Pengertian phising serta cara kerja dan menghindarinya


Pengertian phising serta cara kerja dan menghindarinya - Jika kita membicarakan tentang hacking di zaman digital ini maka tidak akan ada habisnya. Berbagai serangan dengan berbagai macam teknok hacking dilakukan oleh hacker. Para hacker bisa menyerang kita secara langsung, ataupun mereka menunggu kita berbuat kesahalahan.

Pengertian phising serta cara kerja dan menghindarinya

Mereka melakukan jenis teknik hacking yang disebut phising atau pancingan untuk mendapatkan data-data seseorang tanpa harus menyerang secara langsung. Teknik ini memanfaatkan kelalaian seseorang dalam berselancar di internet.

Pada kesempatan kali ini, IT Smurf akan memberitahu apaitu phising serta mengatasi serangan jenis ini. Di zaman digital ini, bukan hanya orang IT saja yang harus mengetahui akan hal ini. Walaupun anda bukan orang IT, anda juga sangat perlu mengetahui pengertian phising beserta cara kerja dan cara menghindari phising.

Pengertian Phising

Phising merupakan teknik hacking yang dilakukan dengan tujuan mendapatkan data seseorang tanpa harus menyerang serangan langsung. Data yang dimaksud disini seperti username, password, pin dan informasi lain untuk tujuan tertentu.

Istilah phising ini berasal dari bahasa inggris yaitu fhising yang berarti memancing. Bisa dibilang teknik phising ini dilakukan dengan cara memancing calon korban untuk mengisikan informasi-informasi yang mereka inginkan. Setelah anda mengetahui pengertian phising, selanjutnya anda juga harus mengetahui cara kerja phising.

Cara Kerja Phising

And ajuga perlu mengetahui bagaimana cara kerja phising. Sehingga dapat memperkecil kemungkinan anda untuk terkena serangan phising. Berikut ini adalah cara kerja phising secara umum :
  1. Dengan Menggunakan teknik dan strategi yang sudah disiapkan, hacker tersebut akan memancing target korban untuk mengklik situs palsu yang sudah disiapkan.
  2. Jika target melakukan klik pada url situs yang tadi, maka target akan dialihkan ke suatu website yang terdapat form. Seperti form untuk login yang dimana target atau korban harus mengisi form tersebut. Contohnya sang hacker membuat website dengan tampilan yang sangat mirip dengan halaman login facebook, mungkin orang awam akan menyangka bahwa halaman tersebut memanglah halaman login facebook.
  3. Setelah target korban mengisikan informasi data-data yang mereka inginkan, maka data tersebut akan disimpan di database website tersebut atau bahkan akan dikirim ke alamat email sang hacker. Dengan begitu, mereka akan mengetahui beberapa informasi penting dari sang target.
  4. Kemudian sang hacker akan menggunakan data-data tersebut untuk kepentingan mereka. Jika data yang diberikan adalah data suatu akun, biasanya mereka akan mengambil alih akuntersbut terlebih dahulu.


Setelah mengetahui cara kerja phising, selanjutnya anda juga harus mengetahui cara menghindari serangan jenis phising ini.

 Cara Menghindari Phising dengan Mudah

Phising merupakan teknik serangan yang berupa pancingan agar target korban memberikan informasi yang dibutuhkan. Berikut ini cara menghindari phising :

1. Tidak Panik

Jika anda mendapatkan email atau pesan dari sebuah organisasi, perusahaan, dan lainnya usahakan anda tidak merasa panic. Anda harus benar memastikan pengirim tersebut memang benar-benar dikirim dari pihak official.

2. Jangan Klik Url Apapun

Jika anda merasa tidak yakin dengan pengirim, jangan pernah mengklik link yang ada didalam email atau pesan tersebut. Karena bisa saja link tersebut adalah link yang akan mengarahkan anda ke website yang sudah disiapkan oleh hacker. Anda juga harus memastikan link tersebut link official.

Akhir Kata

Sekian informasi mengenai pengertian, cara kerja serta caramenghindari phising dengan mudah. Semoga informasi diatas bermanfaat bagi anda. Thankyou and See U Nextime !

Naufal Taufiq Ridwan
Naufal Taufiq Ridwan Menuju tak terbatas dan melampauinya. Ikuti saya di instagram @yaelahfal_

Posting Komentar untuk "Pengertian phising serta cara kerja dan menghindarinya"