Cara mengatur tingkat kecerahan layar laptop


Cara meningkatkan kecerahan layar laptop - Jika anda menggunakan computer atau pun laptop, pasti anda memiliki kebiasaan yang berbeda dalam tingkat kecerahan layar. Mungkin ada yang menyukai layar yang sangat terang, sedang bahkan redup. Atau anda menggunakan kecerahan layar sesuai dengan kondisi dimana anda menggunakannya. Di system operasi windows anda bisa mengatur tingkat kecerahan layar sesuai dengan yang anda inginkan.

Cara mengatur tingkat kecerahan layar laptop

Jika anda menggunakan tingkat kecerahan layar yang sangat tinggi di ruangan yang gelap, niscaya mata anda kan cepat lelah karena menerima cahaya yang berlebihan. Jadi, tingkat kecerahan layar juga mempengaruhi anda ketika sedang menggunakan laptop atau computer. Nah agar anda tidak mengalami hal tersebut, anda perlu mengetahui cara mengatur kecerahan layar di laptop atau computer anda.

Pada kesempatan kali ini, IT Smurf akan memberitahu cara mengatur tingkat kecerahan layar pada laptop atau computer yang menggunakan system operasi windows. Dengan begitu anda dapat mengatur tingkat kecerahan layar laptop yang anda gunakan sesuai dengan yang anda butuhkan. Mata anda tidak akan lagi merasa lelah, apabila kecerahan layar yang sesuai.

Windows merupakan system operasi yang sudah banyak digunakan oleh banyak orang. Tentunya system operasi ini memiliki fitur yang banyak dan keren salah satu fiturnya yaitu mengatur tingkat kecerahan layar. Di windows 7,8 dan juga 10 anda akan menemukan fitur ini, yang bisa anda gunakan untuk mengatur kecerahan layar.

Cara Mengatur Tingkat Kecerahan Layar dengan mudah

Terdapat beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk mengatur tingkat kecerahan layar computer anda. Berikut ini beberapa cara serta langkah-langkah untuk melakukannya.

1. Mengatur brightness melalui Control Panel

Nah, cara pertama ini anda bisa mengatur kecerahan layar melalui control panel. Bis adibilang bahwa control panel ini memiliki fungsi untuk mengatur semua system yang ada di windows tersebut. Berikut ini cara mengatur tingkat kecerahan melalui control panel :
  1. Pertama, tekan ikon windows + R yang ada di keyboard, lalu ketikkan control panel kemudian Enter.
  2. Setelah control panel berhasil dibuka, selnajutnyapilih menu dengan tulisan Appearance and Personalization.
  3. Setalah mengklik menu Appearance and Personalization, selanjutnya pilih display.
  4. Setelah masuk ke display, selanjutnya klik Adjust Brightness.
  5. Setelah itu anda akan melihat ada pengaturan screen brightness yang bisa anda atur dengan cara menggeser ke kanan untuk meningkatkannya, sedangkan kekiri untuk menguranginya. Anda bisa mengaturnya sesuai dengan keinginan anda. IT Smurf menyarankan untuk emngurangi brightness ketika anda berda di tempat yang gelap, dan menggunakan brightness yang tinggi ketika anda berada di luar ruangan.


2. Mengatur tingkat kecerah laptop dengan mudah

Cara kedua ini hamper sama dengan cara sebelumnya, namun cara ini bisa dibilang lebih mudah karena langsung mengarah ke fiturnya langsung tanpa perlu ke control panel terlebih dahulu. Berikut ini langkah-langkahnya :
  1. Pertama klik ikon windows yang ada dipojok kiri bawah.
  2. Lalu klik ikon pencarian dan ketikkan Adjust screen Brightness, lalu pilih aplikasi yang bergambar baterai dan charger.
  3. Setalah terbuka, lalu anda akan melihat pengaturan b=screen brightness yang bisa anda geser ke kanan atau pun ke kiri untuk mengatur tingkat kecerahan layar. 

Akhir Kata

Anda bebas memilih untuk memilih cara yang mana yang akan anda terapkan. Kedua cara diatas sangatlah mudah untuk diikuti. Sekian informasi mengenai cara mengatur tingkat kecerahan layar laptop atau computerdengan mudah. Thank you and see u nexttime!

Naufal Taufiq Ridwan
Naufal Taufiq Ridwan Menuju tak terbatas dan melampauinya. Ikuti saya di instagram @yaelahfal_

Posting Komentar untuk "Cara mengatur tingkat kecerahan layar laptop"