangat banyak perusahaan saling berlomba-lomba untuk mengembangkan software pengolah kata paling sempurna karena melihat permintaan pasar yang besar di salah satu produk digital ini software sangat diperlukan untuk sektor perusahaan dan tepatnya untuk para content writer, script writer, jurnalis dan masih banyak lagi intinya pekerjaan yang sehari-hari akrab dengan ketik mengetik untuk mengolah kata, WPS office,Google Docs,Zoho,focus writer, dan Microsoft Word menjadi beberapa software pengolah kata yang dapat dikategorikan sebagai software cukup populer namun Microsoft Word lah yang sangat populer di dunia dan masih menjadi primadona untuk software pengolah kata.

Cara Menggunakan Fitur Mail Merge di Microsoft Word

Microsoft Word merupakan produk software besutan Perusahaan raksasa' teknologi dunia yaitu Microsoft yang lebih dikenal dengan pengembang sistem operasi windows Microsoft telah banyak melahirkan software software yang berguna untuk memudahkan pekerjaan setiap harinya seperti Microsoft Word, Microsoft Excel, dan Microsoft powerpoint software-software tersebut kini lebih mudah diakses dijadikannya bundle oleh pihak Microsoft dengan nama Microsoft office. Membahas mengenai Microsoft Word Software ini pertama kali diluncurkan diawal tahun 80an tepatnya di tanggal 25 oktober tahun 1983 diawal perilisan software ini bisa dibilang gagal karena tidak dilirik oleh pasar namun seiring berjalannya waktu microsoft makin membenahi apa yang salah di dalam softwarenya ini hingga bisa dilihat sekarangg Microsoft word menjadi software pengolah kata utama diseluruh dunia, software ini memiliki segudang fitur yang sangat lengkap dan tentunya berguna dan selalu berinovasi setiap harinya untuk mengembangkan fitur baru sesuai keinginan pasar.

Mail Merge menjadi salah satu fitur cukup berguna di Microsoft word tapi sebelumnya mungkin bagi sebagian pengguna fitur ini cukup asing tak heran karena fitur ini hanya digunakan oleh sebagian orang saja mail merge berfungsi untuk membuat surat ataupun dokumen tertentu yang memiliki format sama dalam jumlah banyak. Jika pengguna menggunakan fitur mail merge, maka pengguna hanya perlu membuat satu jenis surat. Hasil surat tersebut juga dapat dikirim ke beberapa penerima yang berbeda. singkatnya fitur ini dapat mempermudah ketika kita ingin mengirim dokumen hasil kerja kita di Microsoft word ke banyak alamat email karena tidak menggunakan cara manual melainkan otomatis dengan satu fitur, bagi kalian yang tengah mencari tutorial Cara Menggunakan Fitur Mail Merge di Microsoft Word IT smurf telah merangkum langkah-langkah cara menggunakan fitur ini dan berikut adalah penjelasannya.

Cara Menggunakan Fitur Mail Merge di Microsoft Word

  • Langkah pertama adalah buka software Microsoft Word di komputer atau laptop masing masing
  • Setelah itu buka menu Mailings
  • Pilih opsi "start mail merge" 
  • Lalu tinggal memilih format dokumen yang akan dibuat
  • Dilanjutkan dengan membuat dokumen utama sesuai dengan format yang dipilih
  • Setelah selesai dibuat klik lagi menu Mailings lalu pilih opsi select recepients untuk memilih penerima
  • Klik opsi Use an existing lalu pilih file sumber data
  • Klik open nantinya akan muncul dialog box open workbook
  • Pilih kembali file sumber data yg tadi disiapkan lalu klik OK
  • Setelah saling terhubung antara dokumen dan sumber data tinggal mengatur tata letak
  • Setelah ini klik opsi Insert merge field lalu pilih opsi yang sesuai dengan file sumber data
  • Setelah semua dilakukan tinggal mengklik opsi Finish & Merge 
  • Selesai
Nantinya setelah semua langkah-langkah dilakukan akan ada 3 opsi terakhir yaitu
  • Edit individual document
  • Print Document
  • Send e-mail Message
Pilih sesuai kebutuhan.

Akhir kata

Terimakasih telah membaca Cara Menggunakan Fitur Mail Merge di Microsoft Word. semoga tutorial ini dapat menambah wawasan Anda Bagikan tutorial ini kepada teman anda di sosial media agar tidak ketinggalan tutorial Cara Menggunakan Fitur Mail Merge di Microsoft Word. Terimakasih dan Adios amigos. Veni vidi Vici Amavi


Haerul Wadowlsky
Haerul Wadowlsky Seorang content writer pemula yang sangat menyukai segala tentang dunia teknologi.

Posting Komentar untuk "Cara Menggunakan Fitur Mail Merge di Microsoft Word"