Jenis keyboard serta fungsi tombol di keyboard


Jenis keyboard serta fungsi tombol di keyboard - Keyboard merupakan papan ketik yang berisikan tombol-tombol alphabet serta tombol function seperti shift, enter, capslock dan tombol function lainnya. Walaupun keyboard merupakan bagian yang paling sering digunakan ketika kita menggunakan laptop atau pc, tetapi masih banyak orang yang belum mengetahui function dari beberapa tombol.

Jenis keyboard serta fungsi tombol di keyboard - IT smurf - Penyedia Informasi Terlengkap

Pada artikel ini IT Smurf akan memberitahu beberapa fungsi tombol yang ada di keyboard. Namun sebelumnya mari kita bahas lebih dalam mengenai keyboard. Kebanyakan keyboard yang dipake di zaman ini ialah jenis QWERTY. Namun sebenarnya, masih banyak jenis keyboard lain.

Jenis keyboard yang lain diciptakan karena banyak orang yang menilai bahwa keyboard qwerty memiliki kelemahanan yaitu di huruf A. Huruf A merupakan huruf yang sering digunakan, namun posisinya sangatlah merugikan. Karena jika kita mengetik menggunakan 10 jari, maka huruf A akan ditekan menggunakan jari kelingking, dan seperti yang kita ketahui jari kelingking merupakan jari yang kurang kuat dan jarang digunakan.

Jenis – Jenis Keyboard

Disini IT Smurf akan menjelaskan beberapa jenis keyboard yang ada di dunia selain QWERTY. BErikut ini penjelasannya.

1. Keyboard DVORAK

Tata letak jenis keyboard ini sudah ada sejak tahun 1932an.  Keyboard ini disusun agar tangan kanan lebih aktif mengetik, maka dari itu didalam keyboard ini huruf-huruf yang sering digunakan ada dibagian sebelah kanan. Menurut uji coba, keyboard jenis ini lebih efisien 10 sampai 15 persen dibandingkan keyboard QWERTY.

2. Keyboard KLOCKENBERG

Keyboard ini muncul setelah keyboard QWERT dan DVORAK. Keyboard ini memiliki bentuk yang unik, karena keyboard ini terpisah menjadi 2 bagian. Tombol-tombol di keyboard ini memiliki jarak yang dekat. Dengan tata letak tersebut, dianggap bahwa bisa meringankan beban otot pada jari dan pergelangan tangan.

3. Keyboard Alphabetik

Keyboard jenis alphabetic sudah ada sebelum terciptanya keyboard qwerty dan dvorak diciptakan. Seperti namanya, keyboard ini memiliki susunan tombol dengan huruf sesuai dengan huruf alphabet.

Setelah anda mengetahui beberapa jenis keyboard selain qwerty, selanjutnya anda perlu mengetahui fungsi-fungsi tombol yang ada di keyboard.

Fungsi Tombol Keyboard Laptop atau PC

Sebuah keyboard memiliki berbagai tombol seperti nomor, symbol, huruf alphabet dan tombol function lainnya. Berikut ini beberapa penjelasa mengenai tombol-tombol function yang ada di keyboard.

1. Fungsi Tombol Escape

Tombol escape atau tombol Esc ini memiliki fungsi untuk membatalkan sebuah perintah yang sudah kita berikan. Dengan menekan tombol esc, maka perintah akan dibatalkan.

2. Fungsi Tombol Tab

Tombol tab memiliki fungsi untuk memindahkan kursor ke sebelah kanan dengan satu tabulasi.

3. Fungsi Tombol Shift

Tombol Shift ini berfungsi untuk membuat huruf kapital. Dengan melakukan kombinasi Shift + huruf yang akan dijadikan capital. Contohnya Shift + q, maka huruf q tersebut akan menjadi huruf capital Q. Shift juga bisa memasukkan symbol yang terdapat pada keyboard yang memiliki fungsi double.

4. Fungsi Tombol capslock

Tombol ini memiliki fungsi untuk membuat huruf capital. Setelah anda mengaktifkan Capslock, maka huruf yang dihasilkan akan menjadi capital selama anda belum menekan tombol capslock lagi.

5. Fungsi tombol Alt

Tombol Alt ini memiliki fungsi untuk membuat shortkey. Biasanya dilakukan dengan melakukan kombinasi Alt dengan tombol lain.

Akhir Kata

Sekian informasi mengenai beberapa jenis keyboard danfungsi-fungsi tombol di keyboard. Semoga artikel ini bermanfaat bagi anda. Thank You and see u next time !

Naufal Taufiq Ridwan
Naufal Taufiq Ridwan Menuju tak terbatas dan melampauinya. Ikuti saya di instagram @yaelahfal_

Posting Komentar untuk "Jenis keyboard serta fungsi tombol di keyboard"