Cara Mengganti MAC Address komputer dan laptop


Cara Mengganti MAC Address komputer dan laptop - MAC Address yaitu Media Access Control Addres yang merupakan alamat jaringan yang posisinya berada di lapisan link pada layer osi. MAC Address tersusun atas kode unik yang nantinya akan dibagikan kepada setiap bagian yang ada di jaringan computer yang terkoneksi ke internet.

Cara Mengganti MAC Address komputer dan laptop

Biasanya MAC Address ini bisa anda temukan di LAN Card, Router, Wireless Card dan beberapa perangkat jaringan yang terkoneksi ke internet dan  berada di computer. MAC Address memiliki panjang 48 Bit yang diberikan secara acak dan unik di setiap perangkat.

Setiap perangkat yang terkoneksi ke jaringan internet kemungkinan tidak akan memiliki kode unik MAC address yang sama. Karena alamat MAC tersebut diberikan secara acak dan unik di setiap perangkat. Jika ada kesamaan dalam MAC Address maka akan menimbulkan crash data. MAC address terdiri dari 12 digit heksadesimal yaitu 0 (nol) sampai dengan F dan 6 digit pertama akan mewakili vendor pembuat kartu jaringan.

Pada kesempatan kali ini IT Smurf akan memberitahu cara mengganti mac address computer atau laptop. Cara ini bisa anda terapkan sesuai dengan kebutuhan anda.

Cara Mengganti MAC Address computer atau Laptop

MAC address juga sering disebut dengan sebutan Ethernet Address, Hardware Address ataupun Physical Address. Vendor atau pembuat perangkat keras jaringan biasanya akan menanamkan kode yang akan terhubung ke vendor tersebut.

Perlu diketahui, untuk mengganti alamat MAC anda memerlukan software tambahan. Pastikan computer anda masih memiliki sisa disk yang cukup untuk menginstall software ini. Berikut ini langkah-langkah mengganti MAC Address computer ataupun laptop :
  1. Pertama, download dan install terlebih dahulu software yang bernama Technitium MAC Address Changer.
  2.  Setelah anda berhasil menginstall buka software tersebut, kemudian pilih perangkat yang ingin anda ganti MAC Addressnya. IT Smurf sangat menyarankan agar anda memilih dan melakukan penggantian mac address secara satu per satu.
  3. Jika anda sudah menentukan perangkat yang akan diganti MAC Addressnya, lalu klik tombol Random MAC Address.
  4. Kemudian klik tombol Change Now yang berada dibagian pojok kiri bawah aplikasi.
  5. Tunggu hingga proses mengganti MAC address selesai, jika proses sudah selesai anda akan melihat pop up notifikasi yang muncul yang menandakan proses penggantian mac address sudah selesai.
  6. Jika anda ingin mengembalikan MAC Address seperti semula lagi, anda hanya perlu memilih perangkat yang akan diubah mac addres seperti awal, lalu klik tombol restore original. Dengan begitu MAC Address perangkat tersebut akan berubah menjadi seperti awal lagi.

Cara Mengetahui MAC Address

Setelah anda melakukan penggantian MAC Address anda bisa melakukan pengecekkan MAC Address melalui CMD. Dengan begitu anda akan melihat MAC Address. Berikut ini cara melihat MAC Address menggunakan CMD dengan mudah :
  1. Pertama, tekan tombol ikon windows + R, lalu ketikkan cmd kemudian Enter.
  2. Setelah CMD berhasil dibuka, kemudian masukkan perintah ipconfig/all.
  3. Tunggu hingga proses selesai, maka akan muncul beberapa informasi salah satunya informasi mengenai MAC Address.

Perlu anda ketahui, jumlah mac address yang ada di computer anda dipengaruhi oleh banyaknya jalur akses jaringan. Misalkan computer anda memiliki dua jalur akses jaringan, dengan begitu computer anda memiliki dua MAC Address.

Akhir Kata

Sekian informasi cara mengganti MAC Address di computer atau laptop dengan mudah. Semoga cara diatas bermanfaat dan sesuai dengan keinginan anda. Thank you and see u nextime !

Naufal Taufiq Ridwan
Naufal Taufiq Ridwan Menuju tak terbatas dan melampauinya. Ikuti saya di instagram @yaelahfal_

Posting Komentar untuk "Cara Mengganti MAC Address komputer dan laptop"