Cara Mengecek RAM laptop atau pc


Cara Mengecek RAM laptop atau pc - Ram merupakan salah satu komponen yang digunakan sebuah laptop, computer dan perangkat lainnya. RAM adalah kependekkan dari Random Access Memory. Komponen ini berfungsi untuk menjalankan dan memproses suatu pekerjaan yang dilakukan di computer atau laptop tersebut.

Cara Mengecek RAM laptop atau pc

Semakin besar kapasitas RAM maka lebih baik. Namun masih banyak factor lain yang mempengaruhi kinerja RAM dan bukan hanya masalah kapasitas saja. Hal – hal yang mempengaruhi kinerja RAM seperti tiep RAM yang digunakan menggunakan DDR berapa, Ram tersebut memiliki kecepatan berapa, dan masih banyak hal lainnya.

RAM yang digunakan suatu computer tergantung dengan hal-hal yang akan dilakukan oleh pengguna computer tersebut. Misalnya seorang Gamer, maka komputernya harus memiliki kapasitas RAM yang besar dan memiliki tipe DDR yang tinggi agar menghasilkan pengalaman bermain yang baik. Berbeda halnya dengan seseorang yang menggunakan computer tersebut untuk office biasa. Jadi dapat disimpulkan, penggunaan RAM pada suatu computer atau laptop sesuai dengan kebutuhan si pengguna.

Nah untuk itulah anda perlu mengecek RAM agar anda tahu seberapa kuat RAM yang anda gunakan untuk menjalankan pekerjaan yang anda inginkan. Pada kesempatan kali ini IT Smurf akan memberitahu cara mengecek RAM. Namun sebelumnya anda perlu mengetahui tujuan dari pengecekkan RAM.

Tujuan Mengecek RAM

Berikut ini beberapa tujuan dari mengecek ram yang digunakan oleh sebuah laptop atau pc.

1. Untuk melakukan Upgrade RAM

Jika anda ingin menambahkan kapasitas RAM laptop atau PC, anda perlu mengecek jenis yang sudah digunakan di perangkat tersebut. And aperlu mengupgrade dengan RAM yang memiliki kecocokan dengan RAM sebelumnya.
Jika anda seorang gamer, maka anda sangat perlu melakukan pengecekkan RAM sebelum anda menambah kapasitas RAM perangkat anda. Sehingga tidak ada kesalahan ketika anda melakukan upgrade.

2. Menyesuaikan dengan aplikasi yang akan digunakan

Sebelum anda melakukan penginstallah aplikasi di laptop atau computer anda, biasanya akan ada sebuah informasi yang berisikan spesifikasi minimal laptop agar bisa menjalankan aplikasi tersebut dengan baik. Salah satu informasi tersebut ialah RAM yang direkomendasikan untuk menggunakan aplikasi tersebut.

Contohnya aplikasi Adobe premiere yang memrlukan paling sedikit 4GB Ram dan mereka merekomendasikan untuk menggunakan 8GB RAM.
Setelah anda mengetahui tujuan mengecek Ram, berikut ini cara mengecek RAM.

Cara Mengecek RAM

Terdapata beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk mengecek RAM yang digunakan di laptop atau pc anda. Namun disini IT Smurf hanya akan membahas satu cara yang menurut kami mudha untuk dilakukan.

Anda bisa mengecek RAM melalui Pengaturan. Cara ini bisa dilakukan di OS Windows 8 dan juga windows 10 Cara ini snagat mudah untuk diikuti, berikut ini langkah-langkah untuck mengecek RAM melalui pengaturan :
  1. Pertama, Membuka start dengan cara mengklik ikon windows yang ada dibagian taskbar atau anda juga bisa membukanya dengan menekan tombol ikon windows di keyboard.
  2. Lalu ketikkan Settings di kolom pencarian, kemudian enter.
  3. Jika sudah, pilih dan klik menu system.
  4. Setelah itu klik About yang berada dibagian bawah.
  5. Maka akan muncul beberapa informasi mengenai spesifikasi laptop atau pc yang anda gunakan. Salah satunya RAM yang digunakan di laptop atau pc tersebut.


Akhir Kata

Sekian informasi mengenai cara mengecek RAM pada laptop ataupc dengan mudah. Semoga cara diatas bermanfaat dan berfungsi sesuai dengan yang anda harapkan. Thank you and see u next time !

Naufal Taufiq Ridwan
Naufal Taufiq Ridwan Menuju tak terbatas dan melampauinya. Ikuti saya di instagram @yaelahfal_

Posting Komentar untuk "Cara Mengecek RAM laptop atau pc"