Cara mengembalikan file yang terhapus di laptop

Cara mengembalikan file yang terhapus di laptop - Komputer dan laptop ini sudah menjadi perangkat yang paling sering digunakan untuk mengerjakan sesuatu hal. Di zaman digital kita bisa menggunakan computer atau laptop untuk mengerjakan tugas sekolah, pekerjaan, mengedit video, mengedit foto dan lain sebagainya. Tentu hal tersebut sangat membantu kita dalam menyelesaikan pekerjaan kita.
Cara mengembalikan file yang terhapus di laptop - IT smurf - Penyedia Informasi Terlengkap

Selain bisa digunakan untuk mengerjakan pekerjaan, anda juga bisa menggunakan computer atau laptop sebagai media untuk menyimpan berbagai data penting. Karena dua perangkat ini biasanya memakai hard disk dengan ukuran penyimpanan yang besar hingga 1000 GigaByte.

Namun terkadang computer juga pasti mengalami error dalam sistemnya. Sehingga bisa membuat data atau file yang ada di dalamnya terhapus massal. Atau bisa saja anda melakukan kesalahan sehingga menyebabkan data-data dan file yang ada di perangkat tersebut terhapus.

Nah, pada kesempatan kali ini IT Smurf akan memberi tahu cara mengembalikan file yang terhapus di laptop atau computer. Jika data-data atau file milik anda terhapus, anda masih memiliki kesempatan untuk mengembalikan file yang terhapus.

Sistem operasi windows dikenal dengan fitur-fiturnya yang menarik. Ternyata windows juga sudah menyediakan tools untuk mengembalikan file yang terhapus. Jadi kita tidak perlu mendownload dan menginstall software tambahan lagi.

Cara Mengembalikan File yang Terhapus di Windows

Terdapat banyak cara yang tersedia untuk mengembalikan file yang terhapus. BErikut ini beberapa cara yang bisa anda gunakan untuk mengembalikan file yang terhapus.

1. Recycle Bin

Recycle Bin merupakan salah satu software bawaan windows. Jika anda menghapus suatu file, sebenarnya file tersebut belum benar-benar dihapus. Ia hanya akan dipindahkan ke recycle bin ini.

Bisa dibilang recycle bin ini salah satu tools pengembali file yang sudah terhapus di windows. Nah dengan tools ini anda bisa menyelamtkan dan mengembalikan file-file miliki anda yang tidak sengaja terhapus.

2. Recuva

Jika cara diatas masih belum memecahkan masalah anda, sekarang mari coba menggunakan aplikasi tambahan yaitu Recuva.  Anda bisa mendapatkannya dengan cara mencarinya di google. Cara menggunakan Tools ini juga sangatlah mudah.
Bukan hanya recuva saja yang bisa anda gunakan, masih banyak tools lain yang fungsinya mirip seperti recuva. Anda bisa menggunakan Mini Tools partition recovery, Undelete 360, atau wise data recovery. Anda bisa mencoba semua aplikasi tools pengembali file yang sudah terhapus. Cara menggunakan tools-tools tersebut juga sangat mudah dan hamper sama dengan Recuva.

3. Menggunakan Fitur Windows

Jika anda sudah mencoba melihat recycle bin namun hasilnya nihil, anda bisa menggunakan fitur windows yang satu ini. Windows masih memiliki fitur yang bernama Windws Restore Previous Version. Fitur ini berfungsi untuk mengembalikan kondisi folder seperti sebelumnya.

Jadi sama seperti mengembalikan folder ke masa lalu. Dengan begitu, folder tersebut akan kembali ke masa lalu sehingga semua file yang terhapus juga akan kembali.

4. BackUp

Pastikan anda sudah membackup file-file tersebut sebelumnya. Jadi ketika anda kehilangan file tersebut di penyimpanan pertama, anda masih bisa menemukan file-file tersebut di penyimpanan kedua yaitu tempat anda membackup file tersebut.

Jika anda belum melakukan backup sebelumnya, jadikanlah hal tersebut sebagai pelajaran untuk kedepannya. Sehingga anda sadar betapa pentingnya melakukan backup.

Akhir Kata

Sekian informasi mengenai cara mengembalikan file yang terhapus di windows. Semoga cara diatas bermanfaaat dan berfungsi sesuai dengan yang anda harapkan. Thank You and see u next time !

Naufal Taufiq Ridwan
Naufal Taufiq Ridwan Menuju tak terbatas dan melampauinya. Ikuti saya di instagram @yaelahfal_

Posting Komentar untuk "Cara mengembalikan file yang terhapus di laptop "