Cara Memperbaiki Baterai Hp Android Boros Atau Rusak Tanpa Servis

Cara Memperbaiki Baterai Hp Android Boros Atau Rusak Tanpa Servis - Baterai menjadi komponen yang sangat amat penting bagi perangkat android atau Smartphone bagaimana tidak pasalnya komponen ini memiliki fungsi yang sangat vital yaitu mensuplai daya listrik pada seluruh perangkat lain di sebuah smartphone Android agar smartphone tersebut nyala dan bisa digunakan. baterai pada smartphone android biasanya memiliki bentuk kotak atau persegi panjang dengan ketebalan sangat tipis tidak seperti baterai-baterai lainnya yang ada di perangkat elektronik seperti pada remote tv, ac, Radio, walky talky, dan masih banyak lagi perangkat elektronik yang menggunakan baterai biasanya baterai pada perangkat tersebut berbentuk tabung panjang dan memiliki kapasitas kecil serta tidak bisa dilakukan pengisian ulang seperti pada baterai di smartphone android.

Cara Memperbaiki Baterai Hp Android Boros Atau Rusak Tanpa Servis

Baterai di smartphone android umumnya berjenis lithium-ion atau Li-ion baterai jenis ini memang lebih aman untuk digunakan pada perangkat komunikasi pintar serta dapat dilakukan pengisian ulang berkali-kali, kapasitas baterai di smartphone android biasanya bervariasi tergantung dari kelas serta spesifikasi smartphone tersebut. Tentunya pengisian baterai berulang dalam jangka waktu yang panjang pasti memiliki efek samping yaitu mengurangi umur baterai atau bahkan jika pengisian tersebut tidak menggunakan konektor atau adapter charger yang sesuai dengan spesifikasi yang diberikan pabrikan pada saat pembelian smartphone akan lebih cepat mengurangi usia penggunaan baterai bahkan bisa membuat baterai tiba tiba rusak seperti mengembung dan masih banyak lagi. 

Biasanya tanda tanda atau gejala awal baterai smartphone akan rusak adalah ditandai dengan borosnya konsumsi baterai namun pengisian sangat lama jika terus dibiarkan baterai akan mengalami kerusakan yang parah dan tentunya harus dilakukan servis mengganti baterai lama dengan yang baru agar smartphone dapat digunakan lagi namun sebenarnya ada acara untuk memperbaikinya tanpa perlu melakukan servis pergantian komponen baru, perlu digaris bawahi cara ini hanya berlaku ketika smartphone  memiliki gejala seperti yang dijelaskan diatas dan kerusakan pada baterai belum terlalu parah cara memperbaikinya adalah dengan Mengkalibrasi ulang baterai.

Bagi kalian yang awam mungkin mengkalibrasi masih terdengar sangat asing jadi teknik ini secara umum merupakan proses untuk mengkondisikan ulang baterai seperti saat masih baru dan membuat sistem operasi bisa membaca kapasitas baterai seperti seharusnya. Secara sederhana ini adalah seperti halnya pada saat kuta mereset ke setelan pabrik smartphone kita namun ini untuk versi baterainya saja, dan tenang saja IT smurf telah merangkum tutorial bagaimana Cara Memperbaiki Baterai Hp Android Boros Atau Rusak Tanpa Servis dan berikut adalah langkah-langkahnya.

Cara Memperbaiki Baterai Hp Android Boros Atau Rusak Tanpa Servis

  • Pertama biarkan perangkat atau Hp yang akan dikalibrasi kehabisan daya baterai hingga mati dengan sendirinya.
  • Lalu lakukan pengisian baterai tanpa menghidupkan hp dan biarkan terisi sampai full hingga pada indikator layar menunjukkan angka 100%.
  • Kemudian cabut hp dari chargeran atau casan lalu hidupkan perangkat. 
  • Jika ternyata indikator baterai di layar tidak menunjukkan angka 100%, isi kembali baterai sampai indikator menunjukkan angka 100%. lakukan pengisian dengan perangkat atau hp yang hidup.
  • Cabut hp atau perangkat dari chargeran ketika penuh lalu restart.  Jika indikator baterai tetap tidak menunjukkan angka 100%, kembali isi ulang baterai hingga 100%.
  • Kalian dapat mengulangi hal ini sampai indikator baterai menunjukkan angka 100% setelah itu perangkat di-restart tanpa tersambung ke pengisi daya atau chargeran.
  • Kemudian biarkan perangkat atau hp kehabisan daya hingga 0% dan mati.
  • Selanjutnya yaitu isi baterai hingga penuh sekali lagi dan setelah penuh nyalakan kembali hp atau perangkat.
  • Selesai

Akhir kata

Terimakasih telah membaca Cara Memperbaiki Baterai Hp Android Boros Atau Rusak Tanpa Servis. semoga tutorial ini dapat menambah wawasan Anda Bagikan tutorial ini kepada teman anda di sosial media agar tidak ketinggalan tutorial  Cara Memperbaiki Baterai Hp Android Boros Atau Rusak Tanpa Servis. Terimakasih dan Adios  amigos.  Veni vidi Vici Ama
Haerul Wadowlsky
Haerul Wadowlsky Saya sangat menyukai segala tentang dunia teknologi.

Posting Komentar untuk "Cara Memperbaiki Baterai Hp Android Boros Atau Rusak Tanpa Servis"