IT smurf adalah sebuah penyedia informasi terlengkap dalam hal IT,E-business, dan Game.


Pengertian serta fungsi dan cara kerja bandwith -  Di zaman digital ini kita sudah tidak asing lagi dengan yang namanya jaringan internet. Banyak orang yang bingung mengapa koneksi internet mereka lambat. Hal tersebut ternyata dipengaruhi oleh bandwidth. Bandwidth menjadi salah satu faktor lambat atau cepatnya koneksi internet.

Pengertian serta fungsi dan cara kerja bandwith

Bandwidht merupakan perhitungan kosumsi data atau kuota yang dihitung dalam byte per second (Bps) yang terjadi anatara jaringan satu dengan jaringan lainnya. Apabila jumlah bandwidth besar maka memungkinkan koneksi internet anda akan menjadi lebih cepat.

Pada kesempatan kali ini IT Smurf akan membahas mengenai fungsi dan cara kerja bandwith. Di zaman digital ini, anda juga harus mengetahui hal ini, sehingga anda paham dan tidak menjadi penikmat saja.

Fungsi Bandwith Dalam Jaringan Internet

Jika anda orang IT, pasti anda sudah tahu bahwa bandwidth memiliki banyak fungsi. Tidak hanya sebagai penghitung konsumsi paket data yang digunakan saja. Berikut ini fungsi-fungsi dari Bandwidth dalam jaringan :

1. Pembatas Kecepatan Transfer

Bandwith berfungsi sebagai pembatas kecepatan transfer. Dengan begitu administrator jaringan dapat membatasi kecepatan transfer data sehingga tidak terjadi penyalah gunaan jaringan seperti pencuria data dari server dan lainnya.

2. Pembatas Kecepatan Pengiriman Data

Bandwidth juga berfungsi untuk membatasi pengiriman data. Jika anda hanya dibatasi 2GB maka anda hanya bisa mengirimkandata sebanyak 2 GB saja. Jika melebihi batasan tersebut, maka akan terjadi kegagalan pengiriman paket dan tidak bisa dilanjutkan.

3. Media Pengirim Data

Jika anda menggunakan kabel LAN atau jaringan nirkabel, Bandwidth akan bekerja sebagai jalur penghubung antara jaringan satu dengan yang lainnya dalam proses transfer data.

Setelah anda mengetahui fungsi bandwidth, selanjutnya anda juga perlu mengetahui cara kerja bandwidth dalam jaringan.

Cara Kerja Bandwidth Dalam Jaringan

Bisa dibilang bahwa bandwidth merupakan salah satu komponen penting dalam pengiriman paket data di suatu jaringan. Seperti yang sudah dijelaskan bahwa bandwidth memiliki fungsi sebagai media pengiriman data, pembatas pengiriman data, pembatas transfer data dan fungsi lainnya.

Cara kerja bandwith tergantung masing-masing fungsinya. Jika bandwidth berfungsi sebagai pembatas pengiriman data, maka bandwidth akan bekerja untuk membatasi pengiriman data sebanyak yang sudah ditentukan oleh administrator dalam jaringan tersebut. Nah begitu juga dengan fungsi bandwidth yang lain.

Banyaknya bandwidth akan mempengaruhi kinerja jaringan tersebut. Jika bandwidth memiliki kapasitas besar, maka memungkinkan anda untuk mengirimkan paket data dengan cepat dan mengirim paket data dengan jumlah yang banyak juga. Namun kinerja dalam suatu jaringan tidak hanya dipengaruhi oleh bandwidth saja, masih banyak faktor lain yang memperngaruhi kinerja jaringan.

Bukan hanya bandwidth saja yang mempengaruhi kinerja dalam suatu jaringan, seperti latency, packet loss dan masih banyak faktor lain yang mempengaruhi kinerja dalam suatu jaringan. Jika anda terhubung dalam suatu jaringan. Semakin besar bandwidth yang diberikan maka memungkinkan anda untuk mengirim paket data dengan jumlah kapasitas yang sudah ditetapkan tadi.

Akhir Kata

Sebagai orang yang hidup di era milenial ini, walaupun anda bukan dibidang IT tidak ada salahnya untuk anda bisa mengetahui tentang IT. Mari belajar dan terus membaca, semakin banyak anda membaca suatu artikel, maka semakin banyak pula ilmu yang bisa anda dapat.

Sekian informasi mengenai fungsi-fungsi dan cara kerjabandwidth dalam suatu jaringan. Semoga informasi diatas bermanfaat dan bisa menambah wawasan anda. Thank You and see u next time !

Related Posts

IT smurf adalah sebuah penyedia informasi terlengkap dalam hal IT,E-business, dan Game.
  • Facebook
  • WhatsApp
  • Instagram
  • Subscribe Our Newsletter

    0 Response to "Pengertian serta fungsi dan cara kerja bandwidth dalam suatu jaringan"

    Post a Comment

    Iklan Atas Artikel

    Iklan Tengah Artikel 1

    Iklan Tengah Artikel 2

    Iklan Bawah Artikel