Cara mengetahui keaslian windows 10


Cara mengetahui keaslian windows 10 - Pengguna system operasi windows semakin hari semakin banyak. Windows terus mengupdate system operasi mereka hingga sekarang yang paling baru ialah windows 10. Namun banyak orang yang tidak sadar bahwa mereka menggunakan system operasi windows 10 bajakan.

Cara mengetahui keaslian windows 10

Windows memanglah sebuah system operasi yang memiliki user interface yang bagus, sehingga disukai banyak orang. Fitur-fitur yang ada didalam system operasi windows juga sangat menarik. Nah, banyak pihak yang tidak bertanggung jawab yang memanfaatkan hal tersebut.

Windows seringkali dibajak oleh mereka si pembajak software. Mereka ingin menggunakan system operasi windows selamanya tanpa harus mengeluarkan uang sedikit pun. Mereka melakukan segala cara untuk bisa mendapatkan hal tersebut, yaitu dengan membobol system windows agar bisa digunakan tanpa licensi.

Pada kesempatan kali ini, IT Smurf akan memberitahu cara mengetahui windows asli atau windows bajakan. Namun, sebelumnya anda harus mengenal system windows 10 yang asli terlebih dahulu. Berikut ini penjelasan mengenai sistem operasi windows 10  yang asli.

Windows 10 Asli

Windows 10 asli akan tetap mendapatkan dukungan dari Microsoft selama licensi berbayar masih aktif. Misalnya jika terdapat bug, maka system operasi windows 10 anda akan mendapatkan update, sehingga bug tersebut terselesaikan.

Untuk membedakan windows 10 asli dengan windows 10 bajakan memang tidak mudah. Karena mereka memiliki ciri-ciri yang sama. Bisa dibilang mereka hamper tidak memiliki perbedaan. BErikut ini beberapa cara mengetahui windows 10 asli atau bajakan

Cara mengetahui Windows 10 asli atau bajakan

Anda bisa menerapkan beberapa cara dibawah untuk mengetahui windows asli atau bajakan. Cara ini sangat mudah untuk dilakukan, asalkan anda mau membaca artikel ini dengan benar. Pada kesempatan kali IT Surf akan memberitahu cara mengetahui windows asli atau bajakan tanpa menggunakan software tambahan.

Anda bisa melakukan beberapa cara dibawah tanpa harus menginstall software tambahan terlebih dahulu. Berikut ini beberapa cara untuk mengetahui windows asli atau bajakan.

Menggunakan Command Prompt (CMD)

Anda bisa memanfaatkan terminal windows ini untuk mengetahui windows yang anda gunakan asli atau tidak. Berikut ini langkah-langkah untuk mengecek keaslian windows :
  1. Pertama, buka software cmd dengan cara menekan ikon windows + R pada keyboard.
  2. Lalu ketikkan cmd, kemudian enter.
  3. Setelah Command Prompt terbuka, lalu masukkan perintah slmgr /xpr kemudian enter.
  4. Jika anda menggunakan windows asli, maka akan muncul pop up yang berisi The Machine is Permanently Actived.


Selain perintah diatas, masih ada perintah lain yang bisa anda gunakan yaitu sebagai berikut :
  • slmgr /ato berfungsi untuk mengetahui key aktivasi beserta product key windows yang anda gunakan.
  • Slmgr /dli berfungsi untukl mengetahui aktivasi windows beserta partial product key windows tersebut.
  • Slmgr / dlv berfungsi untuk mengetahui secara lengkap mengenai aktivasi windows yang anda gunakan.


Anda bisa memilih salah satu atau bahkan mencoba semua perintah diatas jika anda benar-benar penasaran dan ingin mengetahui keaslian windows 10 yang anda gunakan.
Ada satu perintah lagi yang bisa anda gunakan untuk mengetahui product key windows yaitu wmic path softwarelicensingservice get OA3xOriginalProductKey . Cara menggunakan perintah tersebut sama seperti diatas.

Akhir Kata

Sekian informasi mengenai cara mengecek keaslian windows 10dengan mudah. Semoga cara diatas bisa berfungsi sebagai mana yang anda harapkan. Semoga artikel ini bermafaat, thank you and see u next time

Naufal Taufiq Ridwan
Naufal Taufiq Ridwan Menuju tak terbatas dan melampauinya. Ikuti saya di instagram @yaelahfal_

Posting Komentar untuk "Cara mengetahui keaslian windows 10"